Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri, Faktor Penyebab Terbentuknya, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Pasar oligopoli termasuk salah satu jenis pasar persaingan tidak sempurna, di mana produk yang dijual sifatnya homogen (sulit dibedakan) meskipun produsennya berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian pasar oligopoli berikut ini.

Ada beberapa jenis pasar di dunia ini, salah satunya adalah pasar oligopoli. Pasar yang satu ini biasanya menjual barang seperti sepeda motor, rokok, sabun, air mineral, dan lain sebagainya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian pasar oligopoli, ciri pasar oligopoli, faktor penyebab terbentuknya pasar oligopoli, jenis-jenis pasar oligopoli, kelebihan pasar oligopoli, dan kekurangan pasar oligopoli berikut ini.

Pengertian Pasar Oligopoli

Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri, Faktor Penyebab Terbentuknya, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Pengertian Pasar Oligopoli

Kata oligopoli sebenarnya berasal dari dua kata, yaitu “oligos” yang artinya banyak dan “polein” yang artinya menjual. Secara umum, pasar oligopoli diartikan sebagai jenis pasar di mana hanya terdapat beberapa penjual dengan banyak pembeli di pasar. Pasar oligopoli termasuk salah satu jenis pasar persaingan tidak sempurna, di mana produk yang dijual sifatnya homogen (sulit dibedakan) meskipun produsennya berbeda-beda. Pada pasar ini, umumnya jumlah penjualnya lebih dari dua, tetapi kurang dari sepuluh. Berikut ini adalah pengertian pasar oligopoli menurut para ahli:

1. Menurut Sadono Sukirno

Pengertian pasar oligopoli menurut Sadono Sukirno adalah pasar yang terdiri dari beberapa produsen saja.

2. Menurut Wilson Bangun

Pengertian pasar oligopoli menurut Wilson Bangun adalah pasar yang termasuk dalam jenis pasar persaingan tidak sempurna. Pasar ini memiliki penjual yang jumlahnya lebih sedikit apabila dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna, tetapi lebih banyak daripada pasar monopoli.

3. Menurut Sa’adah Fauziah

Pengertian pasar oligopoli menurut Sa’adah Fauziah adalah pasar yang tidak sempurna karena pasar tersebut hanya terdiri atas beberapa penjual yang ingin menguasai pasar, dan produk yang dijual sifatnya homogen.

Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri, Faktor Penyebab Terbentuknya, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli memiliki sejumlah ciri khusus yang membedakannya dengan pasar jenis lain. Berikut ini adalah ciri-ciri pasar oligopoli:

1. Pasar dikuasai oleh beberapa penjual (produsen).

2. Produk yang diperjualbelikan sifatnya homogen (sulit untuk dibedakan kualitasnya), tapi coraknya bisa saja berbeda.

3. Harga produk yang ditawarkan antar produsen biasanya sama.

4. Kebijakan yang dibuat oleh salah satu produsen akan mempengaruhi kebijakan produsen lain.

5. Harga pasar umumnya mengikuti harga produsen terbesar (yang produknya paling laris manis).

6. Agak sulit bagi produsen baru untuk berjualan di pasar oligopoli karena konsumen cenderung tetap membeli produk dari produsen langganannya. Konsumen merasa sudah percaya dengan produsen tersebut dan juga produk dari produsen lain dianggapnya sama saja.

7. Promosi dan inovasi merupakan jenis strategi yang sangat penting dalam pasar oligopoli. Produsen sengaja melakukan strategi tersebut dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari produsen lain.

Faktor Penyebab Terbentuknya Pasar Oligopoli

Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri, Faktor Penyebab Terbentuknya, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Faktor Penyebab Terbentuknya Pasar Oligopoli

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan terbentuknya pasar oligopoli:

1. Efisiensi skala besar. Efisiensi skala besar di sini maksudnya adalah efisiensi dari segi teknik (teknologi) dan efisiensi ekonomi (biaya produksi). Keuntungan hanya bisa diperoleh jika perusahaan melakukan efisiensi. Efisiensi teknis berkaitan dengan penggunaan teknologi dalam proses produksi. Sedangkan efisiensi ekonomi berkaitan dengan kemampuan produsen dalam menempatkan sumber daya secara optimal.

2. Kompleksitas manajemen. Struktur pasar oligopoli ditandai dengan persaingan harga dan non-harga. Produsen yang satu harus memperhitungkan setiap keputusan dengan cermat agar tidak menimbulkan reaksi yang merugikan dari produsen pesaing. Dalam pasar oligopoli, produsen dituntut untuk memiliki kemampuan manajemen yang sangat baik sehingga bisa bertahan dalam dunia perdagangan.
Jenis-Jenis Pasar Oligopoli

Secara umum, ada dua jenis pasar oligopoli, antara lain sebagai berikut:

1. Pasar Oligopoli Murni (Pure Oligopoli)

Pasar oligopoli murni merupakan jenis pasar oligopoli di mana produk barang yang dijual sifatnya identik, sehingga sangat sulit untuk membedakan barang yang dijual oleh produsen yang satu dengan produsen lain, baik itu dari segi kualitas ataupun corak yang dimilikinya. Kita hanya bisa mengenali produk dari merek yang tertera dalam produk tersebut. Conto pasar oligopoli murni adalah pasar yang menjual air mineral, semen, seng, dan lain sebagainya.

2. Pasar Oligopoli Terdiferensiasi (Differentiated Oligopoly)

Pasar oligopoli terdiferensiasi merupakan jenis pasar oligopoli di mana barang yang dijual sifatnya homogen, sulit untuk membedakan kualitasnya, tapi mudah untuk membedakan coraknya. Contohnya adalah pasar yang menjual sepeda motor (bisa dibedakan dari bentuknya), pasar yang menjual sabun (bisa dibedakan dari aromanya), rokok (bisa dibedakan dari rasanya), dan lain-lain.

Kelebihan Pasar Oligopoli

Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri, Faktor Penyebab Terbentuknya, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Kelebihan Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli memiliki sejumlah kelebihan, seperti:

1. Kualitas produk yang ditawarkan adalah kualitas terbaik. Inovasi produk telah menjadi salah satu faktor penting dalam pasar oligopoli. Karena itulah, pengembangan produk terus dilakukan oleh pihak produsen sehingga kualitas produk yang tersedia adalah kualitas terbaik.

2. Harga produk yang ditawarkan biasanya sesuai dengan keinginan konsumen. Jika pihak produsen sampai mematok harga produk yang terlampau tinggi, maka konsumen bisa saja lari ke produsen lain yang harganya lebih murah.

3. Ada beragam jenis pilihan terhadap produk yang ingin dibeli.

Baca Juga: Pengertian Reklamasi, Tujuan, Manfaat, Dampak, Proses dan Metode, Serta Contohnya.

Kekurangan Pasar Oligopoli

Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri, Faktor Penyebab Terbentuknya, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Kekurangan Pasar Oligopoli

Selain kelebihan, tentu saja pasar oligopoli juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki pasar oligopoli:

1. Produsen baru sulit untuk masuk dan berjualan di pasar oligopoli, sehingga perkembangan ekonomi cenderung lambat karena persaingan hanya terjadi di antara beberapa produsen.

2. Kebijakan yang dibuat oleh produsen terbesar di antara beberapa produsen akan sangat mempengaruhi pasar.

3. Modal yang digunakan untuk mempromosikan produk sangat banyak sehingga sering dianggap sebagai pemborosan uang.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian pasar oligopoli, ciri pasar oligopoli, faktor penyebab terbentuknya pasar oligopoli, jenis-jenis pasar oligopoli, kelebihan pasar oligopoli, dan kekurangan pasar oligopoli yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai pasar oligopoli.

Baca Juga