Pengetahuan - Pengetahuan, Faktor Yang Mempengaruhi, Jenis, dan Sumbernya
Pengetahuan merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses pembelajaran. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, faktor, jenis, dan sumber pengetahuan berikut ini.

Semua orang berusaha untuk mendapatkan pengetahuan yang seluas-luasnya. Saat ini, pengetahuan tak hanya didapatkan saat belajar di sekolah. Kamu bisa memperoleh pengetahuan di mana saja. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, faktor, jenis, dan sumber pengetahuan berikut ini.

Pengertian Pengetahuan

Pengetahuan - Pengetahuan, Faktor Yang Mempengaruhi, Jenis, dan Sumbernya
Pengertian Pengetahuan

Sampai saat ini, definisi pengetahuan masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli. Simak beberapa pengertian pengetahuan yang ada di bawah ini:

1. Menurut Plato

Pengetahuan merupakan kepercayaan sejati yang valid atau dapat dibuktikan kebenarannya.

2. Menurut Notoatmodjo

Pengetahuan adalah hasil yang diperoleh setelah orang mengamati, atau mendengar objek tertentu.

3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengetahuan merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses pembelajaran. Proses pembelajaran ini dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor, mulai dari faktor internal seperti motivasi hingga faktor eksternal seperti keadaan lingkungan.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan

Pengetahuan - Pengetahuan, Faktor Yang Mempengaruhi, Jenis, dan Sumbernya
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi pengetahuan dalam diri seseorang, antara lain sebagai berikut:

1. Pendidikan

Pendidikan merupakan proses untuk mengubah sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok menjadi ke arah yang lebih baik, serta mendewasakan mereka dengan cara melakukan pengajaran dan juga pelatihan. Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka semakin mudah bagi orang tersebut untuk menerima atau memahami informasi. Dengan kata lain, pengetahuan yang ia miliki semakin banyak (bertambah).

Bisa dikatakan kalau pengetahuan sangat berkaitan erat dengan pendidikan. Orang yang menempuh pendidikan tinggi diharapkan memiliki pengetahuan yang luas. Namun, bukan berarti orang yang berpendidikan rendah tidak memiliki banyak pengetahuan. Sebab, saat ini pengetahuan bisa diperoleh di mana saja. Kamu bisa memperoleh pengetahuan saat bekerja, menonton TV, membaca media online, berbicara dengan keluarga atau teman-teman, dan lain sebagainya.

2. Informasi atau media massa

Saat ini, media sengaja dibentuk untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Ada banyak contoh media massa, seperti tv, radio, koran, majalah, media online, dsb. Tanpa sadar, kehadiran media massa sebenarnya sangat mempengaruhi pengetahuan masyarakat. Media massa berpengaruh besar dalam segi pembentukan opini dan kepercayaan masyarakat. Sebab, saat menyampaikan informasi, media massa biasanya juga memberi sugesti yang mengarahkan opini publik.

3. Sosial budaya dan ekonomi

Suatu tradisi atau kebiasaan biasanya dilakukan begitu saja oleh orang tanpa melalui pemikiran apakah yang dilakukan itu berdampak baik atau berdampak buruk. Kendati demikian, saat melakukannya, sebenarnya orang tersebut telah mendapat pengetahuan. Status ekonomi yang dimiliki seseorang juga berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan seseorang.

4. Lingkungan

Apa kamu tahu apa yang dimaksud dengan lingkungan? Lingkungan merupakan segala sesuatu yang terdapat di sekitar individu, baik itu lingkungan fisik, lingkungan biologis, ataupun lingkungan sosial. Lingkungan termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi proses masuknya pengetahuan ke alam pikiran seseorang.

5. Pengalaman

Banyak yang mengatakan kalau pengalaman merupakan sumber pengetahuan manusia. Saat menghadapi dan memecahkan masalah yang terjadi di masa lampau, sebenarnya kita secara tidak langsung mendapat pengetahuan. Kita jadi paham tentang bagaimana cara atau solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Saat dihadapkan dengan kejadian serupa di masa mendatang, kita tinggal mengulang lagi pengetahuan yang kita peroleh di masa lalu.

6. Usia

Faktor usia sangat berpengaruh pada daya tangkap dan pola pikir seseorang. Semakin tua seseorang, semakin berkembang daya tangkap dan pola pikirnya sehingga pengetahuannya pun semakin bertambah. Hal ini bisa kamu lihat pada masyarakat usia madya. 

Mereka biasanya aktif dalam kehidupan masyarakat, serta giat bekerja sebagai persiapan untuk hari tua. Mereka juga banyak menggunakan waktu luangnya untuk membaca sehingga pengetahuannya semakin membaik. Kendati demikian, beberapa teori berpendapat kalau IQ seseorang justru akan menurun seiring bertambahnya usia.

Jenis-Jenis Pengetahuan

Pengetahuan - Pengetahuan, Faktor Yang Mempengaruhi, Jenis, dan Sumbernya
Jenis-Jenis Pengetahuan

Secara umum, pengetahuan dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Pengetahuan langsung (immediated)

Pengetahuan langsung merupakan jenis pengetahuan yang dimiliki seseorang tanpa melalui proses penafsiran. Pengetahuan jenis ini didefinisikan oleh kaum penganut paham realisme.

2. Pengetahuan tak langsung (mediated)

Pengetahuan tak langsung merupakan jenis pengetahuan yang diperoleh dari hasil interpretasi atau hasil pemikiran yang dipengaruhi oleh pengalaman seseorang di masa lampau.

3. Pengetahuan indrawi (perceptual)

Jenis pengetahuan ini diperoleh melalui panca indera yang kita miliki. Contohnya adalah saat kita melihat sebatang pohon. Objek tersebut akan memasuki alam pikiran kita melalui mata sehingga kita memperoleh suatu pengetahuan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi jenis pengetahuan indrawi, seperti kesehatan panca indera (mata, telinga, dll), faktor pikiran, faktor sosial (adat istiadat), dan lain sebagainya.

4. Pengetahuan konseptual (conceptual)

Pengetahuan konseptual sebenarnya berkaitan erat dengan pengetahuan indrawi. Sebab, ketika sebuah objek masuk ke alam pikiran melalui panca indera, pada saat itulah pikiran manusia membentuk konsep tentang objek tersebut.

5. Pengetahuan partikular (particular)

Pengetahuan partikular berhubungan dengan orang, objek atau realita tertentu. Contohnya seperti saat kita membicarakan tentang isi kitab.

6. Pengetahuan universal (universal)

Pengetahuan universal merupakan jenis pengetahuan yang ruang lingkupnya luas, meliputi seluruh hidup manusia seperti agama, filsafat, dll.

Baca Juga: Prosa - Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contohnya.

Sumber Pengetahuan

Pengetahuan - Pengetahuan, Faktor Yang Mempengaruhi, Jenis, dan Sumbernya
Sumber Pengetahuan

Ada beberapa sumber pengetahuan yang perlu kamu ketahui:

1. Intuisi

Intuisi adalah kemampuan untuk mengetahui segala sesuatu yang muncul secara mendadak di benak kita tanpa mempelajarinya terlebih dahulu.

2. Rasional

Rasional di sini maksudnya pengetahuan diperoleh dari hasil kegiatan belajar mengajar, hasil diskusi, hasil ajaran guru, dsb.

3. Emperikal atau Indera

Panca indera merupakan salah satu sumber pengetahuan, karena manusia bisa mengenal dan memahami objek fisik melalui panca indera. Jika seseorang kehilangan salah satu panca inderanya, orang tersebut akan sulit mengetahui suatu pengetahuan secara partikular.

4. Wahyu

Pengetahuan - Pengetahuan, Faktor Yang Mempengaruhi, Jenis, dan Sumbernya
Wahyu

Semua umat beragama percaya kalau wahyu yang dibuat oleh Tuhan merupakan sumber pengetahuan bagi umat manusia.

Baca Juga