Pengertian Kebugaran Jasmani, Bentuk, Faktor dan Manfaat
Kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan atau kesanggupan dalam melakukan sejumlah aktivitas maupun pekerjaan, dengan memperbanyak waktu untuk bekerja namun tanpa sedikit pun merasa lelah. Kebugaran jasmani sendiri sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga menjaga kondisi kebugaran jasmani juga terbilang begitu penting.

Pengertian Kebugaran Jasmani - Setiap orang di dunia ini memang harus sangat memperhatikan kebugaran jasmaninya masing-masing. Dengan jasmani yang sehat, tentu untuk menjalankan aktivitas sehari-hari pun tidak akan pernah terganggu.

Untuk mempertahankan atau meningkatkan kebugaran jasmani sendiri bisa dilakukan melalui beragam cara, entah itu dengan latihan fisik atau yang lainnya. Dan untuk mengetahui konidis kebugaran jasmani sendiri tentunya kita perlu sejumlah tes dari bantuan medis.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian kebugaran jasmani secara lengkap bersama dengan bentuk, faktor dan manfaatnya. Buat kamu yang belum tahu tentang apa itu kebugaran jasmani nggak usah khawatir, karena kita akan membahas permasalahan ini mulai dari pengertiannya. Yuk simak langsung aja.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani
Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan atau kesanggupan dalam melakukan sejumlah aktivitas maupun pekerjaan, memperbanyak waktu unuk bekerja namun tanpa merasa lelah yang begitu berarti. Selain itu, kebugaran jasmani juga sering dikatakan sebagai suatu kondisi jasmani yang bersangkutan terhadap kemampuan dalam menjalankan atau menyelesaikian suatu hal dengan cara yang efisien dan optimal.

Bentuk-bentuk Kebugaran Jasmani

Dalam menjaga kebugaran jasmani, tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu akan bentuk-bentuk atau unsur-unsur dari kebugaran jasamani itu sendiri, seperti :

- Daya tahan otot
- Daya tahan jantung
- Daya tahan paru-paru
- Kekuatan
- Kelincahan
- Kelentukan

Dan sejumlah unsur-unsur yang sudah saya sebutkan di atas sebenarnya bisa dilatih dalam berbagai cara. Misalnya dengan melakukan interval training, aerobik, joging dan lain-lain.

Faktor Kebugaran Jasmani

Kondisi kebugaran jasmani terkadang mengalami perubahan secara tiba-tiba, nah untuk menjaga kebukaran jasmani agar tetap baik maka kamu harus memperhatikan sejumlah faktor-faktor kebugaran jasmani seperti berikut ini :

1. Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Pengertian Kebugaran Jasmani
Makanan Bergizi

Makanan memang salah satu sumber tenaga tubuh yang sangat berpengaruh dalam kondisi kebugaran jasmani. Maka dari itu, agar kondisi kebugaran jasmani tetap terjaga kita diharuskan memperhatikan pola makan kita, seperti memakan makanan yang bergizi, dan makan dengan porsi yang cukup.

2. Kebiasaan Hidup Sehat

Pengertian Kebugaran Jasmani
Hidup Sehat

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, tentu kebugaran jasmani akan mengalami peningkatan yang cukup baik. Misalnya seperti mandi dan makan secara teratur, selalu cuci tangan sebelum makan dan cuci muka sebelum tidur, gosok gigi dan lain sebagainya.

3. Olahraga

Pengertian Kebugaran Jasmani
Olahraga

Ya, olahraga memang salah satu cara menjaga kebugaran jasmani yang paling populer. Dengan melakukan olahraga secara teratur seperti lari joging, mengikuti senam dan lain sebagainya, tentu kita akan mendapatkan kebugaran jasmani yang cukup baik. Selain itu olahraga juga memiliki manfaat lainnya, seperti berguna untuk mengatur sistem pernapasan, mengatur otot-otot, dan mengatur berat badan.

4. Istirahat yang Cukup

Pengertian Kebugaran Jasmani
Tidur

Untuk meningkatkan kebugaran jasmani, sebenarnya istirahat yang cukup juga mempunyai peran yang sangat penting. Pasalnya, dengan tidur atau istirahat yang cukup tubuh akan berhenti bekerja, sehingga ketika bangun badan akan terasa lebih segar. Waktu tidur yang cukup bagi setiap orang pu berbeda, anatar lain :

- Usia 1 - 4 tahun = 12 jam dalam sehari
- Usia 4 - 12 tahun = 10 jam dalam sehari
- Untuk pelajar 8 jam dalam sehari
- Untuk orang dewasa 5 - 7 jam dalam sehari

Pada umumnya jika kita sering kurang istirahat, maka tubuh akan mudah terserang penyakit, badan akan terasa lemas, perasaan tidak pernah tenang dan sering merasa cemas.

Baca Juga : Pengertian Apresiasi - Tujuan, Fungsi, Tingkatan, Pendekatan dan Tahapan Dalam Melakukan Apresiasi

Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

Semua orang yang berusaha untuk menjaga kondisi kebugaran jasmaninya masing-masing tentu karena mereka ingin mendapatkan sejumlah manfaat yang bisa di dapatkan di kala kebugaran jasmani dalam kondisi yang begitu baik.

Dalam latihan kebugaran jasmani juga menawarkan sejumlah manfaat, anatar lain :

- Bertambahnya kekuatan
- Daya tahan otot meningkat
- Tulang dan sendi semakin kuat
- Membentuk tubuh yang bagus
- Daya tahan aerobik meningkat
- Tingkat fleksibelitas meningkat
- Membakar sejumlah lemak dan kalori
- Mengurangi Stres
- Mengurangi berat badan
- Perasaan bahagia meningkat

Nah itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu rutin melakukan latihan kebugaran jasmani. Sebenarnya tak hanya itu, latihan jasmani juga akan membuatmu terbiasa akan gaya hidup sehat. Dengan meneraokan gaya hidup sehat, tentu segala jenis penyakit tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh yang sehat dan bugar.

Latihan Kebugaran Jasmani

Buat kamu yang mau memulai gaya hidup sehat dan memperhatikan kondisi kebugaran jasmani, mungkin kamu bisa memulainya dengan langkah-langkah yang ringan terlebih dahulu, seperti rutin berolahraga, memperhatikan pola makan, menentukan waktu istirahat yang tepat, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk meningkatkan kondisi kebugaran jasmani sendiri kamu bisa mencoba beberapa cara seperti latihan jasmani dan latihan fisik. Dan tentunya untuk melakukan kedua latihan tersebut kamu harus mengikuti ketentuan dan aturannya. Latihan jasmani sendiri terdiri dari beberapa jenis, yakni jenis latihan jasmani yang berbentuk aerobik dan anaerobik, serta skill.

Sebenarnya yang terpenting dari pembahasan kita kali ini bukanlah cara mendapatkan kebugaran jasmani, melainkan cara mempertahankan kebugaran jasmani. Karena bagian yang tersulit adalah mempertahankannya agar tetap sama sampai kapanpun.

Akhir Kata

Nah itulah pembahasan kita kali ini mengenai kebugaran jasmani, meliputi pengertian, bentuk, faktor serta manfaatnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untukmu, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-temanmu, supaya mereka juga tahu betapa pentingnya peran kebugaran jasmani untuk hidup kita. Terima Kasih.


Baca Juga