Polusi - Pengertian, Ciri, Dampak, dan Cara Mengatasinya
Polusi merupakan kondisi di mana makhluk hidup, zat, atau material tertentu masuk ke dalam lingkungan, dan menyebabkan lingkungan menjadi rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, dampak, dan cara mengatasi polusi berikut ini.

Polusi merupakan masalah yang cukup serius karena mengancam keselamatan makhluk hidup yang ada di dalam bumi ini. Sayangnya, masalah ini malah dianggap sepele bagi masyarakat sekitar. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, dampak, dan cara mengatasi polusi berikut ini.

Pengertian Polusi

Polusi - Pengertian, Ciri, Dampak, dan Cara Mengatasinya
Pengertian Polusi

Polusi merupakan kondisi di mana makhluk hidup, zat, atau material tertentu masuk ke dalam lingkungan, dan menyebabkan lingkungan menjadi rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Polusi memiliki beberapa bentuk, di antaranya yang paling sering kita temukan adalah polusi udara, polusi air, dan polusi tanah.

1. Pengertian Polusi Udara

Polusi udara biasanya berupa jenis gas yang membahayakan, yang dihasilkan oleh asap kendaraan ataupun asap pembakaran dari pabrik tertentu. Jenis polusi yang satu ini bisa menimbulkan penyakit, karena di dalamnya terkandung sejumlah virus yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia. Banyak masyarakat yang mengeluh soal polusi udara ini, karena sampai sekarang belum ada solusi ampuh untuk mengatasinya. Terlebih lagi, semakin hari jumlah kendaraan bermotor semakin banyak dan mengakibatkan tingkat pencemaran udara semakin tinggi.

2. Pengertian Polusi Air

Polusi air adalah perubahan kondisi pada suatu tempat penampungan air, seperti danau, waduk, sungai, dan sejenisnya, yang terjadi akibat kegiatan yang dilakukan manusia. Sebenarnya sumber mata air seperti danau, sungai, ataupun waduk ini sangat penting dalam kehidupan manusia. Banyak yang memanfaatkannya untuk keperluan irigasi pertanian, air minum, saluran pembuangan air hujan, dan lain sebagainya. Sayangnya, saat ini sudah banyak sumber mata air yang terkena polusi akibat ulah manusia yang seenaknya sendiri.

3. Pengertian Polusi Tanah

Polusi - Pengertian, Ciri, Dampak, dan Cara Mengatasinya
Pengertian Polusi Tanah

Polusi tanah merupakan kondisi di mana bahan kimiawi masuk ke dalam tanah dan mengubah lingkungan yang ada di sekitar tanah tersebut. Biasanya hal ini terjadi karena kebocoran bahan kimiawi, penggunaan pestisida, kecelakaan kendaraan pengangkut zat kimia, ataupun limbah yang sengaja dibuang begitu saja ke tanah oleh karyawan pabrik.

Saat limbah berada di permukaan tanah, hal ini sebenarnya berbahaya karena zat kimia bisa saja menguap dan masuk ke dalam tanah. Zat tersebut kemudian mengendap sebagai zat beracun dan kemudian berpotensi mencemari air tanah dan udara yang berada di sekitarnya. Manusia juga akan terkena dampaknya jika bersentuhan dengan zat kimia beracun yang ada di dalam tanah.

Ciri-Ciri Polusi

Polusi - Pengertian, Ciri, Dampak, dan Cara Mengatasinya
Ciri-Ciri Polusi

Adapun ciri-ciri polusi adalah sebagai berikut:

1. Ciri-Ciri Polusi Udara

Berikut ini adalah beberapa ciri polusi udara yang perlu kamu ketahui:

  • Udaranya berwarna atau berbau
  • Angka yang ditunjukkan indeks standar pencemar udara (ISPU) melebihi batas normal.
  • Amati keberadaan makhluk hidup yang rentan terhadap polusi udara. Contohnya saja lumut kerak (lichenes). Beberapa jenis lumut kerak, seperti lumut kerak Usnea sp. dan Evernia sp. diketahui tidak bisa bertahan hidup jika tingkat polusi udaranya terlalu tinggi.

2. Ciri-Ciri Polusi Air

Adapun ciri-ciri polusi air adalah sebagai berikut:

Airnya berbau, tidak jernih, atau berwarna

  • Adanya perubahan suhu yang cukup ekstrim dalam air, misalnya suhunya terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  • Mengandung senyawa kimia tertentu.
  • Amati keberadaan organisme yang rentan terhadap tingkat polusi air. Jika suatu perairan memiliki fitoplankton seperti diatom, dinoflagelata, atau zooplankton, maka air tersebut bisa dikatakan cukup bersih. Namun, jika ada protozoa parasit dan bakteri koliform dalam mata air tersebut, maka itu tandanya telah terjadi pencemaran air.

3. Ciri-Ciri Polusi Tanah

Berikut ini adalah beberapa indikator yang perlu kamu perhatikan untuk mengetahui kualitas tanah, seperti warna tanah, kepadatan tanah, struktur tanah, endapan pada tanah, kedalaman lapisan atas tanah, dan lain-lain.

Kamu juga bisa mengamati keberadaan cacing tanah untuk mengukur tingkat polusi tanah. Sebab, populasinya sangat dipengaruhi oleh kondisi tanah. Selain itu, keberadaan cacing tanah diketahui akan meningkatkan kandungan nutrisi tanah (dengan kata lain menyuburkan tanah).

Dampak Polusi

Polusi - Pengertian, Ciri, Dampak, dan Cara Mengatasinya
Dampak Polusi

Berikut ini adalah dampak yang ditimbulkan polusi:

1. Dampak Polusi Udara

Polusi udara sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup, khususnya kesehatan manusia atau individu. Sebab, pencemaran udara bisa menganggu proses asimilasi pada tumbuhan dan juga mengakibatkan tanaman yang tercemar menjadi berbahaya bila dikonsumsi tubuh. Tak hanya itu saja, pencemaran udara kabarnya juga memicu terjadinya penyakit degeneratif.

2. Dampak Polusi Air

Air yang tercemar mengakibatkan sejumlah dampak, seperti keracunan, kematian, hutan rusak, ekosistem tidak seimbang, dan lain sebagainya.

3. Dampak Polusi Tanah

Selain bau, sampah atau limbah yang menimbun di tanah juga merusak dan mencemari lingkungan sekitar. Timbunan sampah biasanya juga menutupi permukaan tanah sehingga tidak bisa digunakan manusia untuk keperluan lain.

Limbah juga mengakibatkan tingkat kesuburan tanah menghilang. Pada akhirnya, mikroorganisme atau tumbuhan yang ada di sekitarnya akan sulit untuk berkembang dan bahkan mati karena adanya polusi tanah.

Baca Juga: Seni Rupa - Pengertian, Unsur, Fungsi, dan Jenisnya.

Cara Mengatasi Polusi

Polusi - Pengertian, Ciri, Dampak, dan Cara Mengatasinya
Cara Mengatasi Polusi

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi polusi:

1. Cara Mengatasi Polusi Udara

Untuk mengatasi polusi udara masuk ke dalam suatu ruangan, buatlah sistem ventilasi yang sesuai. Usahakan agar polusi yang masuk ke ruangan seminim mungkin. Kamu juga bisa memasang alat untuk membersihkan udara secara elektronik. Dengan adanya alat ini, udara yang mengandung zat polutan akan dikeluarkan dari ruangan tersebut.

2. Cara Mengatasi Polusi Air

Untuk mengatasi masalah polusi air, pemerintah telah membuat program kali bersih (prokasih). Program yang melibatkan masyarakat setempat ini dilakukan secara bertahap untuk membersihkan sungai yang tercemar akibat keberadaan limbah. Selain program tersebut, pemerintah juga telah menciptakan peraturan perundangan yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pencemaran air, seperti peraturan tentang AMDAL.

3. Cara Mengatasi Polusi Tanah

Agar tidak mencemari tanah, sampah harus ditangani secara khusus. Pisahkan sampah organik (bisa diurai) dan sampah anorganik (tak bisa diurai) dengan menempatkannya dalam dua wadah yang berbeda. Lalu cobalah untuk mengurangi penggunaan bahan anorganik, seperti plastik, dan bahan sejenisnya yang tidak bisa diurai oleh mikroorganisme. Lebih baik gunakan tas sendiri daripada kantong plastik saat berbelanja.

Baca Juga