Pengertian Negara, Unsur, Fungsi, Sifat, Tujuan, dan Bentuknya
Negara merupakan bentuk organisasi, lembaga, atau badan tertinggi yang mempunyai kewenangan untuk mengatur hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian negara berikut ini.

Istilah negara seringkali disamakan dengan bangsa. Padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Bangsa merujuk pada sekumpulan orang, sedangkan negara merujuk pada sebuah organisasi dan sekelompok orang yang ada di dalamnya. Lantas, apa itu pengertian negara yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian negara, unsur-unsur negara, fungsi negara, sifat-sifat negara, tujuan negara, dan bentuk-bentuk negara berikut ini.

Pengertian Negara

Pengertian Negara, Unsur, Fungsi, Sifat, Tujuan, dan Bentuknya
Pengertian Negara

Secara umum, negara diartikan sebagai bentuk organisasi, lembaga, atau badan tertinggi yang mempunyai kewenangan untuk mengatur hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak. Negara memiliki kewajiban untuk melindungi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Berikut ini adalah pengertian negara menurut para ahli:

1. Menurut John Locke

Pengertian negara menurut John Locke adalah badan atau organisasi yang merupakan hasil dari perjanjian masyarakat.

2. Menurut Max Weber

Pengertian negara menurut Max Weber adalah masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam wilayah atau area tertentu.

3. Menurut Mac Iver

Pengertian negara menurut Mac Iver terdiri dari tiga hal, yaitu wilayah, rakyat, dan juga pemerintahan.

4. Menurut Roger F. Soleau

Pengertian negara menurut Roger F. Soleau adalah alat atau wewenang untuk mengatur dan mengendalikan perkara yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat luas.

5. Menurut Prof. M. Soenarko

Pengertian negara menurut Prof. M. Soenarko adalah organisasi masyarakat yang memiliki daerah tertentu, di mana kekuasaannya berlaku sepenuhnya sebagai suatu kedaulatan.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa negara merupakan kumpulan manusia yang menempati wilayah tertentu, dan diatur oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki dua jenis kedaulatan (kedaulatan ke luar dan kedaulatan ke dalam).

Unsur-Unsur Negara

Pengertian Negara, Unsur, Fungsi, Sifat, Tujuan, dan Bentuknya
Unsur-Unsur Negara

Agar bisa disebut negara, sebuah organisasi atau lembaga tertentu harus memenuhi unsur-unsur berikut ini:

1. Penduduk

Penduduk merupakan kumpulan orang yang mendiami dan menetap pada wilayah atau area tertentu dalam jangka waktu lama. Negara harus memiliki penduduk yang telah sepakat untuk bersatu dan setuju untuk menjadi bagian dari negara tersebut.

2. Wilayah

Wilayah adalah daerah yang telah dikuasai atau menjadi teritorial dalam sebuah kedaulatan. Unsur yang satu ini merupakan salah satu unsur paling penting dalam sebuah negara. Wilayah dibagi menjadi tiga bagian, yaitu wilayah darat, laut, dan udara.

3. Pemerintah

Pemerintah adalah pihak yang memegang kekuasaan sekaligus menjalankan roda pemerintahan sebuah negara.

4. Kedaulatan

Kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi yang ada pada suatu negara, yang mengatur semua tata cara penyelenggaraan negara.

Fungsi Negara

Pengertian Negara, Unsur, Fungsi, Sifat, Tujuan, dan Bentuknya
Fungsi Negara

Berikut ini adalah fungsi-fungsi negara yang perlu kamu ketahui:

1. Fungsi Pertahanan dan Keamanan

Negara wajib melindungi warga negaranya dari berbagai ancaman yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri.

2. Fungsi Keadilan

Negara wajib memelihara keadilan bagi setiap warga negaranya.

3. Fungsi Pengaturan dan Keadilan

Negara mempunyai kewenangan dalam membuat aturan perundang-undangan yang berfungsi untuk mengatur dan menjamin rasa keadilan di kalangan masyarakat.

4. Fungsi Kesejahteraan dan Kemakmuran

Negara juga memiliki kewajiban unutk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran warga negaranya.

Sifat Negara

Pengertian Negara, Unsur, Fungsi, Sifat, Tujuan, dan Bentuknya
Sifat Negara

Adapun sifat-sifat yang dimiliki sebuah negara adalah sebagai berikut:

1. Sifat Memaksa

Negara memiliki sifat yang memaksa. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat bisa tunduk dan patuh pada peraturan yang telah diberlakukan oleh negara tersebut.

2. Sifat Monopoli

Negara mempunyai kekuasaan untuk memonopoli atau menguasai sumber daya penting yang menyangkut kepentingan bersama (kepentingan umum).

3. Sifat Totalitas

Sifat totalitas artinya semua hal tanpa terkecuali menjadi wewenang negara.

Tujuan Negara

Menurut pembukaan UUD 1945 alinea keempat, tujuan negara adalah sebagai berikut:

1. Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

2. Memajukan kesejahteraan umum.

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa.

4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Baca Juga: Pengertian Bank Indonesia, Sejarah Berdirinya, Fungsi, Tugas Pokok, Wewenang, Hak, dan Kewajibannya.

Bentuk-Bentuk Negara

Pengertian Negara, Unsur, Fungsi, Sifat, Tujuan, dan Bentuknya
Bentuk-Bentuk Negara

Ada banyak sekali bentuk-bentuk negara di dunia ini, antara lain sebagai berikut:

1. Negara Federal

Negara federal biasanya disebut sebagai negara serikal. Negara ini diartikan sebagai bentuk negara yang terdiri dari beberapa negara bagian. Seluruh negara bagian diatur dengan peraturan yang mengatur tentang kekuasaan pemerintah federal dan pemerintah negara bagian. Dengan kata lain, setiap negara bagian mempunyai pemerintah dan konstitusi tersendiri. Kendati demikian, yang menjalankan hubungan internasional dengan negara lain adalah pemerintah negara federal.

2. Negara Kesatuan

Bentuk negara kesatuan merupakan kebalikan dari bentuk negara federal. Negara ini memiliki satu orang kepala negara yang dibantu oleh sejumlah menteri. Contoh negara kesatuan adalah negara Belanda, Jepang, Italia, Indonesia, dan masih banyak lagi.

3. Negara Konfederensi

Negara konfederensi adalah negara yang terbentuk dari perkumpulan beberapa negara yang membuat perjanjian internasional yang isinya tentang kewenangan tertentu yang diberikan kepada konfederensi. Negara ini berbeda dengan negara federal, karena negara-negara yang tergabung dalam konfederensi mempunyai kedaulatan penuh. Sedangkan negara bagian yang tergabung dalam negara federal tidak memiliki kedaulatan. Bentuk negara ini bertahan hingga abad ke-19.

4. Negara Netral

Negara netral merupakan negara yang berusaha menahan diri agar tidak terlibat dalam konflik internasional. Negara ini mempunyai sifat netral yang dijamin oleh perjanjian internasional. Contohnya adalah negara Austria dan Swiss.

5. Gabungan Negara-Negara Merdeka

Sesuai dengan namanya, bentuk negara ini merupakan gabungan dari negara-negara merdeka yang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu uni riil dan uni personil. Uni riil adalah gabungan dari sejumlah negara yang terbentuk dari perjanjian internasional. Sedangkan uni personil merupakan gabungan dari dua negara merdeka karena mempunyai kepala negara yang sama.

6. Negara Protektorat

Dalam bentuk negara protektoral, ada dua buah negara, di mana negara kolonial berusaha melindungi negara yang ada di bawah kekuasaannya. Karena status mereka yang berbeda, maka tentu saja kewenangan yang mereka miliki juga berbeda. Negara kolonial berhak mengadakan hubungan internasional dengan negara lain, berhak mencampuri urusan internal negara yang ada di bawah kekuasaannya, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian negara, unsur-unsur negara, fungsi negara, sifat-sifat negara, tujuan negara, dan bentuk-bentuk negara yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai negara.

Baca Juga