Pengertian Organisme, Ciri, Klasifikasi, dan Jenisnya
Organisme diartikan sebagai makhluk hidup yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling berkaitan dan saling bekerja sama demi meraih suatu tujuan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian organisme berikut ini.

Organisme bukanlah kata yang asing lagi dalam kehidupan manusia. Kata organisme biasanya dikenal dengan istilah makhluk hidup. Ada banyak sekali jenis organisme di sekitar kita, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian organisme, ciri-ciri organisme, klasifikasi organisme, dan jenis-jenis organisme berikut ini.

Pengertian Organisme

Pengertian Organisme, Ciri, Klasifikasi, dan Jenisnya
Pengertian Organisme

Secara umum, organisme diartikan sebagai makhluk hidup yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling berkaitan dan saling bekerja sama demi meraih suatu tujuan. Berikut ini adalah pengertian organisme menurut para ahli:

1. Menurut Helena Curtis

Pengertian organisme menurut Helena Curtis adalah sesuatu yang tumbuh dan berkembang, bisa bereproduksi, merespons saat diberi rangsangan, serta bisa beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya.

2. Menurut Dwijoseputro

Pengertian organisme menurut Dwijoseputro adalah sesuatu yang melakukan metabolisme, bisa bergerak, bisa tumbuh, bisa bereproduksi, dan memberikan respon (responsif).

3. Menurut Kimball

Sedangkan pengertian organisme menurut Kimball adalah sesuatu yang sifatnya rumit, responsif, bisa berevolusi, melakukan proses metabolisme, dan bisa bereproduksi.

Ciri-Ciri Organisme

Pengertian Organisme, Ciri, Klasifikasi, dan Jenisnya
Ciri-Ciri Organisme

Berikut ini adalah ciri-ciri organisme yang perlu kamu ketahui:

1. Setiap organisme terbuat dari sebuah struktur, yang biasa disebut dengan istilah sel.

2. Setiap organisme bisa berkembang biak atau menghasilkan keturunan dengan materi genetiknya yang dikenal dengan sebutan DNA.

3. Memberikan respon atau peka terhadap rangsangan yang berasal dari lingkungan di sekitarnya. Setiap organisme memiliki kemampuan untuk menerima dan memberikan respon terhadap rangsang. Hal ini disebut dengan istilah iritabilitas. Setiap organisme memiliki kemampuan memberikan respon yang berbeda-beda satu sama lain.

4. Melakukan metabolisme di dalam sel tubuh mereka.

5. Bernafas. Bernafas atau respirasi merupakan proses masuknya udara berupa oksigen dari luar ke dalam tubuh organisme, serta mengeluarkan udara dari dalam paru-paru.Udara yang dikeluarkan adalah udara yang mengandung zat karbondioksida dan uap air.

6. Bergerak. Bergerak merupakan perpindahan posisi, baik itu seluruh ataupun sebagian tubuh makhluk hidup setelah mendapat rangsangan tertentu. Perpindahan seluruh bagian tubuh hanya terjadi pada manusia dan hewan. Contohnya seperti manusia yang berjalan, ikan yang berenang, dan lain sebagainya.

7. Memerlukan makanan (nutrisi). Setiap organisme pasti membutuhkan makanan agar bisa bertahan hidup. Makanan tersebut dibutuhkan sebagai sumber energi dalam melakukan proses-proses kehidupan. Cara mendapatkan makanan hingga cara makan yang dimiliki setiap organisme berbeda-beda. Manusia dan hewan mendapatkan makanan dari makhluk hidup lain. Sedangkan tanaman bisa menghasilkan makanan sendiri dengan cara fotosintesis.

8. Bisa beradaptasi. Yang namanya organisme harus bisa menyesuaikan diri (adaptasi) dengan lingkungan di sekitarnya agar bisa bertahan hidup. Jika proses adaptasinya sukses, maka organisme tersebut bisa bertahan lama. Jumlah populasinya juga akan semakin lama semakin banyak. Sedangkan jika organisme tersebut gagal beradaptasi, maka hidupnya akan terancam. Bahkan, spesiesnya akan terancam punah!

Klasifikasi Organisme

Pengertian Organisme, Ciri, Klasifikasi, dan Jenisnya
Klasifikasi Organisme

Berdasarkan ada atau tidaknya membran inti, jumlah sel, dan jenis nutrisi yang digunakan, organisme dikelompokkan ke dalam lima kerajaan, yaitu sebagai berikut:

1. Kingdom Monera

Ciri-ciri kingdom monera:

a. Mempunyai struktur sel primitif, kurang membran nuklir (prokariota).

b. Sebagian besar organisme di kelompok ini termasuk uniseluler (memiliki satu sel saja).

c. Memiliki dua filum utama, yaitu bakteri (heterotrofik) dan alga biru-hijau (autotrofik).

2. Kingdom Protista

Ciri-ciri kingdom protista:

a. Mempunyai membran di sekitar inti sel (eukariotik).

b. Didominasi oleh organisme uniseluler (memiliki satu sel saja).

c. Memiliki dua filum utama, yaitu protozoa (heterotrofik) dan alga (autotrofik).

3. Kingdom Fungi (Jamur)

Ciri-ciri kingdom fungi:

a. Mempunyai membran di sekitar inti sel (eukariotik).

b. Menyerap makanan dari lingkungan di sekitarnya (heterotrofik).

c. Disusun dalam filamen berinti banyak. Contohnya seperti cetakan roti (multiseluler), ragi (uniseluler), dan jamur (multiseluler).

4. Kingdom Plantae (Tumbuhan)

Pengertian Organisme, Ciri, Klasifikasi, dan Jenisnya
Kingdom Plantae (Tumbuhan)

Ciri-ciri kingdom plantae:

a. Mempunyai membran di sekitar inti sel (eukariotik).

b. Organisme multiseluler (memiliki banyak sel).
c. Bisa menghasilkan makanan sendiri (autotrofik).

5. Kingdom Animalia (Hewan)

Kingdom animalia merupakan kingdom terbesar. Ciri-cirinya antara lain sebagai berikut:

a. Mempunyai membran di sekitar inti sel (eukariotik).

b. Organisme multiseluler (memiliki banyak sel).

c. Tak bisa membuat makanan sendiri. Organisme di kelompok ini menyerap makanan dari lingkungan di sekitar mereka (heterotrofik).

Baca Juga: Pengertian Jurnalistik, Sejarah, Produk Utama, Aktivitas, dan Jenisnya.

Jenis-Jenis Organisme

Pengertian Organisme, Ciri, Klasifikasi, dan Jenisnya
Jenis-Jenis Organisme

Organisme terbagi dalam dua jenis, yaitu organisme autotrof dan organisme heterotrof.

1. Organisme Autotrof

Organisme autotrof merupakan jenis organisme yang mempunyai kemampuan untuk menyediakan makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari dan juga klorofil. Organisme autotrof dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu organisme fotoautotrof yang memproduksi makanan dengan cara fotosintesis, dan oganisme kemoautotrof yang menghasilkan makanan melalui energi kimia seperti bakteri nitrosomoan.

2. Organisme Heterotrof

Sedangkan organisme heterotrof merupakan jenis organisme yang tak mempunyai kemampuan untuk menghasilkan makanannya sendiri. Contohnya seperti manusia dan hewan. Berdasarkan makanannya, organisme heterotrof dibagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain karnivora, herbivora, dan omnivora. Karnivora merupakan kelompok makhluk hidup pemakan daging. Herbivora merupakan kelompok makhluk hidup pemakan tumbuhan. Omnivora merupakan kelompok makhluk hidup pemakan hewan dan tumbuhan. Sedangkan berdasarkan perannya, organisme heterotrof dibagi menjadi detrivora, scavenger, predator, dan parasit.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian organisme, ciri-ciri organisme, klasifikasi organisme, dan jenis-jenis organisme yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai organisme.

Baca Juga