Pengertian Pasar Monopoli, Ciri, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Pasar monopoli merupakan jenis pasar di mana hanya terdapat satu produsen besar yang menguasai pasar untuk seluruh konsumennya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian pasar monopoli berikut ini.

Ada beberapa jenis pasar di dunia ini, salah satunya adalah pasar monopoli. Pasar yang satu ini hanya memiliki satu penjual sebagai pihak yang menguasai pasar. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian pasar monopoli, ciri pasar monopoli, jenis pasar monopoli, kelebihan pasar monopoli, dan kekurangan pasar monopoli berikut ini.

Pengertian Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli, Ciri, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Pengertian Pasar Monopoli

Kata monopoli sebenarnya berasal dari bahasa Yunani “monos” yang artinya satu dan “polein” yang artinya menjual. Secara umum, pasar monopoli diartikan sebagai jenis pasar di mana hanya terdapat satu produsen besar yang menguasai pasar untuk seluruh konsumennya. Produsen yang menguasai pasar ini memiliki kekuatan yang besar, telah dikenal luas oleh masyarakat, dan juga mempunyai keuangan yang memadai. Hal ini membuat produsen baru (yang memiliki modal kecil) sulit untuk mengalahkan produsen tersebut. Berikut ini adalah pengertian pasar monopoli menurut para ahli:

1. Menurut Sadono Sukirno

Pengertian pasar monopoli menurut Sadono Sukirno adalah pasar di mana hanya terdapat satu penjual saja dan penjual ini menjual barang yang tak memiliki barang pengganti yang sangat dekat.

2. Menurut Boediono

Pengertian pasar monopoli menurut Boediono adalah pasar di mana hanya ada satu penjual sehingga tak ada orang lain yang bisa menyainginya.

3. Menurut Wilson Bangun

Pengertian pasar monopoli menurut Wilson Bangun adalah pasar yang bertolak belakang dengan pasar persaingan sempurna karena hanya memiliki satu penjual saja.

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli, Ciri, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Pasar monopoli memiliki sejumlah ciri khas yang membedakannya dengan pasar jenis lain. Berikut ini adalah ciri-ciri pasar monopoli:

1. Hanya ada satu produsen tunggal yang menguasai pasar monopoli.

2. Jenis barang yang dijual tidak ada penggantinya (sulit untuk menemukan penggantinya).

3. Ada banyak hambatan yang akan dijumpai perusahaan baru untuk tumbuh dan berkembang dalam pasar monopoli.

4. Pihak yang menentukan harga barang adalah pihak produsen yang menguasai pasar.

5. Promosi dan iklan tak begitu penting untuk dilakukan karena pihak produsen penguasa telah dikenal luas oleh masyarakat. Mereka tak lagi melakukan promosi terhadap produk utamanya. Promosi dilakukan hanya untuk produk baru ataupun produk unggulan.

6. Pemerintah tak terlibat atau ikut campur secara langsung dalam kegiatan pasar monopoli.

7. Produsen yang menguasai pasar telah memiliki kekuatan besar, keuangan yang baik, hak cipta atas produk yang ia jual, dan telah dikenal luas oleh masyarakat.

8. Kemampuan dan keinginan konsumen tidak akan mempengaruhi harga pasar.

Jenis-Jenis Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli, Ciri, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Jenis-Jenis Pasar Monopoli

Pasar monopoli dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Monopoli pemerintah dan negara

Monopoli pemerintah dan negara dilakukan oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting dengan tujuan untuk memenuhi kepentingan masyarakat. Monopoli ini umumnya memberi pengaruh positif kepada masyarakat karena mereka tidak mengutamakan keuntungan dalam menjalankan kegiatan ekonominya.

2. Monopoli secara alamiah

Monopoli secara alamiah bisa terjadi karena adanya pengaruh iklim, sumber daya alam, ataupun kondisi alam tertentu yang tidak dimiliki pihak lain sehingga produsen atau pihak yang memiliki akses terhadap kekayaan tersebut bisa melakukan monopoli dan menguasai pasar.

3. Monopoli karena hak atas kekayaan intelektual

Ada beberapa jenis hak yang bisa diperole produsen atas produknya, seperti:

a. Hak cipta. Hak cipta merupakan hak eksklusif yang bisa mengatur penggunaan hasil penuangan ide atau informasi tertentu atas karyanya. Jika ingin memperbanyak atau membatasi karya tertentu, maka orang lain wajib mendapat izin dari pihak pemegang hak cipta tersebut.

b. Hak paten. Hak paten merupakan hak eksklusif yang diberikan negara kepada seorang penemu atas hasil penemuannya dalam bidang teknologi untuk periode waktu tertentu.

c. Hak merk. Hak merk merupakan hak eksklusif yang terdaftar dalam daftar umum merk selama jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri merk tersebut atau memperbolehkan pihak lain untuk menggunakannya.

4. Monopoli karena efisiensi kerja

Efisiensi kerja artinya kemampuan perusahaan untuk memproduksi barang berkualitas bagus dengan dana yang rendah sehingga bisa dijual ke publik dengan harga seminim mungkin. Metode produksi seperti ini biasanya hanya diketahui oleh perusahaan tersebut dan barang yang diproduksi akan memiliki hak cipta. Perusahaan lain tidak tahu metode produksi tersebut dan membuat produk sejenis dengan biaya yang relatif tinggi sehingga mereka akan mengalami kalah saing dari segi harga. Karena itulah, perusahaan yang memiliki kemampuan efisiensi kerja yang baik bisa menguasai pasar.

5. Monopoli karena bahan baku

Bahan baku merupakan bahan dasar yang bisa bersumber dari berbagai tempat, di mana bahan tersebut bisa diolah dengan proses tertentu untuk menghasilkan produk baru yang bentuk dan wujudnya berbeda. Penguasaan bahan baku oleh produsen tertentu juga bisa menciptakan pasar monopoli. Karena terkadang ada bahan baku yang sulit ditemukan dan hanya ada di tempat tertentu, maka biasanya akan ada satu produsen besar yang menguasai bahan baku tersebut. Hal ini akan memicu terbentuknya kegiatan monopoli oleh perusahaan tersebut.

Kelebihan Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli, Ciri, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Kelebihan Pasar Monopoli

Pasar monopoli memiliki sejumlah kelebihan, seperti:

1. Produsen tetap melakukan kreativitas dan inovasi demi mempertahankan posisinya sebagai pihak penguasa sehingga kualitas barang tetap bagus dan berkembang.

2. Tidak akan terjadi pertikaian dan persaingan tidak sehat di antara produsen.

3. Adanya sistem hak paten atau hak cipta atas suatu produk akan memotivasi pihak lain untuk menciptakan produk baru yang bisa bersaing dengan produk tersebut.

4. Jika pihak yang melakukan monopoli adalah badan usaha milik pemerintah, maka akan lebih mudah untuk memenuhi kepentingan umum.

Baca Juga: Pengertian Reklamasi, Tujuan, Manfaat, Dampak, Proses dan Metode, Serta Contohnya.

Kekurangan Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli, Ciri, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Kekurangan Pasar Monopoli

Sedangkan kekurangan yang dimiliki pasar monopoli antara lain:

1. Memicu perkembangan pasar gelap dan transaksi barang yang ilegal karena barang yang sulit diperoleh atau harga barang yang terlampau mahal.

2. Produsen memiliki kekuatan yang mutlak sehingga konsumen bisa saja mendapat perilaku tidak adil dari pihak produsen.

3. Tidak ada pilihan lain untuk menggantikan produk tersebut sehingga keinginan konsumen tak terlalu berpengaruh dalam pasar monopoli.

4. Unsur eksploitasi yang dilakukan oleh produsen sangat kuat.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian pasar monopoli, ciri pasar monopoli, jenis pasar monopoli, kelebihan pasar monopoli, dan kekurangan pasar monopoli yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai pasar monopoli.

Baca Juga