Pengertian Prestasi, Faktor, Sikap Dalam Berprestasi, Tujuan Prestasi, Manfaat, dan Jenisnya
Secara umum, prestasi diartikan sebagai hasil atas usaha yang telah dilakukan seseorang. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian prestasi berikut ini.

Ketika belajar di sekolah, seorang siswa akan dituntut untuk menjadi siswa yang berprestasi. Begitu juga dengan dunia kerja. Seorang karyawan juga dituntut agar bisa meraih prestasi dalam dunia kerja. Lantas apa itu pengertian prestasi yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian prestasi, faktor yang mempengaruhi prestasi, sikap dalam berprestasi, tujuan prestasi, manfaat prestasi dan jenis-jenis prestasi berikut ini.

Pengertian Prestasi

Pengertian Prestasi, Faktor, Sikap Dalam Berprestasi, Tujuan Prestasi, Manfaat, dan Jenisnya
Pengertian Prestasi

Kata prestasi sebenarnya berasal dari bahasa Belanda "prestatie" yang artinya hasil usaha. Dengan demikian pengertian prestasi secara umum adalah hasil atas usaha yang telah dilakukan seseorang. Untuk bisa meraih prestasi, seseorang harus mengandalkan sejumlah kemampuan, mulai dari kemampuan intelektual, emosional, spiritual, hingga ketahanan diri dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi. Berikut ini adalah pengertian prestasi menurut para ahli:

1. Menurut Sumadi Suryabrata (2006)

Pengertian prestasi menurut Sumadi Suryabrata adalah nilai yang diberikan guru kepada siswa yang menunjukkan kemajuan atau perkembangan siswa selama kurun waktu tertentu.

2. Menurut Zaenal Arifin (2012)

Pengertian prestasi menurut Zaenal Arifin adalah hasil dari kemampuan, keterampilan, dan sikap seseorang dalam menyelesaikan permasalahan atau hal tertentu.

3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005)

Pengertian prestasi menurut KBBI adalah hasil yang dicapai setelah melakukan atau mengerjakan sesuatu.

4. Menurut Surya (2004)

Pengertian prestasi menurut Surya adalah hasil belajar atau perubahan tingkah laku yang berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap setelah mengalami proses tertentu, sebagai hasil dari interaksi individu dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.

5. Menurut Nana Sudjana (2000)

Pengertian prestasi menurut Nana Sudjana adalah keberhasilan yang diraih seseorang setelah mengikuti program pengajaran dalam periode waktu tertentu sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi

Pengertian Prestasi, Faktor, Sikap Dalam Berprestasi, Tujuan Prestasi, Manfaat, dan Jenisnya
Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi

Prestasi yang diperoleh seorang individu sebenarnya merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor ini bisa berasal dari dalam diri manusia (faktor internal) ataupun dari luar diri manusia (faktor eksternal).

1. Faktor internal

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri manusia. Faktor ini meliputi:

  • Faktor jasmani (fisiologis)

Faktor jasmani bisa berupa penglihatan, pendengaran, penciuman, struktur tubuh, dan lain sebagainya.

  • Faktor psikologis

Faktor psikologis meliputi faktor intelektual (seperti kemampuan belajar, cara belajar, tingkat intelegensi), dan faktor non-intelektual (seperti sikap, minat, perasaan, motivasi belajar, kondisi psikis, kondisi akibat keadaan sosiokultur, dan lain-lain).

  • Faktor kondisi fisik

2. Faktor eksternal

Faktor eksternal merupakan kebalikan dari faktor internal. Faktor eksternal berasal dari luar diri manusia. Faktor ini meliputi:

  • Faktor pengaturan belajar di sekolah, seperti kurikulum, guru, fasilitas belajar, aturan sekolah, pengelompokan siswa, dan lain-lain.
  • Faktor sosial di sekolah, seperti interaksi antara guru dengan siswa, sistem sosial, status sosial siswa, dan lain sebagainya.
  • Faktor situasional, seperti kondisi politik, kondisi ekonomi, keadaan waktu, keadaan tempat, dan lain-lain.

Sikap dalam Berprestasi

Pengertian Prestasi, Faktor, Sikap Dalam Berprestasi, Tujuan Prestasi, Manfaat, dan Jenisnya
Sikap Dalam Berprestasi

Ada sejumlah sikap yang mendukung seorang individu agar bisa berprestasi, di antaranya sebagai berikut:

1. Fokus pada masa depan dan cita-cita.

2. Fokus pada keberhasilan.

3. Berani dalam mengambil resiko.

4. Memiliki rasa tanggung jawab yang besar ketika melakukan tindakan tertentu.

5. Menerima dan menggunakan kritik sebagai umpan balik (feedback).

6. Memiliki sikap kreatif, inovatif, dan mampu mengatur waktu sebaik mungkin.

Baca Juga: Pengertian Harga, Fungsi, Tujuan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Jenisnya.

Tujuan Prestasi

Pengertian Prestasi, Faktor, Sikap Dalam Berprestasi, Tujuan Prestasi, Manfaat, dan Jenisnya
Tujuan Prestasi

Berikut ini adalah tujuan prestasi di dunia sekolah dan dunia kerja:

1. Bagi para siswa, prestasi bertujuan untuk mengukur kemajuan hasil belajar siswa. Biasanya hal ini dirangkum dalam bentuk rapor dan kemudian diberikan kepada para wali murid.

2. Untuk memposisikan siswa pada situasi belajar mengajar yang disesuaikan dengan kemampuan, bakat, minat, dan karakteristik yang dimiliki oleh siswa tersebut.

3. Untuk mengetahui apakah siswa mengalami kesulitan belajar atau tidak.

4. Agar karyawan mau memberikan kemampuan terbaiknya saat bekerja.

5. Agar karyawan termotivasi saat bekerja dan bisa mengembangkan skill yang ia miliki.

6. Sebagai instrumen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Manfaat Prestasi

Tahukah kamu, prestasi rupanya memberikan manfaat bagi seseorang, di antaranya sebagai berikut:

1. Membantu seseorang ketika memasuki dunia kerja.

2. Memberikan seseorang peluang untuk meraih beasiswa.

3. Membantu seseorang untuk menentukan studi lanjut yang sesuai dengan nilai prestasi tertinggi.

4. Membantu seseorang dalam menekuni suatu prestasi yang bisa dijadikan sebagai peluang untuk membuka usaha sendiri (berwirausaha).

Jenis-Jenis Prestasi

Pengertian Prestasi, Faktor, Sikap Dalam Berprestasi, Tujuan Prestasi, Manfaat, dan Jenisnya
Jenis-Jenis Prestasi

Ada berbagai jenis prestasi yang bisa diraih oleh seseorang, antara lain sebagai berikut:

1. Prestasi belajar

Sesuai dengan namanya, prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai atas usaha belajar. Adapun contoh dari prestasi belajar di sekolah antara lain menjadi juara umum, memenangkan suatu olimpiade, dan lain sebagainya.

2. Prestasi kerja

Prestasi kerja merupakan hasil yang diperoleh atas usaha kerja yang dilakukan. Contoh prestasi kerja antara lain naik jabatan setelah bekerja keras selama beberapa tahun.

3. Prestasi seni

Prestasi seni merupakan hasil yang didapatkan dari usaha seni. Contoh prestasi seni antara lain seorang penyanyi atau artis yang mendapatkan penghargaan atas hasil karyanya.

4. Prestasi olahraga

Prestasi olahraga merupakan hasil yang diperoleh seseorang setelah melakukan usaha dan kerja keras di bidang olahraga. Contoh prestasi olahraga antara lain seorang atlet yang mendapatkan juara 1 dalam perlombaan olahraga tertentu.

5. Prestasi lingkungan hidup

Prestasi ini hanya bisa diperoleh melalui usaha penyelamatan lingkungan hidup. Contohnya seperti individu atau kelompok tertentu yang memperoleh penghargaan dari pemerintah atas usahanya menyelamatkan lingkungan hidup.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian prestasi, faktor yang mempengaruhi prestasi, sikap dalam berprestasi, tujuan prestasi, manfaat prestasi, dan jenis-jenis prestasi yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai prestasi.

Loading...

Baca Juga