Pekerjaan - Pengertian, Hal-Hal Yang Dibutuhkan, Jenis, Contoh, dan Cara Mendapatkannya
Pekerjaan adalah kegiatan utama yang dilakukan manusia agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, hal-hal yang dibutuhkan, jenis, contoh, dan cara mendapatkan pekerjaan berikut ini.

Setiap orang membutuhkan pekerjaan agar bisa mendapatkan uang dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, kita tak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini, ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan manusia untuk menghasilkan uang. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, hal-hal yang dibutuhkan, jenis, contoh, dan cara mendapatkan pekerjaan berikut ini.

Pengertian Pekerjaan

Pekerjaan - Pengertian, Hal-Hal Yang Dibutuhkan, Jenis, Contoh, dan Cara Mendapatkannya
Pengertian Pekerjaan

Pekerjaan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setiap manusia demi menjaga kelangsungan hidup atau demi memenuhi berbagai jenis kebutuhan hidup. Dengan kata lain, pekerjaan adalah kegiatan utama yang dilakukan manusia agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dalam arti sempit, pekerjaan adalah segala aktivitas yang bisa menghasilkan uang. Sedangkan dalam arti luas, pekerjaan adalah segala kegiatan yang dilakukan manusia, baik itu secara individu atau kelompok, yang menghasilkan produk berupa barang atau jasa sehingga mendapat penghasilan dan dapat dijadikan sebagai mata pencaharian.

Hal-Hal Yang Dibutuhkan Dalam Pekerjaan

Pekerjaan - Pengertian, Hal-Hal Yang Dibutuhkan, Jenis, Contoh, dan Cara Mendapatkannya
Hal-Hal Yang Dibutuhkan Dalam Pekerjaan

Berikut ini adalah beberapa kemampuan yang diperlukan agar bisa berhasil atau sukses dalam melakukan suatu pekerjaan:

1. Skill

Skill adalah kemampuan atau keahlian yang dimiliki oleh setiap manusia. Biasanya skill ini diperoleh melalui kegiatan pelatihan dan pendidikan. Contoh: mampu mengoperasikan komputer, mampu mengoperasikan mesin produksi, mampu memperbaiki komputer, dan masih banyak lagi.

2. Pengetahuan

Pengetahuan adalah ilmu dasar yang harus dimiliki seorang pekerja. Karena pengetahuan akan membantu seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah. Selain itu, pengetahuan juga bisa membangun keahlian seseorang dalam bekerja.

3. Dapat Bekerjasama

Kemampuan untuk bekerjasama dengan orang lain merupakan jenis kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Karena ada banyak pekerjaan di dunia ini yang tidak bisa dilakukan secara individu. Mau tak mau, pekerjaan tersebut harus dilakukan dengan cara bekerjasama dengan orang lain.

Kemampuan bekerjasama ini sebaiknya juga disertai dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Meskipun kamu tidak setuju, cobalah untuk menghargai pendapat orang lain yang bekerjasama dengan dirimu. Hal ini akan membantu kalian untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat.

4. Jujur

Kejujuran merupakan sikap yang sangat penting dalam bekerja. Jika kita jujur, kita akan dipercaya oleh banyak orang dan lebih dihormati saat bekerja.

5. Sopan Santun

Sopan santun juga sangat penting saat bekerja. Orang yang sopan dan santun akan lebih dihargai oleh atasan, rekan kerja, atau nasabah.

6. Sikap Pantang Menyerah

Sikap pantang menyerah merupakan sikap yang perlu dimiliki agar kamu bisa meraih kesuksesan dalam bekerja. Permasalahan akan selalu ada dalam dunia kerja. Hal ini tidak bisa kamu selesaikan begitu saja hanya dengan mengandalkan skill dan juga pengetahuan. Kamu harus memiliki sikap pantang menyerah dan berdaya juang tinggi untuk memecahkan masalah tersebut.

Jenis-Jenis Pekerjaan (Beserta Contohnya)

Pekerjaan - Pengertian, Hal-Hal Yang Dibutuhkan, Jenis, Contoh, dan Cara Mendapatkannya
Jenis-Jenis Pekerjaan (Beserta Contohnya)

Secara umum, pekerjaan dibagi menjadi dua jenis yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa.

1. Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang

Pekerjaan yang menghasilkan barang merupakan jenis pekerjaan di mana kamu akan mendapat uang jika menjual suatu barang. Contohnya antara lain:

  • Petani

Petani merupakan pekerjaan yang mulia. Tanpa petani, manusia akan kesulitan untuk mencari dan mendapatkan bahan pangan. Barang yang dihasilkan oleh petani biasanya adalah hasil pertanian seperti beras, buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain sebagainya. Hasil pertanian ini biasanya akan dijual oleh petani ke pasar terdekat untuk mendapatkan uang.

  • Peternak

Seorang peternak bertugas merawat dan memelihara hewan-hewan ternak hingga dewasa, kemudian menjual hewan atau hasil hewan seperti telur, daging, susu, dll ke pasar terdekat untuk mendapatkan uang.

  • Tukang Kayu

Tukang kayu bertugas membuat perabotan dari bahan dasar kayu. Mereka mengubah kayu menjadi meja, pintu, lemari, kusen, dan lain-lain sesuai pesanan konsumen.

  • Nelayan

Nelayan biasanya tinggal di wilayah pantai dan bertugas untuk menangkap hewan laut, seperti ikan, udang, cumi-cumi, dan lain sebagainya.

2. Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa

Meski tidak menghasilkan barang, hasil dari pekerjaan ini bisa dirasakan oleh orang lain. Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa:

  • Guru
Pekerjaan - Pengertian, Hal-Hal Yang Dibutuhkan, Jenis, Contoh, dan Cara Mendapatkannya
Guru

Guru merupakan jenis pekerjaan yang dilakukan dengan cara memberikan ilmu pengetahuan kepada para murid. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang sangat penting dalam suatu negara karena berdampak pada kualitas sumber daya manusia yang ada di sebuah negara.

  • Dokter

Dokter bertugas mengobati pasien yang terluka / sakit. Dokter umumnya bekerja di rumah sakit, puskesmas, ataupun membuka tempat praktek sendiri. Ada banyak sekali jenis dokter, seperti dokter umum, dokter spesialis THT, dan lain sebagainya.

  • Sopir

Sopir bertugas mengantarkan penumpang ke tempat yang mereka inginkan. Ada yang mendapat penghasilan dari bayaran yang diberikan penumpang, tapi ada juga yang bekerja pada majikan tertentu dan memperoleh gaji per bulannya.

  • Tukang Service

Tukang service mendapatkan uang setelah memperbaiki barang yang rusak. Contohnya seperti tukang service komputer, tukang service AC, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Chatting - Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dampak Negatif, dan Contoh Aplikasinya.

Cara Mendapat Pekerjaan

Pekerjaan - Pengertian, Hal-Hal Yang Dibutuhkan, Jenis, Contoh, dan Cara Mendapatkannya
Cara Mendapatkan Pekerjaan

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa membantumu dalam mendapatkan pekerjaan:

1. Cari lowongan kerja yang relevan

Relevan di sini artinya carilah lowongan pekerjaan yang memang sesuai dengan keahlian dan pengalamanmu.

2. Buat surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja yang dibuat sebaiknya menggunakan bahasa yang formal dan profesional. Cobalah untuk memberi gambaran tentang kelebihanmu sebagai calon pekerja.

3. Siapkan diri untuk wawancara

Pastikan bahwa kamu telah mengingat apa yang kamu tulis dalam surat lamaran serta cobalah untuk berlatih menjawab pertanyaan yang biasanya diajukan saat wawancara. Jangan lupa juga untuk berpenampilan profesional di hari wawancara. Usahakan agar penampilanmu tetap rapi dan bersih sehingga menimbulkan kesan positif di mata orang lain.

Baca Juga