Pengertian Percaya Diri, Jenis-Jenis, dan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Percaya diri merupakan kondisi psikologis yang ada dalam diri seseorang di mana ia merasa yakin pada dirinya sendiri dalam berbuat atau melakukan suatu tindakan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian percaya diri berikut ini.

Semua orang memiliki rasa percaya diri yang berbeda-beda. Ada yang rasa percaya dirinya tinggi, namun ada juga yang kurang percaya diri. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian percaya diri, jenis-jenis, dan cara meningkatkan rasa percaya diri berikut ini.

Pengertian Percaya Diri

Pengertian Percaya Diri, Jenis-Jenis, dan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Pengertian Percaya Diri

Apa itu pengertian percaya diri? Percaya diri termasuk salah satu aspek kepribadian yang cukup penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri akan merasa yakin terhadap penampilan atau kemampuan yang mereka miliki. Mereka juga cenderung mengharapkan sesuatu yang realistis. Kalaupun harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan berusaha untuk menerimanya.

Sedangkan pengertian percaya diri menurut Thantaway adalah kondisi psikologis yang ada dalam diri seseorang di mana ia merasa yakin pada dirinya sendiri dalam berbuat atau melakukan suatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri akan menilai dirinya negatif. Ia merasa kurang percaya diri dengan kemampuan yang ia miliki. Karena itulah, ia memilih untuk menutup dirinya dari lingkungan sekitar.

Jenis-Jenis Percaya Diri

Pengertian Percaya Diri, Jenis-Jenis, dan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Jenis-Jenis Percaya Diri

Secara umum, ada beberapa jenis percaya diri yang perlu kamu ketahui:

1. Self-concept

Pengertian percaya diri tipe self-concept adalah tentang bagaimana kamu menilai atau menyimpulkan diri sendiri secara keseluruhan, seperti bagaimana potret dirimu, atau kamu mengkonsepsikan diri sendiri secara keseluruhan.

2. Self-esteem

Self-esteem adalah tentang sejauh mana kamu memiliki perasaan positif terhadap dirimu sendiri. Apakah kamu merasakan sesuatu yang positif yang berasal dari dirimu sendiri atau tidak.

3. Self-efficacy

Self-efficacy adalah tentang sejauh mana kamu yakin dalam mengerjakan tugas atau persoalan tertentu. Self-efficiacy juga bisa diartikan sebagai sejauh mana kemampuanmu dalam menangani permasalahan tertentu.

4. Self-confidence

Pengertian Percaya Diri, Jenis-Jenis, dan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Self-confidence

Self-confidence adalah tentang sejauh mana kamu yakin tentang penilaianmu atas kemampuan diri sendiri dan sejauh mana kamu merasakan adanya kepantasan untuk bisa sukses atau berhasil. Self-confidence merupakan gabungan dari self-esteem dan self-efficacy.

Sedangkan menurut Lindenfield (1997), kepercayaan diri dibagi menjadi dua jenis, yaitu kepercayaan diri batin dan kepercayaan diri lahir.

1. Kepercayaan diri batin

Kepercayaan diri batin merupakan jenis kepercayaan diri yang menganggap kalau individu tersebut berada dalam kondisi baik. Ada empat ciri utama yang dimiliki oleh orang yang memiliki kepercayaan diri batin:

  • Mencintai dirinya sendiri. Orang yang percaya diri akan mencintai dirinya sendiri. Ia juga peduli dengan perilaku dan gaya hidupnya sehari-hari.
  • Sadar diri. Selain percaya diri, orang tersebut juga sadar diri. Mereka tidak hanya merenung, tapi juga memikirkan perasaan, pikiran, dan perilaku mereka secara teratur. Mereka juga penasaran dan selalu ingin tahu bagaimana pendapat atau komentar orang lain tentang diri mereka.
  • Memiliki tujuan yang jelas. Orang yang percaya diri akan tahu seperti apa tujuan hidup mereka. Orang seperti ini memiliki alasan yang jelas ketika melakukan sesuatu dan mereka tahu hasil seperti apa yang mereka harapkan.
  • Selalu berpikir positif. Orang yang percaya diri juga terbiasa melihat kehidupan dari sisi yang positif. Mereka selalu berharap mendapatkan hasil yang terbaik (bagus).

2. Kepercayaan diri lahir

Jenis kepercayaan diri ini memungkinkan seseorang untuk pamer ke dunia luar kalau ia adalah orang yang percaya diri. Untuk melakukannya, individu perlu memiliki empat jenis keterampilan, yaitu keterampilan komunikasi, ketegasan, penampilan diri, dan pengendalian perasaan.

Baca Juga: Pengertian Rumusan Masalah, Ciri, Fungsi, Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan, Jenis, dan Contohnya.

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Pengertian Percaya Diri, Jenis-Jenis, dan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Cara meningkatkan rasa percaya diri

Sebagian dari kita mungkin merasa kurang percaya diri. Jangan terlalu khawatir, lakukan saja beberapa cara meningkatkan rasa percaya diri berikut ini:

1. Cintailah dirimu sendiri

Orang yang rendah diri akan selalu merasa tidak puas dengan apa yang ada dalam dirinya sendiri. Hal ini bisa mengakibatkan rasa marah, rasa benci kepada diri sendiri, bahkan seseorang bisa saja menghukum dirinya sendiri secara tidak sadar. Sifat-sifat seperti ini tentu saja harus dihilangkan karena membuat seseorang jadi menutup diri, tertekan dan enggan mencoba hal baru dalam hidupnya.

Kamu harus sadar kalau setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada manusia yang sempurna, semuanya hasil ciptaan Tuhan. Karena itulah, kamu harus belajar untuk mencintai dirimu sendiri. Berdamailah dengan dirimu sendiri. Jangan membenci dan cobalah untuk menghargai diri sendiri. Jika berhasil saat melakukan sesuatu, hargai keberhasilan tersebut sehingga kamu pun akan terdorong untuk terus berusaha. Sebaliknya jika gagal, jangan menyerah dan mengkritik diri sendiri. Lebih baik belajar dari kegagalan dan teruslah berusaha.

2. Hadapi dunia nyata

Daripada menyerah, lebih baik bersikap berani dan ambil resiko yang masuk akal. Sebab, kamu tidak bisa bertahan hidup di dunia ini jika tidak berani mengambil resiko.

3. Cobalah untuk berjalan 25% lebih cepat dari biasanya

Berjalan lebih cepat dari orang kebanyakan akan meningkatkan rasa percaya diri. Kamu seolah-olah mengatakan pada dunia kalau ada hal penting yang harus kamu kerjakan. Tak percaya? Coba tegakkan bahumu, angkat kepala, dan jalan 25% lebih cepat dari biasanya. Kepercayaan dirimu pasti akan berkembang dari sebelumnya.

4. Jadilah pribadi yang mandiri

Jangan selalu bergantung pada orang lain. Cobalah untuk mandiri dan menyelesaikan masalahmu tanpa bantuan orang lain. Hal ini akan membantumu memiliki mental yang mantap.

5. Jangan pedulikan ejekan orang

Lebih baik fokus untuk meningkatkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Ejekan atau kritikan akan selalu menghampirimu, namun itu bukanlah halangan yang berarti jika kamu memilih untuk mendiamkannya.

6. Perbanyak senyum

Pengertian Percaya Diri, Jenis-Jenis, dan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Perbanyak senyum

Senyum akan menunjukkan ke orang lain kalau kita baik dan ramah. Senyum juga sangat ampuh untuk meningkatkan rasa percaya diri di saat kita sedang takut.

7. Bertemanlah dengan orang yang percaya diri

Rasa percaya diri biasanya menular. Jika kita dikelilingi oleh orang yang berpikiran positif, maka kita bisa saja meniru sifat tersebut. Karena itulah, kamu sebaiknya berteman dengan orang yang percaya diri dan memotivasimu untuk menjadi pribadi yang sukses.

8. Perluas wawasan

Banyak-banyaklah membaca buku atau bergaul di lingkungan masyarakat agar kamu menjadi pribadi yang pintar dan berpikiran terbuka. Kendati demikian, jangan sombong. Tetaplah rendah hati seperti padi yang makin berisi tapi makin menunduk.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian percaya diri, jenis-jenis, dan cara meningkatkan rasa percaya diri yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga