Pembelajaran Tematik - Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Ulasan mengenai pengertian dari pembelajaran tematik, tujuan penggunaan pembelajaran tematik,karakteristik pembelajaran tematik , kelebihan pembelajaran tematik dan kelemahan pembelajaran tematik.

Model pembelajaran ini adalah salah satu model pembelajaran yang dapat ditemui pada kelas rendah pada sekolah dasar dimana peserta didik mendapat sajian materi yang beragam dari berbagai mata pelajaran berbeda yang dibingkai dan dirajut dalam satu tema, dan dalam penerapannya masing - masing materi ajar dari mata pelajaran berbeda ini disajikan tanpa sekat pemisah, disampaikan secara terpadu kepada peserta didik.

Pembelajaran Tematik Menurut Pendapat Ahli

Pembelajaran Tematik- Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Pembelajaran Tematik Menurut Pendapat Ahli

Pembelajaran tematik merupakan suatu model pembelajaran dengan fokus pada bahan ajaran. Bahan ajaran disusun secara terpadu dan dirumuskan dalam bentuk tema-tema pembelajaran (Sukmadinata, 2004;197)

Pembelajaran tematik pada dasarnya dimaksudkan sebagai kegiatan pembelajaran dengan memadukan materi dari beberapa mata pelajaran dalam suatu tema (Sukandi dkk, 2001:3)

Pengertian Pembelajaran Tematik

Pembelajaran Tematik- Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Pengertian Pembelajaran Tematik

Dari dua pendapat ahli diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik adalah sebuah model pembelajaran dimana fokus pembelajaran terdapat pada tema atau topik yang merupakan perpaduan dari berbagai materi ajar mata pelajaran yang berbeda. Proses pembelajaran dan penyajian materi tidak dilakukan terpisah antar satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lain, namun dijalankan menyeluruh tanpa sekat dalam satu tema. Pembelajaran tematik ini hanya dapat dilakukan oleh guru kelas sekolah dasar dimana guru kelas sekolah dasar mengampu beberapa mata pelajaran sekaligus. Berbeda dengan guru mata pelajaran, dimana guru tersebut hanya mengampu satu pelajaran.

Namun Jika pengaplikasian, penerapan atau penggunaan pembelajaran tematik tidak dibarengi dengan kepiawaian guru, maka pembelajaran ini tidak akan berjalan efektif dan hanya akan menimbulkan kebingungan pada peserta didik.

Tujuan Penggunaan Pembelajaran Tematik

Pembelajaran Tematik- Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Tujuan Penggunaan Pembelajaran Tematik

Penerapan pembelajaran tematik pada proses pembelajaran adalah untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh pada peserta didik, dimana peserta didik diharapkan mampu melihat dan menyerap secara utuh berbagai materi ajar dari berbagai mata pelajaran berbeda yang diberikan dalam satu bingkai tema tertentu. Penggunaan pembelajaran tematik pada proses pembelajaran juga bertujuan untuk mengajarkan dan mesimulasikan peserta didik pada permasalahan di kehidupan nyata nantinya, dimana masalah di dunia nyata terkadang membutuhkan cara pandang yang menyeluruh, tidak parsial. Cara pandang menyeluruh ini didapatkan dari penerapan pembelajaran tematik, dimana penyajian materi ajar berbeda dari mata pelajaran yang juga berbeda dilakukan sekaligus dalam satu bingkai tema tertentu, tema menjadi titik sentral peserta didik untuk memahami keseluruhan materi ajar yang disajikan.

Karakteristik Pembelajaran Tematik

Pembelajaran Tematik- Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Karakteristik Pembelajaran Tematik

Pembelajaran tematik memiliki karakteristik yang menonjol. Yakni kegiatan proses pembelajaran terpusat pada peserta didik dengan cakupan materi ajar yang begitu luas. Proses penyajian materi dalam pembelajaran tematik pun tidak dilakukan secara bergilir , ataupun bergantian, penyajian materi ajar dilakukan bersama sama dengan materi ajar lain yang memiliki keterkaitan satu sama lain, sehingga peserta didik tidak merasakan “perpindahan” materi ajar yang disajikan oleh guru.

Langkah Penerapan Pembelajaran Tematik

Pembelajaran Tematik- Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Langkah Penerapan Pembelajaran Tematik

Sebelum melaksanakan pembelajaran tematik, guru pengajar menganalisa dan mencari kesamaan kompetensi dasar dari beberapa materi ajar dari mata pelajaran yang berbeda dengan tingkatan semester dan kelas yang sama. Satukan kompetensi dasar tersebut dalam satu tema. Pemilihan tema untuk pembelajaran tematik hendaknya tak terlalu luas, namun masih dapat mengaitkan dan memadukan banyak mata pelajaran seperti tema “kesehatan” dimana di dalam tema ini dapat dimasukkan beberapa materi ajar dari beberapa mata pelajaran yang masih berkaitan dengan kesehatan.

Guru lalu melakukan proses pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat sebelumnya. Selama proses pembelajaran guru menyajikan materi ajar tanpa sekat dimana guru tidak melakukan penghentian proses pembelajaran pada satu materi ajar lalu mengalihkan perhatian peserta didik ke materi ajar selanjutya seperti yang biasa dilakukan dalam proses pembelajaran klasikal. Proses tanpa sekat ini bermakna bahwa penyajian materi ajar dilakukan berkesinambungan tanpa celah, atau berkelanjutan.

Guru dapat memadukan berbagai macam metode pembelajaran dalam menyajikan materi ajar pada peserta didik.Selain untuk melakukan variasi agar proses pembelajaran tidak monoton, penggunaan berbagai macam metode pembelajaran juga dilakukan berdasarkan kebutuhan yang mengacu pada materi ajar yang akan disajikan.

Ditahap akhir pembelajaran , guru melakukan evaluasi ada peserta didik untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menyerap materi ajar, juga menyimpulkan keseluruhan materi ajar yang sudah disajikan.

Kelebihan Penggunaan Pembelajaran Tematik

Pembelajaran Tematik- Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan Penggunaan Pembelajaran Tematik

Penggunaan pembelajaran tematik pada proses pembelajaran dikelas memiliki keunggulan dibanding model pembelajaran lainnya, keunggulan atau kelebihan tersebut antara lain adalah berkurangnya potensi kejenuhan pada peserta didik, hal ini terkait dengan proses pembelajaran yang berjalan dengan tidak monoton pada satu materi ajar saja.

Baca Juga : Model Pembelajaran Kooperatif - Pengertian, Pendapat Ahli, Tujuan, karakteristik, kelebihan dan kelemahan

Kelemahan Penggunaan Pembelajaran Tematik

Pembelajaran Tematik- Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Kelemahan Penggunaan Pembelajaran Tematik

Salah satu kelemahan yang akan muncul ketika menggunaan pembelajaran tematik pada proses pembelajaran adalah manajemen waktu, hal ini sebenarnya terkait dengan kepiawaian guru dalam membimbing , menyajikan materi ajar dan mengarahkan peserta didik untuk tetap melakukan kegiatan yang terarah. Jika peserta didik tidak terawasi maka kegiatan yang dilakukan akan tidak terarah dan memicu munculnya kegaduhan selama proses pembelajaran.

Kelemahan lainnya adalah guru membutuhkan waktu lebih lama untuk menyiapkan, menganalisa dan mencari kesamaan kompetensi dasar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran nantinya. Jika guru tidak piawai dalam mengolah kompetensi dasar untuk dikumpulkan dalam satu tema, maka persiapan rencana pelaksanaan pembelajaran pun menjadi terhambat yang dapat berakibat pada tertundanya proses pembelajaran.

Demikian ulasan mengenai pengertian pembelajaran tematik, tujuan penggunaan pembelajaran tematik,karakteristik pembelajaran tematik , kelebihan pembelajaran tematik dan kelemahan pembelajaran tematik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga