Pengertian Pelangi, Jenis, Mitos, dan Proses Terjadinya
Selain indah terlihat, kemunculan pelangi juga selalu diidentikkan dengan mitos turunnya bidadari dari khayangan. Pelangi yang biasanya terlihat di langit ternyata juga bisa dibuat sendiri lho.

Pengertian Pelangi

Pengertian pelangi adalah sebuah fenomena alam berupa bias warna- warni yang muncul di langit. Pelangi merupakan peristiwa optik berupa dispersi cahaya yang muncul akibat adanya pertemuan cahaya sinar matahari dengan air hujan. 

Pada dasarnya warna pelangi ada tujuh yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu, pink, dan ungu. Nama warna ini pun biasanya disingkat jadi mejikuhibiniu. 

Kampung Pelangi di Semarang
Kampung Pelangi di Semarang

Jenis Pelangi

1. Pelangi Kabut

Pelangi Kabut
Pelangi Kabut

Pelangi yang muncul karena adanya kabut. Jenis pelangi ini biasanya terbentuk di daerah pegunungan, sekitar air terjun dengan cuaca dingin. Penampakan pelangi kabut biasanya lebih tipis (soft) dimana warna birunya lebih dominan dengan sembraut merah pada bagian atas. 

2. Pelangi Ganda

Pelangi Ganda
Pelangi Ganda

Pelang yang muncul pada umumnya berbentuk seperempat lingkaran. Namun kadang pula bisa berupa setengah lingkaran dan nampak seperti dua pelangi yang disatukan. Hal ini biasanya terjadi jika terjadi pembiasan cahaya berkali- kali. Sayangnya jenis pelangi ini tak bisa bertahan lama.

3. Pelangi Sirkular

Fenomena pelangi berbentuk lingkaran penuh memang sangat jarang terjadi. Jika pun ada bentuknya lebih kecil dan dekat dari awan. Jenis pelangi ini biasanya hanya bisa terlihat dari sudut pandang tertentu.

4. Pelangi Kembar

Pelangi Kembar
Pelangi Kembar

Pelangi jenis ini sangatlah langka sebab hanya bisa terjadi di iklim dan daerah tertentu saja.

5. Pelangi Satu Warna

Kadangkala pelangi yang muncul di langit hanya nampak satu warna. Biasanya hanya berupa semberaut merah ataupun jingga. Hal ini bisa terjadi jika gelombang cahaya yang bertemu dengan titik air berlangsung singkat. Pelangi jenis ini muncul jika matahari muncul sebentar lalu tiba- tiba hujan ataupun sebaliknya.

6. Pelangi Ekstra Warna

Pelangi jenis ini penampakannya berupa pelangi utuh dengan 7 warna tetepi ditambah warna lain di bagian bawahnya. Biasanya berupa tambahan warna hijau, pink dan ungu. Pelangi ekstrak warna terjadi, jika terjadi gerimis dan sedikit berangin.

7. Pelangi Bulan

Pelangi yang nampak mengelilingi sinar bulan. Biasanya terjadi saat bulan purnama. Kadang terlihat cahaya warna – warni kadang pula hanya berupa cahaya putih.

8. Pelangi Api (Circum Horizontal Arc)

Pelangi Api
Pelangi Api

Pelangi yang bentuknya seperti api di atas langit. Hal ini bisa terjadi jika dibantu dengan awan cirrus.

9. Pelangi Sundgogs

Pelangi yang hanya ada di daerah bersalju. Sundogs sendiri terjadi jika sinar matahari bisa menembus udara yang tengah diselimuti salju. Pelangi yang muncul pun biasanya berupa garis kecil saja pada bagian samping sinar matahari.

Mitos Tentang Pelangi

1. Pot Emas di Akhir Pelangi

Dari perihal pelangi yang tak bisa ditemukan ujungnya muncullah mitos dari Irlandia tentang pot emas. Konon ujung pelangi yang terlihat di Irlandia selalu berakhir di kuburan pot emas yang dahulu pernah dicuri. 

2. Bentuknya Lingkaran

Konon bentuk pelangi yang sebenarnya adalah berbentuk lingkaran. Tapi yang tampak hanya sebagian karena sudut pandang dari permukaan bumi (di atas tanah) tidak memungkinkan pelangi terlihat sempurna. Banyak yang percaya jika orang yang sedang berada di langit seperti lagi di pesawat bisa melihat kesempurnaan bentuk pelang ini. 

3. Pelangi Tak Hanya 7 Warna

Pelangi
Pelangi

Beberapa kalangan percaya bahwa warna pelangi sebenarnya ada banyak. Hanya saja yang tampak dari pandangan mata manusia berupa 7 warna yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, pink, dan ungu. 7 warna ini sendiri dikenal sebagai spektrum cahaya putih yang dibiaskan oleh media lain.

4. Melihat Pelangi Yang Sama

Anda akan melihat bentuk pelangi yang sama meski sudah bergerak ke tempat lain. Posisinya mungin akan bergeser, tapi yang tampak dari sudut pandangan Anda, bentuk pelangi akan terlihat sama walaupun dilihat dari tempat berbeda.

5. Bidadari Berselendang

Mitos ini paling populer di Indonesia. Beberapa orang percaya bahwa saat pelangi muncul, ada 7 bidadari turun dari kayangan untuk mandi. Dipercaya berjumlah 7 sesuai jumlah warna pelangi. Konon, orang bisa menemukan bidadari tersebut di ujung pelanginya.

6. Pelangi Hanya Muncul Saat Ada Hujan

Memang benar pelangi hanya bisa tercipta saat ada percikan air. Namun jangan salah, bukan hanya hujan, udara dingin dan kabut pun bisa jadi media terbentuknya pelangi. Hal ini dikarenakan pada kabut dan udara bersalju pun titik air bisa muncul berupa uap. 

Baca juga : Pengertian Hujan, Jenis, Manfaat, Proses Pembentukan, dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

7. Pelangi Tak Bisa Diciptakan

Beberapa orang percaya bahwa manusia tak bisa membuat sendiri fenemona alam ini. Faktanya Anda bisa menciptakan pelangi dengan mudah. Anda bisa mengambil selang untuk menyeprotkan air kemudian berdirilah membelakangi sumber cahaya matahari. Perhatikan dengan seksama, dari percikan- percikan air akan muncul bias cahaya berwarna- warni. Atau jika ingin lebih mengikuti percobaan yang lebih ilmiah. Anda bisa menciptakan pelangi dengan menyediakan alat seperti panci yang diisi air, cermin, dan kertas putih. 

8. Pelangi Hanya Muncul Pad Siang Hari

Faktanya, pelangi juga bisa muncul di malam hari dengan bantuan sinar bulan.

Proses Terjadinya Pelangi 

Memahami proses terbentuknya pelangi sebenarnya sangatlah muda. Jika ada sinar matahari lalu bertemu titik air (kabut, awan, hujan), maka cahaya yang terbentur setelah pertemuan tersebut akan merubah jadi 7 warna. Intinya cahaya matahari dibiaskan saat bertemu titik air. Pelangi adalah warna cahaya matahari yang dipantulkan oleh titik air tadi.

Ilustrasi Proses Terbentuknya Pelangi
Ilustrasi Proses Terbentuknya Pelangi

Pelangi pada dasarnya hanya pembiasaan cahaya yang terjadi jika melewati media tertentu. Media ini bisa berupa air, kabut, maupun benda berwujud bening seperti kaca dan cermin. Jadi pelangi pun bisa dibuat sendiri dengan alat tertentu.

Loading...

Baca Juga