Pengeritian Pegunungan, Proses Terjadinya, Jenis, dan Contohnya
Pegunungan merupakan kumpulan dari sejumlah gunung, baik itu gunung besar ataupun gunung kecil, yang memanjang dan menyatu dalam satu kesatuan yang utuh. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, proses terjadinya, jenis-jenis, dan contoh pegunungan berikut ini.

Bentang alam di daerah daratan berbeda-beda dari segi ketinggiannya. Ada tempat yang posisinya lebih tinggi daripada tempat lainnya. Begitu juga sebaliknya, ada pula tempat yang posisinya lebih rendah daripada daerah sekitarnya. 

Hal inilah yang menyebabkan munculnya bagian bumi bernama dataran tinggi, dataran rendah, lembah, pegunungan, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang pegunungan. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, proses terjadinya, jenis-jenis, dan contoh pegunungan berikut ini.

Pengertian Pegunungan

Pegunungan - Pengertian, Proses Terjadinya, Jenis, dan Contohnya
Pengertian Pegunungan

Pegunungan termasuk bentang alam yang tersebar luas di berbagai daerah di dunia. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali pegunungan. Bisa dikatakan hampir semua pulau pasti memiliki pegunungan. Selain mengandung banyak kekayaan alam, pegunungan juga memiliki pemandangan yang sangat indah.

Tak heran bila pegunungan sering dijadikan sebagai tempat wisata bagi orang kota yang ingin merasakan indahnya dan sejuknya alam Indonesia. Ketika akhir pekan atau musim liburan, banyak wisatawan, baik itu wisatawan lokal atau wisatawan asing, yang mengunjungi daerah pegunungan.

Berikut ini adalah beberapa pengertian pegunungan yang perlu kamu ketahui:

1. Pegunungan merupakan kumpulan dari sejumlah gunung, baik itu gunung besar ataupun gunung kecil, yang memanjang dan menyatu dalam satu kesatuan yang utuh.

2. Pegunungan adalah dataran yang menjulang tinggi.

3. Pegunungan adalah rangkaian dari beberapa gunung.

4. Pegunungan diartikan sebagai area geografis, di dalamnya terdapat beberapa gunung yang berkaitan secara geologis.

5. Pegunungan adalah rangkaian gunung yang berhubungan satu sama lain dan membentuk garis panjang gunung-gunung.

6. Pegunungan adalah barisan dari gunung-gunung yang ada dalam suatu wilayah.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan kalau pegunungan adalah rentetan beberapa gunung yang membentuk suatu bentang alam. Meski terdengar mirip, pegunungan sebenarnya berbeda dengan gunung. Sebab, gunung hanyalah suatu bentuk permukaan bumi yang posisinya lebih tinggi dari apa yang ada di sekitarnya. Selain itu, pegunungan tidak bisa melakukan erupsi ataupun mengeluarkan magma seperti yang dilakukan oleh gunung berapi yang berstatus aktif.

Proses Terbentuknya Pegunungan

Pegunungan - Pengertian, Proses Terjadinya, Jenis, dan Contohnya
Proses Terbentuknya Pegunungan

Pegunungan bukanlah buatan manusia. Pegunungan terbentuk melalui sejumlah proses alam, yakni melalui proses tektonisme (proses pergerakan lempeng teknonik yang mengakibatkan naik turunnya permukaan bumi). Untuk lebih jelasnya, simak tiga proses terbentuknya pegunungan berikut ini:

1. Proses sedimentasi

Proses pertama yang terjadi untuk membentuk suatu pegunungan adalah proses sedimentasi (batuan sedimen). Proses ini merupakan proses di mana sungai membawa endapan menuju daerah daratan, atau proses di mana endapan dilemparkan saat gunung berapi tengah meletus. Endapan ini nantinya akan menumpuk dan berubah menjadi batu endapan yang semakin lama ukurannya semakin besar.

2. Pergerakan lapisan kerak

Setelah batu endapan terbentuk, akan terjadi proses pergerakan lapisan kerak. Proses ini akan mendesak batu endapan tersebut hingga terhimpit atau terlipat.

3. Tekanan besar

Setelah terlipat, maka terjadilah tekanan besar yang mengakibatkan lapisan batu tersebut menjadi terangkat. Hal ini akan membentuk barisan gunung, atau yang dikenal dengan istilah pegunungan.

Baca Juga: Rumah Sakit - Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Bentuk Kepemilikan, dan Jenisnya.

Jenis-Jenis Pegunungan

Pegunungan - Pengertian, Proses Terjadinya, Jenis, dan Contohnya
Jenis-Jenis Pegunungan

Di mata manusia, sebuah pegunungan mungkin terlihat sama atau mirip dengan pegunungan lain. Kendati demikian, pegunungan sebenarnya berbeda-beda. Pegunungan bahkan dikelomookkan beberapa jenis menurut ketinggian yang dimiliki pegunungan tersebut. Simak beberapa jenis pegunungan berikut ini.

1. Pegunungan rendah

Pegunungan rendah adalah jenis pegunungan dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi. Suatu pegunungan dikategorikan sebagai pegunungan rendah jika ketinggiannya berkisar antara 500 hingga 1500 meter di atas permukaan air laut.

2. Pegunungan tinggi

Pegunungan ini adalah kebalikan dari pegunungan rendah. Tingginya di atas pegunungan rendah, yakni di atas 1500 meter di atas permukaan air laut. Wah, tinggi sekali ya?

Contoh Pegunungan

Pegunungan - Pengertian, Proses Terjadinya, Jenis, dan Contohnya
Contoh Pegunungan

Berikut ini adalah beberapa contoh pegunungan yang terkenal di dunia:

1. Pegunungan Himalaya

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan nama pegunungan Himalaya. Pegunungan yang memiliki puncak berupa Gunung Everest ini termasuk tempat yang memiliki gunung tertinggi di dunia. Panjang dari pegunungan ini diketahui sekitar 1491 mil!

2. Pegunungan Andes

Selain pegunungan Himalaya, pegunungan Andes juga sangat terkenal. Panjangnya sekitar 4300 mil, membuatnya dikategorikan sebagai pegunungan tertinggi di dunia. Puncak dari pegunungan Andes adalah Gunung Aconcagua, yang tingginya sekitar 22.841 kaki!

3. Pegunungan Kaukasus

Pegunungan - Pengertian, Proses Terjadinya, Jenis, dan Contohnya
Pegunungan Kaukasus

Pegunungan ini berada di benua Eropa. Di dalam pegunungan ini, terdapat beberapa gunung yang tertinggi di Eropa. Pegunungan ini menjadi terkenal karena memiliki banyak keanekaragaman hayati di dalamnya.

4. Pegunungan Everest

Pegunungan ini merupakan pegunungan tertinggi di dunia. Posisinya berada di benua Asia, antara Tibet dan Nepal. Butuh waktu berbulan-bulan jika kamu ingin mencapai puncak dari pegunungan ini, sebab puncaknya adalah puncak tertinggi yang ada dalam alam semesta.

5. Pegunungan Hindukush

Pegunungan Hindukush terletak di kawasan Asia Selatan. Pegunungan ini dikenal oleh dunia karena potensi alam, serta udara sejuk dan asri yang menjadi ciri khasnya selama ini.

6. Pegunungan Diuata

Pegunungan ini membentang sepanjang pantai timur Pulau Mindanao. Puncaknya berupa Gunung Apo yang memiliki ketinggian hingga 2954 meter di atas permukaan air laut.

7. Pegunungan Ural

Pegunungan Ural adalah alah satu pegunungan tertua di benua Eropa. Pegunungan ini membentang dari daerah Kazakh hingga pesisir Samudera Arktik. Puncaknya berupa gunung Narodnaya, yang ketinggiannya sekitar 1895 meter di atas permukaan air laut.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, proses terjadinya, jenis-jenis, dan contoh pegunungan yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai pegunungan.

Baca Juga