Pencemaran Air - Pengertian, Sumber, Komponen, dan Akibat
Pencemaran air telah terjadi dimana-mana baik itu dilingkungan perkotaan sampai pedesaan. Aktivitas manusia dalam melakukan kegiatan industri, pertanian, peternakan, dan kegiatan rumah tangga menjadi penyebabnya. Silahkan simak pembahasan lengkap tentang pencemaran air, pengertian, sumber, komponen, dan akibatnya berikut ini!

Air merupakan kebutuhan dasar manusia untuk bertahan hidup. Bahkan secara teori kebutuhan air manusia lebih penting daripada makanan untuk membuatnya bisa bertahan hidup lebih lama. Namun jika pencemaran air telah terjadi, air bukan lagi menjadi sumber kehidupan tapi bisa menjadi penyebab penyakit dan kematian.

Agar pencemaran air tidak lagi terjadi, atau dilakukan dengan sengaja silahkan simak pembahasan tentang pengertian pencemaran air, sumber pencemaran air, komponen pencemaran air, dan akibat pencemaran air berikut ini!

Pengertian Pencemaran Air

Pencemaran Air - Pengertian, Sumber, Komponen, dan Akibat
Pengertian Pencemaran Air
Menurut Wikipedia pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia.

Dari pengertian tersebut diketahui bahwa aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan lingkungan menjadi faktor dari kerusakan kualitas air. Kerusakan air pada akhirnya akan berdampak pada manusia sendiri.

Sumber Pencemaran Air

Pencemaran Air - Pengertian, Sumber, Komponen, dan Akibat
Sumber Pencemaran Air

Pencemaran air bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Sumber pencemaran air bisa bersal darimana saja. Secara umum sumber pencemaran air dibedakan atas empat aktivitas manusia yaitu pertanian, peternakan, industri, dan aktivitas perkotaan.

1. Pertanian

Pencemaran air dari pertanian terjadi karena penggunaan pestisida pada pertanian. Limbat pertanian yang tercampur dengan pestisida dapat merusak ekosistem pada air dan juga menyebabkan buruknya kualitas air.

2. Peternakan

Peternakan juga menjadi penyebab pencemaran pada air. Kotoran yang berasal dalam peternakan yang dibuang ke dalam air menyababkan kualitas air menjadi buruk. Akibatnya akan menjadi sumber penyakit bagi makhluk hidup yang mengkonsumsi air tersebut.

3. Industri

Sumber pencemaran air yang sangat tinggi adalah dari industri. Industri dengan teknologi tinggi memiliki limbah kimia yang sangat merusak kondisi air.

Baca Juga: Pengertian Pasar - Ciri, Fungsi dan Jenisnya.

4. Perkotaan

Sumber pencemaran air yang terakhir adalah limbah perkotaan. Perkotaan merupakan daerah padat penduduk sehingga terkadang sanitasi air sangat buruk. Ditambah lagi dengan limbah industri dan rumah tangga yang sangat sulit dikendalikan.

Jenis Pencemaran Air

Pencemaran Air - Pengertian, Sumber, Komponen, dan Akibat
Jenis Pencemaran Air

Secara umum ada tiga jenis pencemaran air yang terjadi yaitu pencemaran mikroorganisme, pencemaran dari bahan nutrisi tanaman, dan bahan kimia. Berikut ini penjelasannya!

1. Pencemaran Mikroorganisme Air

Pencemaran mikroorganisme air terjadi karena adanya virus dan makhluk tak kasat mata lainnya. Virus ini bisa berasal dari limbah padat aktivitas rumah tangga industri dan lainnya.

2. Pencemaran Dari Bahan Anorganik Nutrisi Tanaman

Penggunaan pupuk pada tanaman juga menjadi penyebab kerusakan pada air. Pupuk yang menjadi nutrisi bagi tanaman memang memiliki manfaat yang baik untuk pertanian. Namun dengan penggunaan yang tidak sesuai dengan kesehatan lingkungan dapat berdampak pada kerusakan kualitas air.

3. Pencemaran Dari Bahan Kimia

Pencemaran air yang paling nyata adalah penggunaan bahan kimia untuk berbagai kepentingan. Bahan kimia baik organik maupun anorganik sama-sama akan menurunkan kualitas air sehingga tidak sehat untuk digunakan sehari-hari seperti mandi, mencuci, apalagi untuk dikonsumsi.

Komponen Pencemaran Air

Pencemaran Air - Pengertian, Sumber, Komponen, dan Akibat
Komponen Pencemaran Air

Pencemaran air yang terjadi akibat aktivitas rumah tangga, industri dan kegiatan lainnya terjadi karena komponen yang digunakan dalam aktivitas tersebut. Komponen yang bisa diuraikan (organik) dan yang tidak bisa diuraikan (anorganik) sangat berbahaya dan merusak kondisi air.

1. Pestisida

Pestisida dengan semua jenisnya sangat berdampak buruk bagi kualitas air. Penggunaan pestisida untuk aktivitas pertanian, peternakan dan perikanan yang sangat ekstrem dan melewati ambang batas dapat menyebabkan pencemaran air. Selain itu cara penggunaan dan pembuangan limbah yang tidak tepat menjadi penyebabnya.

2. Pembersih

Bahan-bahan pembersih yang biasa digunakan sehari-hari juga menyebabkan kualitas air menjadi menurun. Bahan pembersih seperti shampo, detergen dan bahan pembersih lainnya menjadi bagian dari pencemaran air.

3. Zat Pewarna Kimia

Penggunaan bahan pewarna dibutuhkan setiap hari. Baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri. Jika pengolaannya tidak tepat maka akan menjadi sumber pencemaran air yang sangat parah.

4. Limbah Makanan

Limbah makanan meskipun termasuk limbah organik dan dapat diurai dengan cepat. Namun keberadaan bakteri pembusuk yang mempercepat penguraian makanan dapat menyebabkan pencemaran air. Selain itu bau tidak sedap dari aktivitas pembusukan juga mencemari lingkungan, udara.

5. Limbah Organik

Semua limbah organik yang dapat diurai dengan cepat oleh bakteri pengurai jika dibuang ke dalam air akan menyebabkan meningkatkatnya jumlah mikroorganisme. Peningkatan jumlahnya akan menyebabkan kualitas air menjadi tidak sehat untuk digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

6. Limbah Anorganik

Limbah anorganik yang tidak mudah disusupi oleh bakteri pembusuk sehingga sangat sulit diuraikan. Limbah yang berasal dari aktivitas rumah tangga dan industri ini sangat jelas mempengaruhi penurunan kualitas air.

Akibat Pencemaran Air

Pencemaran Air - Pengertian, Sumber, Komponen, dan Akibat
Akibat Pencemaran Air

Pencemaran air memiliki dampak yang sangat buruk. Bukan hanya pada ekosistem air tetapi juga pada manusia dan makhluk lain yang pada dasarnya membutuhkan air untuk hidup. Berikut ini dampak atau akibat dari pencemaran air.

1. Gangguan Ekosistem

Pencemaran air menyebabkan gangguan ekosistem pada air. Menyebabkan kematian pada hewan air karena kadar oksigen dalam air menjadi berkurang.

2. Pertumbuhan Parasit

Akibat lainnya adalah pertumbuhan parasit dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Air yang mengandung bakteri dan virus tidak layak untuk dikonsumsi. Namun karena parasit ini tidak terlihat dan tidak merubah warna air maka bisa sangat berbahaya.

3. Pendangkalan Air

Pendangkalan air terjadi karena pembuangan limbah industri yang tidak dapat diurai dengan cepat. Hal ini terjadi karena pembuangan sampah di sembarang tempat. Sistem saluran air yang tidak memadai dan lain sebagainya.

4. Penyebab Penyakit

Akibat terakhir dan puncak dari akibat pencemaran air adalah timbulnya penyakit. Penyakit yang bisa diderita oleh manusia, hewan air, dan hewan lainnya yang mengonsumsi air yang sudah tercemar.

Penanganan Pencemaran Air

Pencemaran Air - Pengertian, Sumber, Komponen, dan Akibat
Penanganan Pencemaran Air

Masalah pencemaran air sebenarnya bisa ditangani. Namun membutuhkan kesadaran masyarakat dan juga perhatian dan kontrol pemerintah. Langkah penanganan pencemaran air bisa dilakukan dengan empat langkah berikut.

1. Penghematan Penggunaan Air

Cara pencegahan yang pertama dan paling sederhana adalah dengan melakukan penghematan penggunaan air setiap hari. Tujuannya adalah untuk menjaga ketersediaan air bersih tetap terjaga. Jadi, pastikan untuk mematikan kran air jika tidak digunakan.

2. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya adalah langkah berikutnya. Butuh kesadaran dari pribadi masing-masing untuk menjaga kesehatan lingkungan. karena sampah merupakan sumber pencemaran air yang sangat tinggi.

3. Penggunaan Pupuk dan Pestisida Yang Tepat

Penggunaan pupuk dan pestisida tentunya tidak dapat dihentikan karena berhubungan dengan hasil panen petani. Namun penggunaannya bisa dilakukan dengan cara yang tepat. Mulai dari persiapan penggunaan sampai selesai penggunaan. Pastikan bahwa limbahnya tidak mencemari air.

4. Hukum

Langkah terakhir untuk memastikan penanganan pencemaran air berjalan efektif adalah pemberian sanksi. Di beberapa kota di Indonesia sudah diberlakukan sanksi bagi yang membuang sampah di sembarang tempat. Selebihnya adalah kembali pada kesadaran masing-masing dan kontrol terhadap peraturan.

Demikian pembahasan tentang pengertian pencemaran air, sumber pencemaran air, komponen pencemaran air, dan akibat pencemaran air. Semoga bisa menambah wawasan dan memberikan kesedaran tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan air.

Baca Juga