Pengertian Pramuka, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Prinsip Dasar, Metode, dan Keanggotaannya
Pramuka merupakan proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk watak peserta didik. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian pramuka berikut ini.

Hampir semua sekolah menengah atas memiliki kegiatan ekstrakulikuler pramuka. Kegiatan yang satu ini sangat bermanfaat bagi generasi muda, seperti anak SMA. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian pramuka, sejarah pramuka, tujuan pramuka, fungsi pramuka, prinsip dasar pramuka, metode pramuka, dan keanggotaan pramuka berikut ini.

Pengertian Pramuka

Pengertian Pramuka, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Prinsip Dasar, Metode, dan Keanggotaannya
Pengertian Pramuka

Pramuka atau singkatan dari Praja Muda Karana merupakan sebutan bagi para anggota gerakan pramuka yang terdiri dari pramuka siaga (7-10 tahun), penggalang (11-15 tahun), penegak (16-20 tahun), dan pandega (21-25 tahun). Berikut ini adalah pengertian pramuka menurut para ahli:

1. Menurut Joko Mursitho

Pengertian pramuka menurut Joko Mursitho adalah proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk watak peserta didik.

2. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014

Pengertian pramuka menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014 adalah proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak muda, di bawah tanggung jawab anggota dewasa, yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan keluarga, dengan tujuan, prinsip dasar dan metode pendidikan tertentu.

3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian pramuka menurut KBBI adalah organisasi untuk generasi muda yang mendidik para anggotanya dengan berbagai jenis keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling tolong-menolong, dan lain sebagainya.

Sejarah Pramuka

Pengertian Pramuka, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Prinsip Dasar, Metode, dan Keanggotaannya
Sejarah Pramuka

Pramuka awalnya dipelopori oleh Lord Baden Powell. Ia adalah seorang warga negara Inggris yang pernah menjadi tentara. Sejak kecil, Baden Powell dikenal sebagai anak yang menyukai kegiatan di luar ruangan (outdoor). Ia diketahui gemar bermain di hutan kecil di sebelah sekolahnya. Kemah pertama yang dipimpin Baden Powell terjadi pada tanggal 1 Agustus 1907. Kemah tersebut bertempat di Brownsea Island, Inggris. Karena hal itulah, tanggal 1 Agustus ditetapkan sebagai Hari Kepanduan Dunia.

Di Indonesia, Pramuka dianggap lahir pada tahun 1961. Hal ini merujuk pada Keppres RI No. 112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dan dipertegas lagi dengan Keppres Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961. Gerakan Pramuka diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat pada tanggal 14 Agustus 1961, setelah Presiden RI memberikan anugrah Panji Gerakan Pramuka melalui Keppres RI Nomor 448 Tahun 1961. Mulai saat itu, 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka dan diperingati setiap tahunnya hingga saat ini.

Tujuan Pramuka

Pengertian Pramuka, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Prinsip Dasar, Metode, dan Keanggotaannya
Tujuan Pramuka

Tahukah kamu, gerakan pramuka pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untuk melatih generasi muda agar mereka bisa mencapai potensi-potensi spiritual, potensi sosial, potensi intelektual dan juga potensi fisiknya. Gerakan yang satu ini terwujud dalam kegiatan sebagai berikut:
1. Membentuk kepribadian dan akhlak mulia kaum muda.
2. Menanamkan rasa kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara bagi generasi muda.
3. Meningkatkan keterampilan generasi muda sehingga nantinya mereka bisa menjadi anggota masyarakat yang berguna, patriot dan pejuang yang tangguh, serta calon pemimpin bangsa yang bisa diandalkan di masa mendatang.

Fungsi Pramuka

Pengertian Pramuka, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Prinsip Dasar, Metode, dan Keanggotaannya
Fungsi Pramuka

Berdasarkan uraian di atas, maka pramuka memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Sebagai kegiatan menarik bagi generasi muda

Kegiatan menarik merupakan jenis kegiatan yang menyenangkan dan mengandung unsur pendidikan. Agar bisa dikatakan menarik, suatu kegiatan harus memiliki tujuan dan aturan tersendiri, bukan sekedar kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja.

2. Pengabdian bagi orang dewasa

Bagi orang dewasa, pramuka bukanlah permainan, melainkan suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan dan pengabdian. Orang dewasa memiliki kewajiban untuk membaktikan dirinya secara sukarela demi pencapaian tujuan organisasi.

3. Alat bagi masyarakat dan organisasi

Selama ini, pramuka telah menjadi alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuannya. Dengan kata lain, kegiatan pramuka yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka merupakan sebuah alat untuk mencapai tujuan tertentu.

Prinsip Dasar Pramuka

Gerakan pramuka berlandaskan prinsip-prinsip dasar sebagai berikut:
1. Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Peduli terhadap bangsa dan Tanah Air, sesama manusia dan alam.
3. Peduli terhadap dirinya pribadi.
4. Taat kepada kode kehormatan pramuka.

Metode Pramuka

Metode pramuka merupakan cara belajar interaktif progresif melalui:
1. Pengalaman kode kehormatan pramuka.
2. Belajar sambil melakukan.
3. Sistem berkelompok.
4. Kegiatan yang menantang dan meningkat, serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
5. Kegiatan di alam terbuka.
6. Sistem tanda kecakapan.
7. Sistem satuan terpisah untuk putera dan puteri.
8. Kiasan dasar.

Baca Juga: Pengertian Litosfer, Fungsi, Pembagian, Komposisi, dan Macam-Macam Batuan Penyusunnya.

Keanggotaan Pramuka

Anggota Gerakan Pramuka terdiri dari Anggota Muda dan Anggota Dewasa. Anggota muda dari Mahasiswa Gerakan Pramuka dibagi menjadi beberapa kategori termasuk :
1. Siaga, merupakan anggota muda dari kelompok usia 7 sampai 10 tahun,
2. Penggalang merupakan anggota muda dari kelompok usia 11 sampai 15 tahun,
3. Penegak merupakan anggota muda dari kelompok usia 16 sampai 20 tahun,
4. Pandega merupakan anggota muda dari kelompok usia 21 sampai 25 tahun,

Sedangkan anggota yang usianya lebih dari 25 tahun merupakan anggota dewasa. Anggota dewasa Gerakan Pramuka terdiri dari :

1. Pendidik (Pemimpin regu pramuka,Pelatih Pembina,Pembantu Pembina,Pamong Saka,dan Instruktur Saka).
2. Fungsionaris (Ketua dan Andalan Kwartir, Staf Kwartir Nasional, Majelis Pembimbing, Pemimpin Saka).
3. Anggota Cluster Dharma Gerakan Pramuka.
Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian pramuka, sejarah pramuka, tujuan pramuka, fungsi pramuka, prinsip dasar pramuka, metode pramuka, dan keanggotaan pramuka yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai pramuka.

Baca Juga