Pengertian Harga, Fungsi, Tujuan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Jenisnya
Harga merupakan sejumlah uang yang dibebankan terhadap suatu produk barang atau jasa, atau jumlah nilai yang harus dibayar konsumen demi mendapatkan manfaat dari produk tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian harga berikut ini.

Sebelum membeli sebuah produk, kita harus mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah harga. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian harga, fungsi, tujuan, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan jenis-jenis harga berikut ini.

Pengertian Harga

Pengertian Harga, Fungsi, Tujuan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Jenisnya
Pengertian Harga

Apa itu pengertian harga? Harga merupakan faktor penting yang bisa mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk. Berikut ini adalah pengertian harga menurut para ahli:

1. Menurut Kotler dan Armstrong (2001)

Pengertian harga menurut Kotler dan Armstrong adalah sejumlah uang yang dibebankan terhadap suatu produk barang atau jasa, atau jumlah nilai yang harus dibayar konsumen demi mendapatkan manfaat dari produk tersebut. 

2. Menurut Samsul Ramli (2013)

Harga diartikan sebagai nilai relatif yang dimiliki oleh suatu produk. Nilai tersebut bukanlah indikator pasti yang menunjukkan besarnya sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk.

3. Menurut Imamul Arifin (2007)

Pengertian harga menurut Imamul Arifin adalah kompensasi yang harus dibayar konsumen demi memperoleh produk barang atau jasa.

4. Menurut Joko Untoro (2010)

Harga merupakan kemampuan yang dimiliki suatu barang atau jasa, yang dinyatakan dalam bentuk uang.

5. Menurut Philip Kotler

Harga merupakan sejumlah uang yang dibebankan ke suatu produk atau layanan jasa. Dengan kata lain, harga adalah jumlah nilai yang harus dibayar konsumen demi memiliki atau mendapatkan keuntungan dari sebuah produk barang atau jasa.

Fungsi Harga

Pengertian Harga, Fungsi, Tujuan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Jenisnya
Fungsi Harga

Menurut Dini Indrastuty (2011), harga sebenarnya berfungsi sebagai alat untuk mengukur dan membedakan barang. Sedangkan menurut Eryadi (2007)n harga berfungsi untuk menentukan jumlah barang yang akan diproduksi serta pembagian produk kepada konsumen.

Tujuan Harga

Pengertian Harga, Fungsi, Tujuan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Jenisnya
Tujuan Harga

Menurut Tjiptono (2005), ada beberapa hal yang menjadi tujuan penetapan harga, antara lain sebagai berikut:

1. Untuk memperoleh keuntungan. Berdasarkan teori ekonomi klasik, setiap perusahaan akan berusaha menentukan harga yang bisa menghasilkan keuntungan maksimal. Kendati demikian, perusahaan tidak bisa sembarangan menentukan harga karena kondisi persaingan yang ketat dan serba kompleks.

2. Untuk mencapai target volume penjualan (untuk menguasai pangsa pasar). Artinya harga ditentukan sedemikian rupa agar bisa mencapai target volume penjualan atau target nilai penjualan tertentu.

3. Untuk membentuk atau mempertahankan citra perusahaan.

4. Untuk mempertahankan hubungan yang stabil antara harga perusahaan dengan harga pemimpin industri.

5. Harga juga bisa ditetapkan untuk keperluan lain, seperti mencegah masuknya pesaing, mempertahankan loyalitas pelanggan, menghindari campur tangan pemerintah, dan lain sebagainya.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penetapan Harga

Pengertian Harga, Fungsi, Tujuan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Jenisnya
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penetapan Harga

Dalam menetapkan harga suatu produk barang atau jasa, terdapat dua faktor yang perlu dipertimbangkan oleh pihak perusahaan, yakni:

1. Faktor internal perusahaan

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam perusahaan. Contoh faktor internal antara lain:

  • Tujuan pemasaran perusahaan

Perusahaan yang memiliki tujuan yang jelas akan lebih mudah untuk menetapkan harga. Tujuan di sini bisa berupa tujuan untuk memaksimalkan keuntungan, meraih pangsa pasar yang luas, meningkatkan kualitas produk, dan lain sebagainya.

  • Strategi Pemasaran

Harga menjadi salah satu alat yang digunakan oleh pihak perusahaan untuk meraih tujuan pemasaran. Perusahaan kerap kali menempatkan nilai produk dalam bentuk harga, di mana harga menjadi faktor penting yang menentukan pasaran produk, persaingan, dan desain produk.

  • Biaya

Biaya merupakan dasar harga yang dibebankan perusahaan terhadap produknya agar tidak menderita kerugian.

  • Pertimbangan organisasi

Dalam perusahaan kecil, harga biasanya ditentukan oleh manajemen atas (bukan departemen pemasaran atau penjualan). Sedangkan dalam perusahaan besar, harga biasanya ditetapkan oleh manajer divisi atau lini produk.

2. Faktor eksternal perusahaan

Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar perusahaan. Contoh faktor eksternal antara lain sebagai berikut:

  • Pasar dan permintaan

Sebelum menetapkan harga, perusahaan sebaiknya memahami faktor eksternal seperti harga pasar dan harga permintaan atas produknya. Kenali juga jenis pasar tersebut, apakah tergolong sebagai pasar persaingan sempurna, pasar persaingan monopolistik, pasar oligopolistik, atau justru monopoli murni.

  • Persaingan

Dalam menentukan harga, perusahaan juga biasanya melihat tingkat persaingan pasar.

3. Faktor eksternal lainnya

Faktor eksternal lainnya yang bisa mempengaruhi penetapan harga adalah faktor inflasi atau tingkat suku bunga yang bisa mempengaruhi biaya produksi atau persepsi konsumen terhadap harga produk.

Baca Juga: Pengertian Arsip, Sifat, Peran, Tujuan, Nilai Guna, dan Jenisnya.

Jenis-Jenis Harga

Pengertian Harga, Fungsi, Tujuan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Jenisnya
Jenis-Jenis Harga

Dalam kegiatan ekonomi, ada beberapa jenis harga berdasarkan sudut pandangnya. Jenis harga yang paling paling umum adalah harga pasar. Menurut Joko Untoro (2010), harga pasar merupakan kondisi di mana jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diterima dan terjadi kesepakatan antara pihak penjual dan pihak pembeli.

Sedangkan secara khusus, harga dibedakan menjadi empat jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Harga subjektif

Harga subjektif merupakan harga yang berasal dari taksiran atau pendapat seseorang. Setiap pembeli ataupun penjual biasanya memiliki harga taksiran tersendiri terhadap barang yang akan dibeli atau dijual. Nilainya berbeda-beda pada setiap orang. Dengan kata lain, harga subjektif bisa saja sama atau justru berbeda jauh dengan harga pasar (harga sesungguhnya).

2. Harga objektif (harga pasar)

Harga objektif merupakan harga yang disepakati oleh kedua belah pihak, yakni pihak penjual dan pihak pembeli. Harga objektif juga seringkali disebut sebagai harga umum, yang menjadi patokan bagi penjual barang yang ada di pasar.

3. Harga pokok

Harga pokok diartikan sebagai jumlah nilai yang dikeluarkan untuk menghasilkan suatu barang.

4. Harga jual

Harga jual merupakan harga yang diperoleh dari jumlah harga pokok ditambah dengan jumlah laba yang diinginkan oleh si penjual. Meskipun harga jual yang ditawarkan berbeda-beda, biasanya di pasar akan terdapat harga umum. Setiap penjual akan berusaha menyesuaikan diri dengan harga umum tersebut.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian harga, fungsi, tujuan, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan jenis-jenis harga yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai harga.

Baca Juga