Pengertian Proposal - Jenis, Unsur, dan Tujuan Proposal
Pembuatan proposal harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai dari proposal. Setiap proposal memiliki perbedaan masing-masing dalam penulisannya. Silahkan simak pembahasan pengertian proposal - Jenis, Unsur, dan tujuan proposal berikut ini!

Proposal merupakan bagian dari karya ilmiah, biasanya sebuah penelitian dimulai dengan pembuatan proposal penelitian. Namun pada pembahasan kali tidak hanya membahas tentang proposal penelitian tetapi proposal secara umum.

Untuk memahami apa itu proposal dan berapa jenisya. Silahkan simak pembahasan tentang pengertian proposal, jenis, tujuan, dan unsur-unsur proposal berikut ini.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal - Jenis, Unsur, dan Tujuan Proposal
Pengertian Proposal

Proposal berasal dari bahasa inggris 'to purpose' yang artinya mengajukan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) proposal memiliki arti rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan. Sementara menurut Hasnun Anwar proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.

Dari pengertian di atas maka dapat disimpulkan pengertian proposal adalah sebuah rencana yang dibuat dalam bentuk rancangan yang disusun sedemikian rupa dan diajukan kepada pihak tertentu untuk mendapatkan tanggapan balik berupa kerjasama, dukungan atau bantuan kegiatan.

Baca Juga: Pengertian Karya Ilmiah, Ciri-ciri, Sistematika Penulisan dan Manfaat.

Syarat Pembuatan Proposal

Pengertian Proposal - Jenis, Unsur, dan Tujuan Proposal
Syarat Proposal

Penulisan atau pembuatan proposal memiliki persyaratan tertentu sebagai syarat agar proposal tersebut memenuhi kaidah ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan. 

1. Memiliki latar belakang yang jelas

Syarat pertama sebuah proposal adalah latar belakang yang jelas. Dalam sebuah proposal harus dijelaskan secara detail hal-hal yang melatarbelakangi pembuatan proposal. Latarbelakang memuat data fakta yang terjadi di lapangan sehingga bisa menjadi pertimbangan proposal tersebut dapat diterima atau tidak.

2. Mempunyai tujuan yang jelas

Selanjutnya adalah perumusan tentang tujuan yang akan dicapai. Dalam proposal harus dijelaskan tentang tujuan yang ingin dicapai dari sebuah penelitian, kegiatan ataupun kerjsama. Dengan gambaran tujuan yang jelas maka proposal akan lebih mudah diterima oleh pihak terkait.

3. Memiliki Gambaran Kegiatan Yang jelas

Untuk melengkapi dari tujuan yang dijabarkan sebelumnya. Isi proposal harus memuat tentang detail kegiatan secara lengkap. Gambaran keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan kerjasama berdasarkan proposal yang dibuat. Secara singkat gambaran kegiatan yang harus ada adalah sebagai berikut:

  • Waktu pelaksanaan
  • Penanggung jawab
  • Tempat
  • Biaya yang dibutuhkan
  • Orang-orang yang dilibatkan

Jenis Proposal

Pengertian Proposal - Jenis, Unsur, dan Tujuan Proposal
Jenis Proposal

Jenis proposal pada umumnya terdiri dari empat jenis yaitu proposal bisnis, proposal kegiatan, proposal penelitian dan proposal proyek.

1. Proposal Bisnis

Proposal bisnis adalah proposal yang dibuat untuk tujuan bisnis. Biasanya dibuat oleh seseorang atau badan yang ingin membangun kerjasama bisnis dengan pihak lain. Proposal ini memuat tentang detail bentuk kerjasama yang diajukan. Jenis keuntungan yang bisa didapatkan oleh kedua belah pihak dan lamanya kerjasama berjalan.

2. Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah proposal yang dibuat untuk tujuan membuat kegiatan tertentu. Pengajuan proposal ini untuk mendapatkan bantuan dana kegiatan dari pihak-pihak tertentu. Proposal kegiatan memuat tentang detail kegiatan. Untuk proposal kegiatan harus memuat tema kegiatan, panitia yang melaksanakan kegiatan, waktu dan tempat pelaksanaan, sasaran kegiatan, dan juga tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut.

3. Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah proposal yang dibuat untuk tujuan melakukan penelitian. Pengajuan proposal penelitian diajukan dengan tujuan agar judul penelitian bisa diterima dan dilanjutkan. Isi proposal penelitian berupa detail rancangan penelitian dan juga biaya penelitian yang dibutuhkan untuk penelitian tertentu.

4. Proposal Proyek

Proposal proyek adalah proposal yang diajukan untuk mendapatkan proyek tertentu. Biasanya diajukan dalam pelelangan tender. Proposal proyek dibuat dengan menjelaskan gambaran detail biaya yang yang dibutuhkan untuk pengerjaan sebuah proyek.

Tujuan Proposal

Pengertian Proposal - Jenis, Unsur, dan Tujuan Proposal
Tujuan Proposal

Tujuan proposal tergantung dari jenis proposal yang dibuat. Jadi pada dasarya setiap proposal memiliki tujuan masing-masing. Berikut ini beberapa tujuan proposal berdasarkan dari jenis proposal di atas.

1. Bantuan Dana

Proposal bantuan dana dibuat untuk mendapatkan dana dari sebuah kegiatan. Baik itu untuk kegiatan sosial atau kegiatan penelitian. Bantuan dana biasanya ditujukan kepada instansi perusahaan, perusahaan atau perorangan. Proposal bantuan dana biasanya dibuat organisasi nirlaba yang melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu.

2. Dukungan Kegiatan

Proposal dukungan kegiatan dibuat untuk mendapatkan dukungan kegiatan dari pihak-pihak tertentu. Dukungan dalam bentuk sponsor dari perusahaan-perusahaan tertentu ataupun bentuk dukungan dari pemerintah untuk kegiatan-kegiatan sosial.

3. Perizinan

Tujuan perizinan biasanya dibuat untuk proposal penelitian yang membutuhkan izin dari instansi atau pemerintah tertentu. Izin penelitian dibutuhkan untuk melakukan penelitian di daerah yang menjadi tempat penelitian. Tujuan perizinan dan dukungan kegiatan juga biasanya satu paket ditujukan kepada pemerintah apabila proposal yang dibuat adalah proposal kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat.

4. Kerjasama

Tujuan kerjasama termuat dalam proposal bisnis yang mengharapkan kerjasama dengan perusahaan tertentu. Tujuan kerjasama ini bisa dibuat dalam bentuk perorangan yang menginginkan kerjasama dengan perorangan atau perusahaan tertentu.

Unsur-unsur Proposal

Pengertian Proposal - Jenis, Unsur, dan Tujuan Proposal
Unsur Proposal

Secara umum unsur proposal terdiri dari tiga bagian yaitu pendahuluan, isi dan penutup. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan dijelaskan secara lengkap tentang hal-hal yang melatarbelakangi pembuatan proposal. Isi dari pendahuluan secara umum adalah latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat.

2. Isi

Bagian isi proposal menjelaskan tentang teori atau fakta yang berhubungan atau memperkuat tujuan dari proposal tersebut. Isi menjelaskan secara detail tetang apa yang ingin dicapai dari pembuatan proposal. Untuk proposal penelitian akan menjelaskan tentang metode penelitian yang digunakan, untuk proposal permohonan dana akan berisi tentang estimasi dan yang dibutuhkan berikut detail kegiatannya, untuk proposal kerjasama akan berisi tentang bentuk kerjasama dan juga keuntungan yang bisa didapatkan.

3. Penutup

Bagian penutup proposal berisi saran dan kesimpulan dari proposal. Pada proposal tertentu penutup proposal bisa berisi kesimpulan dan harapan kerjasama.

Demikian Pembahasan tentang pengertian proposal, jenis, tujuan dan strukturnya. Semoga bisa menambah pengetahuan dan menjadi referensi dalam pembuatan proposal.

Baca Juga