Pengertian Mutasi, Penyebab Terjadinya, Tujuan, dan Cara dalam Mutasi
Mutasi atau mutasi pegawai merupakan pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan lain, baik itu naik jabatan ataupun turun ke jabatan yang lebih rendah. Jika mutasi tersebut naik ke jabatan lain yang lebih tinggi, maka mutasi itu disebut promosi. Sedangkan mutasi yang sifatnya menurun dikenal dengan sebutan demosi. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian mutasi berikut ini.

Mutasi merupakan hal yang biasa terjadi dalam suatu perusahaan atau organisasi. Karena itulah, istilah mutasi sudah tak asing lagi bagi para karyawan yang pernah atau sedang bekerja di sebuah perusahaan atau organisasi. Mutasi biasanya dilakukan karena ada alasan dan tujuan tertentu. Lantas, apa itu pengertian mutasi yang sebenarnya? Mengapa bisa sampai terjadi mutasi dan sebenarnya mutasi itu menguntungkan atau justru merugikan? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian mutasi, penyebab terjadinya mutasi, tujuan mutasi, dan cara dalam mutasi berikut ini.

Pengertian Mutasi

Pengertian Mutasi, Penyebab Terjadinya, Tujuan, dan Cara dalam Mutasi
Pengertian Mutasi

Mutasi atau mutasi pegawai merupakan pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan lain, baik itu naik jabatan ataupun turun ke jabatan yang lebih rendah. Jika mutasi tersebut naik ke jabatan lain yang lebih tinggi, maka mutasi itu disebut promosi. Sedangkan mutasi yang sifatnya menurun dikenal dengan sebutan demosi. Berikut ini adalah pengertian mutasi menurut para ahli:

1. Menurut Wahyudi

Pengertian mutasi menurut Wahyudi adalah perpindahan pekerjaan seseorang dalam suatu organisasi yang memiliki tingkatan level yang sama dengan posisi pekerjaan sebelum mengalami perpindahan kerja.

2. Menurut Nitisemito

Pengertian mutasi menurut Nitisemito adalah pemindahan karyawan dari satu lokasi ke lokasi lain yang sederajat.

3. Menurut Kadarman

Pengertian mutasi menurut Kadarman adalah kegiatan pemindahan karyawan dari satu jabatan ke jabatan lain secara horizontal tanpa diikuti dengan peningkatan gaji, tanggung jawab, maupun kekuasaan.

4. Menurut Gouzali

Sedangkan pengertian mutasi menurut Gouzali adalah pemindahan karyawan dalam bentuk pengalihan tempat atau pengalihan tugas.

Penyebab Terjadinya Mutasi

Pengertian Mutasi, Penyebab Terjadinya, Tujuan, dan Cara dalam Mutasi
Penyebab Terjadinya Mutasi

Ada beberapa alasan mengapa terjadinya mutasi dalam sebuah perusahaan atau organisasi, antara lain:

1. Keinginan pegawai itu sendiri

Mutasi bisa saja terjadi karena pegawai yang bersangkutan merasa tidak cocok dengan jabatan yang ia pegang saat ini. Contohnya seperti adanya keadaan fisik yang tak memungkinkan, adanya konflik dengan pegawai lain, konflik dengan atasan, konflik dengan bawahan, dan lain sebagainya. Umumnya pemindahan yang terjadi karena keinginan pegawai ini bersifat setarap. Artinya, pegawai tersebut akan dipindahkan ke tingkat jabatan yang sama.

2. Keinginan perusahaan atau organisasi

Perusahaan juga bisa saja melakukan mutasi pegawainya karena alasan:

a. Ingin mengembangkan potensi yang dimiliki pegawai.

b. Untuk menghilangkan rasa jenuh pada diri pegawai.

c. Untuk menjamin dan meningkatkan kepercayaan pegawai terhadap perusahaan kalau mereka tidak akan diberhentikan karena kurangnya kemampuan dalam jabatan yang lama.

Sedangkan menurut Mannopa Arun, mutasi pegawai karena keinginan perusahaan biasanya terjadi karena beberapa hal seperti adanya kebutuhan untuk penyesuaian sementara karena seorang pegawai tidak bisa masuk kerja, adanya kondisi darurat akibat meningkatnya beban kerja, adanya kebutuhan latihan seperti rotasi jabatan, serta kebutuhan dari pekerjaan itu sendiri.

Tujuan Mutasi

Pengertian Mutasi, Penyebab Terjadinya, Tujuan, dan Cara dalam Mutasi
Tujuan Mutasi

Adapun tujuan dari mutasi pegawai adalah sebagai berikut:

1. Untuk meningkatkan produktivitas kerja pegawai.

2. Untuk membina karier pegawai berdasarkan prestasi kerja yang ia miliki.

3. Untuk menghilangkan rasa bosan atau jenuh pada pegawai.

4. Untuk menambah atau melengkapi tenaga ahli pada suatu departemen.

5. Untuk mengisi kekosongan jabatan sehingga stabilitas perusahaan tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: Pengertian Pramuka, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Prinsip Dasar, Metode, dan Keanggotaannya.

Cara Dalam Mutasi

Pengertian Mutasi, Penyebab Terjadinya, Tujuan, dan Cara dalam Mutasi
Cara Dalam Mutasi

Menurut Drs. Manullang, ada tiga macam cara dalam melakukan mutasi pegawai, antara lain:

1. Berdasarkan unit aktivitas di mana pegawai melakukan pekerjaannya

Contohnya seperti pemindahan antar seksi, pemindahan antar bagian, ataupun pemindahan antar perusahaan.

2. Berdasarkan maksud atau tujuan pemindahan

Berdasarkan maksud atau tujuan pemindahannya, cara mutasi pegawai dibedakan menjadi beberapa jenis:

a. Production transfer, merupakan pemindahan pegawai dari suatu jabatan ke jabatan lain yang tingkatannya sama dalam lingkungan dan produksi yang berbeda.

b. Replacement transfer, merupakan pemindahan pegawai yang sudah lama bekerja kepada jabatan yang sama di departemen lain dengan tujuan untuk menggantikan pegawai yang berhenti atau sedikit masa dinasnya. Hal ini bisa terjadi apabila aktivitas perusahaan diperkecil sehingga sebagian karyawan diberhentikan dan hanya karyawan tertentu yang memiliki masa dinas yang lama yang tetap dipekerjakan.

c. Versality transer, merupakan pemindahan pegawai agar pegawai tersebut bisa melakukan pekerjaan atau memiliki keahlian dalam berbagai bidang pekerjaan.

d. Shift transfer, merupakan pemindahan pegawai dari satu shift ke shift lainnya. Contohnya seperti pemindahan pegawai yang sebelumnya shift pagi menjadi shift sore.

e. Remedial transfer, merupakan pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan yang sama dalam departemen lain dengan tujuan agar ia bisa bekerjasama dengan rekan seprofesi atau atasannya. Hal ini terjadi karena pegawai tersebut tak bisa bekerjasama dengan rekan seprofesi atau atasannya sehingga ia dipindahkan ke departemen lain.

3. Berdasarkan lamanya pegawai memangku jabatan baru

Sedangkan berdasarkan lamanya pegawai memangku jabatan baru, maka mutasi pegawai dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

a. Temporary transfer

Merupakan pemindahan pegawai untuk sementara waktu saja. Hal ini terjadi karena orang yang memangku jabatan tertentu tak bisa datang sehingga pekerjaan banyak yang terbengkalai. Akhirnya, untuk sementara waktu, pegawai lain dipindahkan ke jabatan tersebut dan diminta untuk mengerjakan pekerjaan pegawai yang berhalangan hadir tersebut.

b. Permanent transfer

Pengertian Mutasi, Penyebab Terjadinya, Tujuan, dan Cara dalam Mutasi
Permanent transfer

Merupakan pemindahan pegawai untuk menempati jabatan baru untuk selama-lamanya hingga tiba waktunya pegawai tersebut dipindahkan ke posisi lain, baik itu karena promosi ataupun faktor-faktor lainnya.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian mutasi, penyebab terjadinya mutasi, tujuan mutasi, dan cara dalam mutasi yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai mutasi.

Baca Juga