Pengertian Penginderaan Jauh, Komponen, Teknik, dan Manfaatnya
Penginderaan jauh, atau yang lebih dikenal dengan sebutan inderaraja, merupakan pengumpulan informasi mengenai suatu objek atau wilayah dari kejauhan, dengan menggunakan satelit, pesawat, kendaraan bawah air, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian penginderaan jauh berikut ini.

Istilah penginderaan jauh mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Pasalnya, kegiatan yang satu ini biasanya dilakukan oleh ahli geologi untuk mendapatkan informasi tentang suatu objek atau wilayah dari jarak jauh dengan menggunakan alat dan teknik tertentu. Lantas, apa itu pengertian penginderaan jauh yang sebenarnya dan apasaja manfaat dari kegiatan penginderaan jauh? Langsung saja simak pembahasan lengkap tentang pengertian penginderaan jauh, komponen penginderaan jauh, teknik penginderaan jauh, dan manfaat penginderaan jauh berikut ini.

Pengertian Penginderaan Jauh

Pengertian Penginderaan Jauh, Komponen, Teknik, dan Manfaatnya
Pengertian Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh, atau yang lebih dikenal dengan sebutan inderaraja, merupakan pengumpulan informasi mengenai suatu objek atau wilayah dari kejauhan, dengan menggunakan satelit, pesawat, kendaraan bawah air, dan lain sebagainya. Pada sistem ini, metode yang digunakan biasanya adalah metode fotografi, metode radar, metode spektroskopi, dan metode magnet. Berikut ini adalah pengertian penginderaan jauh menurut para ahli:

1. Menurut American Society of Photogrammetry

Pengertian penginderaan jauh menurut American Society of Photogrammetry adalah pengukuran atau perolehan informasi berupa data dari sejumlah objek atau fenomena, dengan memakai alat perekam dan tak terjadi kontak langsung dengan objek yang diteliti.

2. Menurut Avery

Pengertian penginderaan jauh menurut Avery merupakan upaya untuk memperoleh, mengidentifikasi, dan menganalisis objek dengan sensor yang ada pada posisi pengamatan daerah penelitian.

3. Menurut Campbell

Pengertian penginderaan jauh menurut Campbell adalah ilmu yang digunakan untuk mengukur atau mengakuisisi data pada objek di permukaan bumi dengan menggunakan satelit atau alat bantu lain yang lokasinya agak jauh dari posisi objek.

4. Menurut Kiefer

Pengertian penginderaan jauh menurut Kiefer adalah seni dan ilmu untuk memperoleh informasi tentang objek tertentu dengan cara menggunakan alat dan melakukan analisis data tanpa adanya kontak secara langsung dengan objek tersebut.

5. Menurut Lindgren

Sedangkan pengertian penginderaan jauh menurut Lindgren adalah beberapa teknik yang dikembangkan untuk memperoleh dan menganalisis informasi yang berkaitan dengan planet bumi.

Komponen Penginderaan Jauh

Pengertian Penginderaan Jauh, Komponen, Teknik, dan Manfaatnya
Komponen Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh memiliki beberapa komponen yang berkaitan satu sama lain. Berikut ini adalah komponen-komponen penginderaan jauh yang perlu kamu ketahui:

1. Sumber Tenaga

Penginderaan jauh harus mempunyai sumber tenaga untuk memantulkan objek yang ada di permukaan bumi. Biasanya tenaga yang digunakan adalah tenaga elektromagnetik dari sinar matahari dan tenaga buatan. Perbedaan sumber tenaga inilah yang akan menghasilkan penginderaan jauh sistem pasif (tenaga pantulan sinar matahari) dan penginderaan jauh sistem aktif (tenaga pancaran buatan).

2. Atmosfer

Energi matahari tak semuanya sampai ke permukaan bumi karena atmosfer berfungsi untuk menghambat datanya sinar matahari atau selektif terhadap panjang gelombang. Bagian spektrum gelombang elektromagnetik yang bisa mencapai permukaan bumi disebut sebagai jendela atmosfer. Kondisi ini bisa menghalangi pancaran sumber tenaga ke bumi sehingga akan menghalangi terjadinya interaksi antara tenaga dan objek dalam sebuah sistem penginderaan jauh.

3. Interaksi antara Tenaga dan Objek

Keadaan ini bisa dilihat pada rona yang diperoleh, di mana setiap objek mempunyai ciri khas yang berbeda-beda dalam memantulkan atau memancarkan tenaga ke bagian sensor. Objek yang pantulan tenaganya besar akan mempunyai rona yang lebih cerah. Berbeda dengan objek yang pantulan tenaganya kecil, yang akan mempunyai rona yang lebih gelap.

4. Sensor

Pengertian Penginderaan Jauh, Komponen, Teknik, dan Manfaatnya
Sensor

Sensor memiliki fungsi untuk menerima dan merekam tenaga yang datang dari suatu objek. Kemampuan sensor dalam merekam objek terkecil disebut sebagai resolusi spasial. Berdasarkan proses perekamannya, sensor dibedakan menjadi dua jenis, yakni sensor fotografik dan sensor elektronik. Sensor fotografik merupakan sensor yang merekam objek melalui proses kimia. Sensor jenis ini akan menghasilkan gambar. Sedangkan sensor elektronik merupakan jenis sensor yang bekerja secara elektrik dalam bentuk sinyal.

5. Data Input

Data input merupakan perolehan data yang bisa dilakukan secara manual ataupun secara digital. Contoh cara manual adalah dengan melakukan interpretasi foto udara secara visual. Sedangkan cara digital merupaakn cara mengambil data digital melalui komputer. Cara digital disebut juga sebagai cara numerik.

6. Pengguna data (user)

Tingkat keberhasilan sistem penginderaan jauh tidak lepas dari pengaruh pengguna data atau user. Kemampuan user dalam menerapkan hasil penginderaan jauh menjadikannya sebagai komponen penting dalam mendapatkan manfaat langsung dari sistem ini. User akan sangat memerlukan data penginderaan jauh yang terperinci dan bisa dipercaya.

Teknik Penginderaan Jauh

Pengertian Penginderaan Jauh, Komponen, Teknik, dan Manfaatnya
Teknik Penginderaan Jauh

Biasanya teknik yang digunakan dalam penginderaan jauh adalah dengan mengumpulkan data terlebih dahulu dengan menggunakan berbagai peralatan yang disesuaikan dengan objek atau wilayah yang mau diamati. Setelah itu, amati radiasi elektromagnetik yang dipancarkan atau dipantulkan oleh objek tersebut. Biasanya setiap objek akan memancarkan atau memantulkan radiasi dalam panjang gelombang dan intensitas yang berbeda-beda. Adapun metode lain yang bisa digunakan dalam penginderaan jauh, yaitu melalui gelombang suara, medan gravitasi, atau magnet.

Baca Juga: Pengertian Modernisasi, Ciri, Syarat, Dampak, dan Contohnya.

Manfaat Penginderaan Jauh

Pengertian Penginderaan Jauh, Komponen, Teknik, dan Manfaatnya
Manfaat Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh sangat bermanfaat bagi ahli geologi karena berkat teknologi penginderaan jauh, mereka jadi bisa mendapatkan informasi yang berkaitan dengan penanggulangan bencana alam. Mereka umumnya menggunakan informasi tersebut untuk mengetahui, memprediksi, dan melokalisir daerah yang rawan bencana alam. Tak hanya itu saja, penginderaan jauh juga bermanfaat dalam menentukan struktur geologi, pemantauan daerah bencana alam, pemantauan pencemaran laut, pemantauan penyebaran sumber daya alam, dan tentunya masih banyak lagi manfaat yang diberikan oleh penginderaan jauh.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian penginderaan jauh, komponen penginderaan jauh, teknik penginderaan jauh, dan manfaat penginderaan jauh yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai penginderaan jauh.

Baca Juga