Pengertian Perubahan Sosial Budaya, Proses Terjadinya, Faktor, Teori, dan Bentuknya
Perubahan sosial budaya merupakan perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, meliputi perubahan budaya yang di dalamnya terdapat perubahan nilai dan tata cara kehidupan dari yang sebelumnya tradisional menjadi modern. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian perubahan sosial budaya berikut ini.

Seiring dengan perkembangan zaman, semua masyarakat pasti pernah mengalami perubahan sosial budaya. Perubahan yang satu ini bisa terjadi karena sejumlah faktor pendorong, seperti adanya kontak dengan kebudayaan lain, dan lain sebagainya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian sosial budaya, proses terjadinya perubahan sosial budaya, faktor perubahan sosial budaya, teori-teori perubahan sosial budaya, dan bentuk-bentuk perubahan sosial budaya berikut ini.

Pengertian Perubahan Sosial Budaya

Pengertian Perubahan Sosial Budaya, Proses Terjadinya, Faktor, Teori, dan Bentuknya
Pengertian Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya merupakan perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, meliputi perubahan budaya yang di dalamnya terdapat perubahan nilai dan tata cara kehidupan dari yang sebelumnya tradisional menjadi modern. Sedangkan pengertian perubahan sosial budaya menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Menurut Max Weber

Pengertian perubahan sosial budaya menurut Max Weber adalah perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat adanya ketidaksesuaian di antara unsur-unsur yang ada di dalamnya.

2. Menurut Kingsley Davis

Pengertian perubahan sosial budaya menurut Kingsley Davis adalah perubahan yang mencakup seluruh cara berpikir dan cara bertingkah laku, yang terjadi karena adanya interaksi yang sifatnya komunikatif.

3. Menurut W. Kornblum

Pengertian perubahan sosial budaya menurut W. Kornblum adalah perubahan budaya masyarakat yang terjadi secara bertahap dalam jangka waktu yang cukup lama.

Proses Terjadinya Perubahan Sosial Budaya

Pengertian Perubahan Sosial Budaya, Proses Terjadinya, Faktor, Teori, dan Bentuknya
Proses Terjadinya Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya bisa terjadi karena tiga proses berikut ini:

1. Akulturasi

Akulturasi adalah proses bertemunya dua budaya atau lebih, di mana unsur-unsur kebudayaan lama masih ada atau melekat dalam kebudayaan tersebut. Contohnya seperti Sunan Kalijaga yang menggunakan wayang sebagai alat untuk mengajar ilmu agama.

2. Asimilasi

Asimilasi merupakan proses bertemunya dua kebudayaan atau lebih sehingga menghasilkan suatu kebudayaan yang benar-benar baru (tidak ada unsur kebudayaan lama). Proses yang satu ini berlangsung lama namun terus-menerus.

3. Difusi

Difusi adalah proses penyebaran unsur kebudayaan dari satu pihak ke pihak lain. Biasanya unsur-unsur kebudayaan akan diambil alih oleh masyarakat yang ada di sekitarnya. Setelah itu, kebudayaan tersebut akan diambil oleh masyarakat yang letaknya jauh dari sumber unsur budaya baru.

Faktor Perubahan Sosial Budaya

Pengertian Perubahan Sosial Budaya, Proses Terjadinya, Faktor, Teori, dan Bentuknya
Faktor Perubahan Sosial Budaya

Dalam perubahan sosial budaya, ada dua faktor yang harus kamu ketahui, yaitu faktor pendorong dan faktor penghambat. Simak pembahasannya berikut ini:

1. Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya

a. Adanya kontak dengan kebudayaan lain.

b. Sistem pendidikan yang telah maju.

c. Adanya sikap menghargai hasil karya orang lain dan adanya keinginan kuat untuk maju dan berkembang.

d. Adanya toleransi kepada perbuatan-perbuatan yang menyimpang.

e. Sistem pelapisan masyarakat bersifat terbuka.

f. Kondisi masyarakat yang majemuk.

g. Adanya kekecewaan atau ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang kehidupan tertentu.

h. Berorientasi ke masa depan.

i. Adanya keinginan untuk memperbaiki tingkat kehidupan atau sikap pantang menyerah pada keadaan.

2. Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya

a. Kurangnya hubungan atau interaksi dengan masyarakat lain.

b. Perkembangan iptek yang terhambat.

c. Sikap masyarakat yang sangat tradisional.

d. Adanya kepentingan tertentu yang telah tertanam dengan kuat di kalangan masyarakat.

e. Adanya prasangka buruk terhadap hal-hal baru.

f. Adanya rasa takut akan terjadinya keguncangan integrasi.

g. Terdapat hambatan yang sifatnya ideologis.

h. Terdapat hambatan yang sifatnya adat-istiadat dan kebiasaan.

i. Terdapat anggapan kalau hidup ini buruk dan tak bisa diperbaiki.

Teori-Teori Perubahan Sosial Budaya

Pengertian Perubahan Sosial Budaya, Proses Terjadinya, Faktor, Teori, dan Bentuknya
Teori-Teori Perubahan Sosial Budaya

Ada beberapa teori mengenai perubahan sosial budaya, antara lain sebagai berikut:

1. Teori Evolusioner

Teori Evolusioner menjelaskan kalau perubahan sosial budaya mempunyai arah tetap yang pasti dialami oleh semua masyarakat. Semua masyarakat akan mengalami tahap perubahan yang sama, mulai dari tahap awal hingga tahap perkembangan akhir. Jika tahap perkembangan akhir telah tercapai, maka perubahan evolusioner pun bakal berakhir.

2. Teori Siklus

Teori Siklus menjelaskan kalau perubahan sosial budaya juga memiliki beberapa tahapan seperti yang dijelaskan oleh teori evolusioner. Akan tetapi, semua proses itu tidak akan berakhir pada tahap akhir yang sempurna karena justru akan berputar kembali ke tahap awal untuk peralihan berikutnya.

3. Teori Fungsional

Teori Fungsional menjelaskan bahwa perubahan sosial budaya merupakan suatu hal yang konstan dan mengacaukan keseimbangan masyarakat. Proses ini akan berhenti jika suatu perubahan telah terintegrasi dengan budaya masyarakat. Tentunya proses integrasi hanya akan terjadi jika masyarakat menganggap perubahan tersebut memang bermanfaat.

4. Teori Konflik

Teori Konflik menjelaskan bahwa perubahan sosial budaya bisa terjadi karena adanya konflik atau pertentangan di kalangan masyarakat. Teori ini menilai konflik sebagai sesuatu yang konstan. Jika konflik berlangsung terus-menerus, maka perubahan pun akan terus terjadi. Konflik yang terjadi antar kelompok dan kelas sosial akan menimbulkan perubahan sosial budaya yang berikutnya. Hal ini terjadi karena perubahan yang terjadi setelah konflik akan menunjukkan keberhasilan suatu kelompok dalam mengatasi konflik tersebut. Kelompok pemenang akan melakukan keinginannya sendiri dan mengubah sistem yang pernah dianut oleh kelompok lain.

Baca Juga: Pengertian Vaksin, Fungsi, Jenis, Sistem dan Jadwal Pemberian Vaksin.

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Pengertian Perubahan Sosial Budaya, Proses Terjadinya, Faktor, Teori, dan Bentuknya
Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya yang terjadi di dalam masyarakat antara lain:

1. Perubahan yang terjadi secara lambat (contohnya seperti evolusi masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern) dan perubahan yang terjadi secara cepat (contohnya seperti revolusi industri).

2. Perubaha yang berpengaruh kecil (perubahan gaya rambut, perubahan fashion) dan perubahan yang berpengaruh besar.

3. Perubahan yang dikehendaki (adanya pembangunan) dan perubahan yang tidak dikehendaki.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian sosial budaya, proses terjadinya perubahan sosial budaya, faktor perubahan sosial budaya, teori-teori perubahan sosial budaya, dan bentuk-bentuk perubahan sosial budaya yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai perubahan sosial budaya.

Baca Juga