Pengertian Radio, Sejarah, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya
Radio merupakan alat untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan memanfaatkan gelombang radio sebagai media. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian radio berikut ini.

Hampir semua orang pasti pernah mendengar radio. Pasalnya, radio termasuk salah satu media massa yang digunakan masyarakat untuk memperoleh informasi. Saat ini, penggunaan radio sudah mulai berkurang akibat kehadiran teknologi lain yang lebih canggih, seperti televisi, smartphone, dan lain sebagainya. Kendati demikian, masih ada sebagian orang yang gemar mendengarkan radio karena alat yang satu ini dianggap memiliki sejumlah kelebihan tersendiri. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian radio, sejarah radio, cara kerja radio, kelebihan radio, dan kekurangan radio berikut ini.

Pengertian Radio

Pengertian Radio, Sejarah, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya
Pengertian Radio

Radio sebenarnya berasal dari kata radio broadcast yang artinya berupa penyampaian informasi kepada masyarakat dengan memanfaatkan gelombang radio sebagai media. Radio merupakan alat untuk mengubah gelombang radio menjadi gelombang bunyi atau suara. Radio juga bisa diartikan sebagai gelombang suara yang dipancarkan dari sebuah stasiun dan bisa diterima oleh pesawat-pesawat penerima yang ada di rumah, di mobil, di kapal, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah pengertian radio menurut para ahli:

1. Menurut Ensiklopedia Indonesia

Pengertian radio menurut Ensiklopedia Indonesia adalah penyampaian informasi dengan menggunakan gelombong elektromagnetik bebas yang mempunyai frekuensi kurang dari 300 GHz.

2. Menurut Wikipedia

Pengertian radio menurut Wikipedia adalah teknologi yang digunakan untuk mengirim sinyal dengan cara modulasi dan radiasi gelombang elektromagnetik.

3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian radio menurut KBBI adalah siaran suara atau bunyi yang dilakukan melalui udara.

4. Menurut Anwar Arifin

Sedangkan pengertian radio menurut Anwar Arifin adalah alat komunikasi massa, di mana alat ini menyiarkan informasi yang faktual yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat.

Sejarah Radio

Pengertian Radio, Sejarah, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya
Sejarah Radio

Perkembangan penyiaran radio di Indonesia diawali pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Pada tahun 1925, Prof. Komans dan Dr. De Groot berhasil melakukan komunikasi radio dengan memanfaatkan stasiun relai di Malabar, Jawa Barat. Tak lama kemudian, berdiri Batavia Radio Vereniging dan NIROM. Penyiaran radio di Indonesia dimulai dengan berkembangnya radio amatir. Radio ini menggunakan perangkat pemancar radio sederhana yang mudah dirakit.

Pada Agustus 1945, Gunawan berhasil membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan perangkat pemancar radio sederhana buatan sendiri. Satu bulan berikutnya, para tokoh penting di Indonesia sepakat untuk mendirikan Radio Republik Indonesia (RRI). Mereka juga memilih Dokter Abdulrahman Saleh sebagai pemimpin pertama RRI. Kemudian pada tahun 1966, muncul radio Ampera yang menjadi sarana perjuangan kesatuan aksi dalam era Orde Baru.

Sampai tahun 1998, di Indonesia tercatat ada sekitar 878 radio siaran swasta yang komersial, dengan rincial 511 radio berfrekuensi AM dan 367 berfrekuensi FM. Semakin lama, jumlah stasiun radio di Indonesia semakin banyak, apalagi di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Bandung.

Cara Kerja Radio

Pengertian Radio, Sejarah, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya
Cara Kerja Radio

Cara kerja radio sebenarnya cukup sederhana. Gelombang radio yang dipancarkan akan dipantulkan oleh lapisan udara di bagian atmosfer bumi, tepatnya pada lapisan ionosfer. Pada lapisan inilah, gelombang radio dipantulkan kembali ke bumi dan ditangkap oleh menara penerima sinyal. Tak heran bila jarak jangkauan gelombang radio sangat jauh sekali, bahkan bisa sampai ke luar angkasa.

Kelebihan Radio

Pengertian Radio, Sejarah, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya
Kelebihan Radio

Radio memiliki sejumlah kelebihan daripada media massa lainnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki radio:

1. Sifatnya santai. Kamu bisa menikmati siaran radio sambil makan, sambil tidur, sambil bekerja, ataupun sambil mengemudikan mobil. Hal ini tidak bisa kamu lakukan jika kamu sedang membaca atau menonton media massa lainnya.

2. Lebih cepat dalam menyiarkan berita sebab informasi yang akan disajikan tak memerlukan proses rumit dan waktu lama seperti yang disajikan dalam tv atau media cetak. Para reporter radio bisa menyampaikan informasinya secara cepat dan mudah melalui siaran radio.

3. Kata-kata yang disampaikan bersifat sederhana dan mudah dimengerti oleh para pendengar.

4. Tanpa batas, artinya siaran radio menembus batas geografis, batas demografis, dan kelas sosial. Hanya kaum tunarungu saja yang tak bisa mendengarkan siaran radio.

5. Murah. Jika dibandingkan dengan harga berlangganan media cetak atau harga pesawat televisi, tentu saja harga pesawat radio relatif lebih murah. Kamu juga tidak dipungut biaya sepeserpun saat mendengarkan siaran radio.

6. Terasa lebih dekat dengan para pendengar. Hal ini terjadi karena terkadang pembicaraan reporter radio menyentuh aspek pribadi.

Baca Juga: Pengertian Imunisasi, Tujuan, Manfaat, Jenis, dan Cara Pemberiannya.

Kekurangan Radio

Pengertian Radio, Sejarah, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya
Kekurangan Radio

Selain kelebihan, radio tentu saja juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki radio:

1. Hanya sepintas. Siaran radio biasanya hanya sepintas saja, cepat hilang dan mudah dilupakan oleh para pendengar. Hal ini terjadi karena para pendengar tidak bisa mengulang apa yang ia dengar. Berbeda dengan pembaca koran yang bisa mengulang bacaannya dari awal.

2. Sifatnya global tapi tidak detail. Sebagai contoh, penyiar radio akan menyebutkan data angka dalam bentuk bulat, seperti “seribu orang lebih” untuk angka 1054 orang.

3. Batasan waktu. Siaran radio memiliki waktu terbatas, hanya 24 jam sehari, dan tidak bisa ditambah.

4. Beralur linier. Program disajikan ke para pendengar berdasarkan urutan yang telah ada, tidak bisa meloncat-loncat dari satu bagian ke bagian lain seperti halnya surat kabar. Kalau surat kabar, pembaca bisa langsung membaca halaman tengah, halaman akhir, ataupun bagian yang ia sukai.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian radio, sejarah radio, cara kerja radio, kelebihan radio, dan kekurangan radio yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai radio.

Baca Juga