Pengertian Negara Maju, Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya
Negara maju merupakan negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui penggunaan teknologi canggih dan kemampuan ekonomi yang merata. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian negara maju berikut ini.

Kita sering mendengar istilah negara maju dan negara berkembang. Kendati demikian, masih banyak yang belum paham apa itu pengertian negara maju yang sebenarnya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian negara maju, ciri-ciri negara maju, klasifikasi negara maju, dan contoh negara maju berikut ini.

Pengertian Negara Maju

Pengertian Negara Maju, Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya
Pengertian Negara Maju

Negara maju merupakan negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui penggunaan teknologi canggih dan kemampuan ekonomi yang merata. Istilah ini biasanya dipakai untuk mengelompokkan sejumlah negara yang maju secara ekonomi. Berikut ini adalah pengertian negara maju menurut para ahli:

1. Menurut Ahmad

Pengertian negara maju menurut Ahmad adalah negara yang telah memaksimalkan sektor industri dalam sejumlah bidang.

2. Menurut IMF

Pengertian negara maju menurut IMF adalah negara yang mempunyai standar hidup tinggi melalui perekonomian dan teknologi yang tersebar merata di seluruh wilayahnya.

3. Menurut Wikipedia

Pengertian negara maju menurut Wikipedia adalah negara yang mengalami perkembangan ekonomi yang baik dengan kebijakan dan perwakilan pemerintah yang mengutamakan kepentingan publik.

Ciri-Ciri Negara Maju

Pengertian Negara Maju, Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya
Ciri-Ciri Negara Maju

Berikut ini adalah ciri-ciri yang dimiliki negara maju:

1. Sebagian besar pendapatan negara bersumber dari industri dan jasa

Di negara maju, yang lebih diutamakan negara adalah mata pencaharian di bidang industri, seperti otomotif, kuliner, elektronik, dan lain sebagainya. Selain itu, negara maju biasanya memiliki jasa yang bagus dalam bidang pendidikan, keuangan, dan lain-lain.

2. Pendapatan per kapita tinggi

Karena industri berkembang pesat dan jasanya yang semakin bagus, negara maju memperoleh pendapatan per kapita yang tinggi, bisa lebih dari $11,456.

3. Tingginya tingkat pendidikan

Mutu pendidikan yang bagus juga menunjang perekonomian di negara maju. Dengan kata lain, salah satu faktor yang menyukseskan negara maju adalah bidang jasa pendidikan. Di negara maju, angka buta hurufnya kecil. Selain itu, pemerintah di sana juga mengutamakan kemandirian dan kecakapan hidup siswa.

4. Rendahnya tingkat pengangguran

Mutu pendidikan yang bagus dan jumlah lapangan kerja yang banyak mengakibatkan tingkat pengangguran di negara maju tergolong kecil.

5. Disiplin dan Menghargai Waktu

Disiplin dan menghargai waktu merupakan sikap positif yang kebanyakan dimiiki oleh warga negara maju. Bagaimana tidak? Sejak kecil, mereka sudah ditanamkan sikap disiplin dan menghargai waktu.

6. Perkembangan IPTEK

Pengertian Negara Maju, Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya
Perkembangan IPTEK

Kebanyakan negara maju seperti Jepang memiliki perkembangan teknologi yang begitu pesat. Tak heran bila berbagai sektor perdagangan di bidang teknologi bisa mereka kuasai dengan mudah. Masyarakat juga cenderung menerima perkembangan teknologi karena merasakan sejumlah manfaat, salah satunya mempermudah dan mempercepat pekerjaan mereka.

7. Lambatnya laju pertumbuhan penduduk

Di negara maju, laju pertumbuhan penduduk cukup rendah. Tingkat kelahiran dan tingkat kematian yang rendah membuat negara maju aman dari bahaya kelebihan penduduk. Masyarakat di sana banyak yang menunda usia pernikahan dan memilih untuk fokus berkarier di dunia kerja.

8. Tingkat ekspor lebih tinggi daripada impor

Negara maju sering sekali melakukan ekspor barang, seperti produk otomotif, teknologi, ataupun barang yang diperlukan oleh negara lain. Pasalnya, kualitas barang yang dihasilkan negara maju terbukti bagus dan telah menjadi konsumsi sosial bagi penduduk di negara lain.

9. Sebagian penduduk tinggal di kota

Di negara maju, mayoritas penduduknya tinggal di kota yang memiliki fasilitas lengkap, mulai dari fasilitas kesehatan, pendidikan, transportasi, dan lain sebagainya.

10. Krisis lingkungan bisa dengan mudah diatasi

Jika terjadi krisis lingkungan, negara maju bisa mengatasinya dengan cepat karena beberapa ciri yang telah disebutkan di atas.

Klasifikasi Negara Maju

Pengertian Negara Maju, Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya
Klasifikasi Negara Maju

Ada beberapa indikator yang bisa menentukan apakah suatu negara digolongkan menjadi negara maju atau bukan:

1. Product domestic bruto (PDB)

Product domestic bruto adalah pendapatan suatu negara yang berasal dari barang dan jasa yang diproduksi negara pada periode tertentu. Agar bisa disebut negara maju, sebuah negara harus memiliki tingkat pendapatan yang tergolong tinggi.

2. Pendapatan nasional bruto

Pendapatan nasional bruto merupakan pendapatan yang dihasilkan oleh warga negara tersebut, baik yang ada di wilayahnya ataupun yang berada di luar negeri. Suatu negara digolongkan menjadi negara maju jika memiliki pendapatan nasional bruto yang tinggi.

3. Pendapatan per kapita

Selain product domestic bruto dan pendapatan nasional bruto, ada juga yang dinamakan pendapatan per kapita. Pendapatan ini menjadi tolak ukur yang paling sesuai untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat per individunya. Sebab, pendapatan per kapita merupakan perkiraan pendapatan yang diperoleh oleh setiap individu. Pendapatan ini dihitung dengan menggunakan rumus pendapatan nasional dibagi dengan jumlah penduduk yang mendiami negara tersebut. Suatu negara disebut negara maju jika memiliki pendapatan per kapita di atas garis kemiskinan.

4. Infrastruktur

Yang namanya negara maju, identik dengan teknologi modern serta infrastruktur yang lengkap dan kompleks daripada yang biasa dimiliki oleh negara berkembang. Negara maju juga memiliki banyak bangunan yang didesain modern dan kuat. Selain itu, ada banyak gedung pencakar langit, jalan layang, dan gedung-gedung berdesain baru yang tak bisa kamu temukan di negara berkembang.

5. Tingkat industrialisasi

Berbeda dengan negara berkembang, negara maju lebih mengutamakan bidang industri. Itulah sebabnya industrialisasi di negara maju meningkat dengan sangat pesat. Hal ini didukung oleh berbagai faktor, mulai dari teknologi, sumber daya manusia, peralatan, sumber daya alam, dan lain sebagainya. Pada akhirnya, industri yang maju akan mengakibatkan perekonomian di suatu negara menjadi lebih baik. Bidang industri bisa mengangkat perekonomian negara dengan lebih cepat daripada bidang lainnya.

Baca Juga: Pengertian Negara, Unsur, Fungsi, Sifat, Tujuan, dan Bentuknya.

Contoh Negara Maju

Pengertian Negara Maju, Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya
Contoh Negara Maju

Menurut IMF dan CIA World Factbook tahun 2016, negara yang digolongkan sebagai negara maju adalah Amerika Serikat, Andora, Australia, Austria, Belgia, Belanda, Brunei Darussalam, Denmark, Finlandia, Hongaria, India, Irlandia, Islandia, Inggris, Jerman, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Luksemburg, Monako, Norwegia, Portugal, Perancis, Selandia Baru, Spanyol, Singapura, Swedia, Swiss, Uni Emirat Arab, Vatikan, Yunani, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian negara maju, ciri-ciri negara maju, klasifikasi negara maju, dan contoh negara maju yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai negara maju.

Baca Juga