Pengertian Organisasi - Unsur, Jenis dan Manfaat
Memahami organisasi sangat penting karena kemungkinan besar semua orang akan tergabung dalam sebuah organisasi. Untuk memahami apa itu organisasi, silahkan simak pembahasan lengkap tentang pengertian organisasi, unsur, jenis, dan manfaat organisasi berikut ini!

Organisasi tentunya bukan sebuah kata yang asing lagi. Bahkan mungkin anda sudah pernah menjadi bagian dari sebuah organisasi tertentu. Bahkan pada dasarnya kita semua berada pada sebuah organisasi besar yaitu negara Indonesia. Maka tentunya pengetahuan tentang organisasi menjadi hal yang harus dipahami.

Untuk memahami apa itu organiasi, silahkan simak pembahasan tentang pengertian organiasi, unsur-unsur organisasi, jenis organiasi, dan manfaat organisasi berikut ini!

Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi - Unsur, Jenis dan Manfaat
Pengertian Organisasi

Untuk mengetahui pengertian organisasi silahkan simak beberapa pendapat para ahli tentang organisasi berikut ini:

  • Max Weber mengatakan bahwa organisasi adalah suatu kerangka hubungan yang terstruktur dimana di dalamnya terdapat tanggung jawab dan wewenang serta pembagian kerja untuk mengeksekusi fungsi tertentu.
  • Menurut Dahlan Bahri Organisasi adalah suatu pengaturan dan penyusunan pada bagian-bagian hingga menjadi satu kesatuan, aturan dan susunan yang berasal pada bagian hingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan bergabung untuk berkerjasama dalam mencapai tujuan bersama.
  • Sedangkan menurut Stephen P. Robbins Organisasi adalah suatu kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan memiliki batasan yang relatif bisa dikenal, dan bekerja atas dasar yang relatif secara terus menerus untuk mencapai tujuan kelompok atau bersama.

Unsur-unsur Organisasi

Pengertian Organisasi - Unsur, Jenis dan Manfaat
Unsur Organisasi

Sebuah organisasi terbentuk karena adanya unsur-unsur pembentuk organisasi. Unsur organisasi ini juga bisa disebut sebagai penyebab sebuah organisasi tersebut ada. Berikut ini adalah unsur-unsur organisasi.

1. Orang

Unsur pertama yang harus ada adalah orang. Orang yang akan menjalankan organisasi tersebut, menetapkan sebuah aturan, dan merumuskan sebuah tujuan yang ingin dicapai.

2. Tujuan

Selanjutnya adalah adanya bersama yang ingin dicapai. Biasanya sebuah organisasi terbentuk karena ada sekolompok orang yang memiliki pemikiran yang sama anda ingin mewujudkannya secara bersama-sama.

3. Kerjasama

Sebagai wadah dari sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama. Maka sebuah organisasi juga terbentuk karena adanya kerjasama dari orang tersebut untuk mewujudkan terbentuknya organiasasi.

4. Peralatan dan Perlengkapan

Unsur berikutnya adalah adanya peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk menjalankan organiasi tersebut. Peralatan dan perlengkapan tersebut sangat penting untuk mencapai tujuan organisasi yang ingin dicapai. Peralatan dan perlengkapan ini biasanya disebut sebagai inventaris organisasi.

5. Lingkungan

Adanya kesamaan lingkungan tempat tinggal juga bisa menjadi penyebab terbentuknya sebuah organisasi. Maka tidak heran ketika ditemukan organisasi dengan label daerah tertentu. Dan salah satu contoh yang paling mudah adalah terbentuknya sebuah negara sebagai organisasi dunia.

6. Kekayaan Alam

Kekayaan alam juga bisa menjadi pengaruh terbentuknya organisasi. Kekayaan alam ini tidak terbatas jadi semua yang ada di alam termasuk air, udara, dan tanah.

7. Kerangka mental

Kerangka mental organisasi menjadi landasan sebuah organisasi dalam menjalankan roda organisasi. Biasaya terletak pada visi organisasi tersebut.

Jenis Organisasi

Pengertian Organisasi - Unsur, Jenis dan Manfaat
Jenis Organisasi

Organisasi terbagi ke dalam beberapa jenis. Pembagian jenis organisasi ini berdasarkan kategori tertentu. Berikut ini beberapa pembagian organisasi berdasarkan kategorinya masing-masing.

1. Berdasarkan Pemegang Pimpinan

Berdasarkan jumlah orang yang memegang puncak pimpinan organisasi dapat dibagi menjadi dua yaitu:

  • Organisasi bentuk tunggal dimana pimpinan organisasi dipegang oleh satu orang.
  • Organisasi bentuk komisi dimana pimpinan organisasi dipegang oleh dewan yang terdiri dari beberapa orang.

2. Berdasarkan Hubungan Personal

Berdasarkan hubungan personal organisasi terbagi menjadi dua yaitu:

  • Organisasi formal yaitu organisasi yang memiliki badan hukum. Contoh organisasi formal adalah organisasi pemerintahan.
  • Organisasi informal yaitu organisasi yang terbentuk tanpa ada badan hukum. Contohnya adalah organisasi berdasarkan hobi.

3. Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai organisasi dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  • Organisasi profit yaitu organisasi yang terbentuk untuk mencari keuntungan.
  • Organisasi nonprofit yaitu organisasi yang tidak mencari keuntungan atau biasa disebut organisasi sosial.

4. Berdasarkan Kehidupan Dalam Masyarakat

Berdasarkan kehidupan dalam masyarakat, organisasi dibuat berdasarkan bidang-bidang tertentu beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Organisasi kesehatan
  • Organisasi pendidikan
  • Organisasi perikanan
  • Organisasi pertanian
  • dan organisasi lainnya

5. Berdasarkan Pelayanan

Berdasarkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat organisasi dapat dibedakan menjadi:

  • Organisasi produksi yaitu organisasi yang memproduksi barang atau jasa untuk dinikmati masyarakat. Contohnya adalah perusahaan pakaian.
  • Organisasi politik yaitu organisasi yang dibentuk untuk tujuan politik. Contohnya adalah partai politik.
  • Organisasi integratif yaitu organisasi yang dibentuk sebagai bentuk integrasi dengan kelompok masyarakat tertentu. Contohnya adalah serikat buruh.
  • Organisasi pemelihara yaitu organisasi yang bertujuan untuk melakukan pemeliharaan terhadap lingkungan masyarakat. Contohnya adalah organisasi lingkungan hidup.

6. Berdasarkan Pemakai Manfaat

Berdasarkan pemakai manfaat organisasi terbagi menjadi:

  • Organisasi yang keuntungannya dinikmati oleh sebagian besar anggotanya contohnya adalah koperasi.
  • Organisasi yang mengutamakan pelayanan kepada pelanggan contohnya adalah perbankan.
  • Organisasi yang berorientasi pada dunia bisnis contohnya adalah perusahaan.
  • Organisasi yang manfaatnya dinikmati oleh masyarakat umum contohnya rumah sakit.

Ciri-ciri Organisasi

Pengertian Organisasi - Unsur, Jenis dan Manfaat
Ciri-ciri Organisasi

Organisasi memiliki ciri-ciri tersendiri sehingga membuatnya berbeda dengan kelompok masyarakat biasa. Jadi tidak semua orang yang berada dalam kelompok tertentu bisa disebut organisasi. Berikut ini adalah ciri-ciri dari sebuah organisasi.

1. Terdiri Dari Dua Orang Atau Lebih

Ciri pertama organisasi adalah terdiri dari dua orang atau lebih yang memiliki struktur dan garis perintah yang jelas. Terdapat pimpinan dan anggota dalam organisasi.

2. Ada Tujuan Yang Ingin Dicapai

Ciri yang kedua dari organisasi adalah memiliki tujuan yang ingin dicapai. Tujuan organisasi berupa tujuan jangka panjang (visi) dan tujuan jangka pendek (misi).

3. Ada Aturan

Ciri yang ketiga dari sebuah organisasi adalah ada aturan yang mengatur anggotanya. Dalam organisasi formal aturan tersebut dimuat dalam anggaran dasar (AD) dan anggara rumah tangga (ART).

4. Ada Pembagian Tugas

Ciri yang keempat adalah adanya pembagian tugas yang jelas pada setiap anggota. Pembagian tugas ini diberikan kepada pemimpin dan seluruh anggota sehingga memungkinkan terjadinya kerjasama dalam mencapai tujuan organisasi.

Manfaat Organisasi

Pengertian Organisasi - Unsur, Jenis dan Manfaat
Manfaat Organisasi

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti (bergabung) dengan sebuah organisasi adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan dalam memecahkan (menyelesaikan) masalah.
  2. Meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan.
  3. Menemukan dan membentuk karakter.
  4. Melatih manajemen waktu.
  5. Melatih jiwa kepemimpinan.
  6. Melatih mental untuk berbicara di depan publik.
  7. Memperluas pergaulan.

Baca juga: 15 Alasan Masuk Organisasi Intra dan Ekstra Kampus.

Demikian pembahasan tentang pengertian organisasi, unsur-unsur organisasi, jenis organisasi, dan manfaat organisasi. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan.

Baca Juga