Pengertian Penelitian - Ciri, Tujuan dan Jenisnya
Penelitian merupakan usaha yang dilakukan secara sistematis agar memperoleh solusi / jawaban ilmiah dari suatu masalah. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian penelitian, ciri penelitian, tujuan dan jenis penelitian berikut ini.

Penelitian bukanlah kata yang asing lagi di telinga kita. Biasanya penelitian dilakukan secara individu atau per kelompok untuk menemukan solusi atau jawaban dari permasalahan tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian penelitian, ciri penelitian, tujuan dan jenis penelitian berikut ini.

Pengertian Penelitian

Pengertian Penelitian - Ciri, Tujuan dan Jenisnya
Pengertian Penelitian

1. Pengertian penelitian menurut Fellin, Tripodi dan Meyer

Penelitian adalah suatu cara yang dilakukan secara sistematik dengan tujuan untuk mendapatkan dan mengembangkan suatu ilmu penngetahuan. Hasil dari suatu penelitian ini nantinya dapat diuji kebenarannya oleh peneliti lain.

2. Pengertian penelitian menurut Kerlinger

Penelitian merupakan investigasi tentang suatu fenomena yang dilakukan secara empiris dan sistematis, serta berawal dari dugaan atau hipotesis tertentu.

3. Pengertian penelitian menurut Indriantono dan Supomo

Penelitian adalah hasil dari keinginan untuk memperoleh sejumlah fakta atau fenomena alam.

4. Pengertian penelitian menurut Tuckman

Penelitian sebenarnya merupakan usaha yang dilakukan secara sistematis agar memperoleh solusi / jawaban ilmiah dari suatu masalah. Sistematis artinya penelitian dilakukan sesuai dengan prosedur / langkah-langkah yang berlaku. Sedangkan jawaban ilmiah merupakan rumusan pengetahuan, bisa berupa teori ataupun prinsip, yang diperoleh setelah melakukan penelitian.

5. Pengertian penelitian menurut Woody

Penelitian adalah suatu metode dalam mencari kebenaran, biasanya penelitian dilakukan dengan cara berpikir secara kritis. Peneliti harus bisa mendefinisikan masalah secara tepat, merumuskan hipotesis, lalu membuat pengujian dan kesimpulan secara hati-hati.

Ciri-Ciri Penelitian

Pengertian Penelitian - Ciri, Tujuan dan Jenisnya
Ciri-Ciri Penelitian

1. Sistematik

Suatu penelitian harus direncanakan dan dilaksanakan sesuai urutan yang benar. Pertama-tama, peneliti harus mendefinisikan dan merumuskan masalah penelitian terlebih dahulu. Lalu, lakukan langkah-langkah lain yang sifatnya lebih kompleks dan akhiri dengan pembuatan laporan penelitian. Hal ini penting untuk dilakukan agar bisa memperoleh hasil penelitian yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

2. Logik

Sebuah penelitian harus memiliki ciri logik, artinya masuk akal secara logika dan memang sesuai dengan fakta empirik. Biasanya peneliti akan mencari kebenaran dengan melakukan dua jenis prosedur penalaran, yaitu prosedur induktif dan prosedur deduktif. Prosedur induktif merupakan cara menarik kesimpulan secara umum dari berbagai kasus yang ada. Sedangkan prosedur deduktif merupakan cara menarik kesimpulan secara khusus dari berbagai pernyataan umum.

3. Empirik

Empirik merupakan ciri suatu penelitian yang menekankan pada unsur aposteriori (unsur yang berasal dari kesan indrawi). Pada umumnya, ciri empirik ini terdiri dari tiga macam hal:

  • Hal-hal empirik selalu memiliki persamaan dan perbedaan masing-masing.
  • Hal-hal empirik bisa berubah-ubah sesuai berjalannya waktu.
  • Setiap gejala empirik bisa muncul karena ada penyebabnya.

4. Replikatif

Suatu penelitian yang telah selesai dilakukan sebaiknya diuji lagi oleh peneliti lain untuk mengecek hasil akhirnya, apakah sama atau justru berbeda.

Tujuan Penelitian

Pengertian Penelitian - Ciri, Tujuan dan Jenisnya
Tujuan Penelitian

Sebenarnya penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh solusi atas masalah ilmiah tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tujuan penelitian berikut ini:

1. Eksplorasi

Tujuan eksplorasi terdiri dari 3 macam hal:

  • Mencari tahu dan memahami suatu hal
  • Melakukan uji kelayakan
  • Mencari dan mengembangkan metode yang akan digunakan dalam penelitian selanjutnya yang lebih mendalam

2. Deskripsi

Hasil dari penelitian akan membantu peneliti dalam mengkaji suatu fenomena secara detail dan membuatnya mampu membedakan fenomena tersebut dengan fenomena lainnya.

3. Eksplanasi

Penelitian juga membantu mengkaji hubungan sebab-akibat di antara dua fenomena atau lebih. Sebagai contoh, penelitian bisa membantu menjelaskan mengapa fenomena A bisa mengakibatkan fenomena B.

4. Menemukan Solusi

Suatu penelitian tentu saja dilakukan untuk mendapatkan solusi / hasil akhir.

Baca Juga: Pengertian Demokrasi - Ciri, Prinsip, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya.

Jenis-Jenis Penelitian

Pengertian Penelitian - Ciri, Tujuan dan Jenisnya
Jenis-Jenis Penelitian

Ada banyak sekali jenis penelitian yang eksis hingga saat ini, di antaranya sebagai berikut:

1. Eksperimen

Eksperimen merupakan jenis penelitian yang dilakukan secara coba-coba. Peneliti akan mencoba mengamati dan memanipulasi kondisi tertentu untuk melihat seperti apa efek atau pengaruh yang ditimbulkan.

2. Deskriptif

Penelitian deskriptif sengaja dilakukan untuk mendeskripsikan suatu peristiwa yang terjadi di masa sekarang / di masa lampau secara rinci. Jenis penelitian ini agak berbeda dengan experimen karena peneliti tidak melakukan manipulasi terhadap variabel bebas (situasi variabel memang apa adanya).

3. Korelasional

Jenis penelitian korelasional merupakan jenis penelitian yang terdiri dari pengumpulan data, serta menentukan hubungan antara dua variabel atau lebih.

4. Penelitian evaluasi

Penelitian evaluasi dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi proses berjalannya suatu fenomena atau kejadian, sekaligus menjelaskan fakta-fakta dari fenomena tersebut. Contohnya seperti penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi penampilan serta tingkat efisiensi suatu program.

5. Simulasi

Kamu mungkin tidak akan mengira kalau simulasi ternyata adalah suatu jenis penelitian. Simulasi dilakukan dengan cara melakukan penelitian dan manipulasi pada suatu sistem berskala kecil (sistem sederhana yang mirip dengan sistem asli) untuk mendapatkan gambaran yang jelas.

6. Survei

Pengertian Penelitian - Ciri, Tujuan dan Jenisnya
Survei

Survei dilakukan untuk mengumpulkan data mengenai suatu populasi dengan memakai sample yang jumlahnya relatif kecil.

7. Studi Kasus

Studi kasus merupakan jenis penelitian yang dilakukan untuk menggali informasi secara mendalam. Biasanya peneliti akan menggunakan berbagai macam metode untuk mengumpulkan data, seperti melakukan observasi, wawancara dan juga dokumentasi.

8. Etnografi

Etnografi merupakan kegiatan menganalisa suatu kelompok sosial secara mendalam. Pada umumnya, peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi.

9. Cultural

Penelitian cultural atau penelitian budaya merupakan jenis penelitian yang dilakukan terhadap objek ataupun fenomena budaya tertentu.

10. Penelitian historis

Jenis penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fakta-fakta dan juga menyimpulkan kejadian-kejadian atau fenomena yang berlangsung di masa lampau. Tentu saja data utama yang digunakan dalam penelitian ini harus bersifat historis, artinya sumber data berasal dari masa lalu.

11. Etnologi

Etnologi adalah jenis penelitian yang terfokus pada tingkah laku manusia.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian penelitian, ciri penelitian, tujuan dan jenis penelitian yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai penelitian.

Loading...

Baca Juga