Pengertian Promosi - Fungsi, Tujuan dan Jenisnya
Kita sering melihat suatu perusahaan melakukan promosi agar barang yang mereka jual bisa dikenal dan laku di kalangan masyarakat. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan promosi? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian promosi, fungsi promosi, tujuan dan jenis-jenis promosi berikut ini.

Banyak orang yang mengira kalau promosi itu sama dengan pemasaran. Padahal promosi sebenarnya adalah salah satu bagian dari pemasaran. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian promosi, fungsi promosi, tujuan dan jenis-jenis promosi berikut ini.

Pengertian Promosi

Pengertian Promosi - Fungsi, Tujuan dan Jenisnya
Pengertian Promosi

Adapun pengertian promosi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Pengertian promosi menurut Tjiptono

Promosi merupakan salah satu bentuk dari pemasaran. Melakukan promosi artinya melakukan sejumlah kegiatan untuk menyebarkan informasi serta membujuk masyarakat agar mau membeli dan menggunakan produk yang dijual oleh suatu perusahaan.

2. Pengertian promosi menurut Swastha dan Irawan

Promosi merupakan arus informasi yang dilakukan satu arah. Biasanya promosi akan berusaha mengarahkan seseorang atau suatu organisasi untuk melakukan tindakan yang menyebabkan pertukaran dalam pemasaran.

3. Pengertian promosi menurut Sistaningrum

Promosi merupakan suatu upaya yang dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi konsumen atau calon konsumen sehingga mereka mau membeli produk yang mereka tawarkan saat ini ataupun di masa mendatang.

3. Pengertian promosi menurut Gitosudarmo

Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi pihak pembeli, sehingga mereka mengenal produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan, merasa senang dan mau membeli produk tersebut.

4. Pengertian promosi menurut Kotler

Promosi merupakan bagian dari strategi pemasaran. Promosi dilakukan sebagai salah satu cara untuk melakukan komunikasi dengan masyarakat.

Fungsi Promosi

Pengertian Promosi - Fungsi, Tujuan dan Jenisnya
Fungsi Promosi

Menurut Terence A. Shimp, promosi memiliki beberapa fungsi antara lain:

1. Informing (Memberikan Informasi)

Promosi adalah cara perusahaan untuk memperkenalkan produk pada para konsumen. Dengan adanya promosi, konsumen akan mengenal berbagai jenis fitur dan manfaat yang terdapat dalam produk tersebut.

2. Persuading (Membujuk)

Sebuah promosi biasanya akan membujuk calon konsumen agar mau mencoba produk barang atau jasa yang ditawarkan.

3. Reminding (Mengingatkan)

Dengan adanya promosi, konsumen akan tetap ingat dengan merek suatu perusahaan. Ketika mereka membutuhkan suatu barang, tanpa sadar mereka akan mengingat merek barang yang diiklankan sebelumnya. Pada akhirnya promosi akan sangat menguntungkan perusahaan.

4. Adding Value (Menambah Nilai)

Perusahaan akan berusaha mempromosikan barang yang mereka jual agar terlihat lebih bagus, lebih bergengsi dan lebih unggul dari barang sejenis yang dijual perusahaan lain. Sebagai contoh, perusahaan akan berusaha menonjolkan nilai tambah yang ada pada suatu produk, melakukan inovasi, menyempurnakan kualitas ataupun mengubah pandangan jelek konsumen terhadap produk mereka.

5. Assisting (Mendampingi Upaya-Upaya Lain Dari Perusahaan)

Dengan adanya promosi, bagian penjualan tak perlu lagi bersusah payah menghabiskan banyak waktu untuk menjelaskan keunggulan dari produk yang mereka jual. Bisa dikatakan bahwa promosi telah banyak membantu bagian penjualan. Iklan juga membuat apa yang dikatakan oleh pihak penjual terdengar lebih kredibel.

Tujuan Promosi

Pengertian Promosi - Fungsi, Tujuan dan Jenisnya
Tujuan Promosi

Promosi memiliki banyak sekali tujuan, di antaranya sebagai berikut:

  • Membagikan informasi tentang barang atau jasa yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat
  • Bisa memperoleh konsumen baru, dan juga mempertahankan konsumen lama agar tetap setia dalam hal membeli produk
  • Bisa meningkatkan penjualan, sehingga pada akhirnya membuat pendapatan dalam sebuah perusahaan menjadi meningkat
  • Bisa memberi tahu masyarakat kalau produk mereka berbeda dan lebih unggul daripada produk pesaing
  • Bisa membentuk image produk dan perusahaan yang baik di mata masyarakat, khususnya para konsumen
  • Bisa mengubah pendapat dan juga tingkah laku dari para konsumen

Baca Juga: Pengertian Kredit - Prinsip, Jenis dan Jangka Waktunya

Jenis-Jenis Promosi

Pengertian Promosi - Fungsi, Tujuan dan Jenisnya
Jenis-Jenis Promosi

Ada banyak sekali jenis promosi yang bisa dilakukan suatu perusahaan. Berikut adalah jenis-jenis promosi:

1. Iklan (advertensi)

Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan dibedakan menjadi lima jenis, yaitu:

  • Advertensi cetak

Contohnya majalah, surat kabar, dan lain sebagainya.

  • Advertensi elektronika

Contohnya website, radio, tv, dan masih banyak lagi.

  • Transit advertensi

Contohnya buletin, poster, stiker dan lain-lain.

  • Kiriman langsung

Jenis iklan ini dicetak dan dikirim kepada target secara langsung melalui kiriman pos.

  • Advertensi khusus

Jenis iklan ini dilakukan dengan cara memberikan hadiah berupa barang yang diiklankan.

2. Personal Selling

Personal selling merupakan jenis promosi barang yang dilakukan secara lisan dan tatap muka dengan satu atau sejumlah pembeli. Mereka akan menawarkan barang dan membujuk pembeli untuk membeli barang tersebut. Terkadang, pihak yang melakukan promosi sampai melakukan peragaan demi meyakinkan para pembeli. Biasanya barang yang dipromosikan dengan cara personal selling adalah barang bernilai tinggi yang jarang dibeli orang.

3. Sales Promotion

Pengertian Promosi - Fungsi, Tujuan dan Jenisnya
Sales Promotion

Jenis promosi ini sengaja dilakukan untuk meningkatkan penjualan dalam suatu perusahaan. Biasanya orang yang melakukan sales promotion akan menggunakan sejumlah alat, seperti:

  • Sampel (Contoh)

Contoh produk ini sangat penting dalam promosi, karena pembeli jadi tahu seperti apa bentuk dan manfaat dari produk yang ditawarkan.

  • Kupon (Voucher)

Kupon merupakan jenis potongan atau diskon yang bisa digunakan untuk membeli produk dengan harga yang lebih murah.

  • Premi

Premi artinya suatu barang dijual dengan harga yang sangat murah.

  • Paket Harga

Paket harga merupakan sekelompok barang yang dijual dengan harga khusus (lebih murah daripada harga normalnya).

  • Tawaran Uang Kembali

Artinya jika ada produk yang telah dibeli tapi harganya tidak sesuai atau mengalami kerusakan, maka uang tersebut akan dikembalikan pada konsumen.

  • Promosi Dagang

Promosi dagang merupakan jenis penawaran berupa diskon yang berlaku hanya dalam jangka waktu tertentu.

  • Undian

Undian merupakan jenis promosi yang dilakukan dengan cara mengajak konsumen untuk mengumpulkan label produk sebanyak-banyaknya, agar kemudian bisa diundi dan memperoleh hadiah.

  • Kontes

Jenis promosi ini biasanya dilakukan dengan cara mengundang banyak konsumen untuk melakukan perlombaan.

4. Publicity

Salah satu cara perusahaan dalam melakukan pengenalan produk kepada masyarakat adalah dengan melakukan publicity. Contohnya seperti mengadakan jumpa pers, bimbingan ke masyarakat, dan lain-lain.

Baca Juga