Pengertian Musik Modern, Ciri, Fungsi, dan Jenisnya
Musik modern merupakan jenis musik yang mendapat sentuhan instrumen dan teknologi, yang bukan berasal dari musik masyarakat setempat. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, fungsi, dan jenis musik modern berikut ini.

Ada banyak sekali jenis musik dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah jenis musik modern. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian musik modern, ciri musik modern, fungsi musik modern, dan jenis-jenis musik modern berikut ini.

Pengertian Musik Modern

Pengertian Musik Modern, Ciri, Fungsi, dan Jenisnya
Pengertian Musik Modern

Secara umum, musik modern merupakan jenis musik yang mendapat sentuhan instrumen dan teknologi, yang bukan berasal dari musik masyarakat setempat. Jenis musik ini hadir setelah zaman musik klasik, dan terus mengalami perkembangan hingga saat ini.

Berbeda dengan musik tradisional, musik modern memiliki aturan komposisi seperti tangga nada, notasi, instrumen musik, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, musik modern juga memiliki sifat terbuka. Karena itulah, musik modern bisa terus mengalami perkembangan.

Ciri Musik Modern

Pengertian Musik Modern, Ciri, Fungsi, dan Jenisnya
Ciri Musik Modern

Musik modern memiliki sejumlah ciri yang membedakannya dengan jenis musik lain. Simak beberapa ciri musik modern berikut ini:

1. Liriknya menggunakan bahasa nasional.

2. Musiknya dipengaruhi oleh sentuhan teknologi modern.

3. Biasanya jenis musik ini dikomersialisasi (dijual kepada publik untuk mendapatkan uang).

4. Tempo yang dimiliki musik modern cenderung lebih cepat dan kencang.

5. Musiknya diiringi oleh alat musik modern.

6. Gaya musik modern cenderung lebih bebas dan tidak terikat oleh satu aturan tertentu.

7. Musik modern pada umumnya dipengaruhi oleh kebudayaan luar.

8. Umumnya dibuat dengan tangga tujuh nada (nada diantonis).

9. Identitas pencipta dan penulis lagunya diketahui (bukan anonim).

10. Terkadang musik modern dipengaruhi oleh trend yang sedang berkembang di kalangan masyarakat.

11. Sifatnya tidak tahan lama dan hanya populer dalam kurun waktu tertentu.

12. Tema yang diangkat dalam musik modern cenderung luas (bervariasi).

Fungsi Musik Modern

Pengertian Musik Modern, Ciri, Fungsi, dan Jenisnya
Fungsi Musik Modern

Musik modern memiliki fungsi utama sebagai hiburan atau media ekspresi diri. Kendati demikian, musik modern sebenarnya memiliki banyak fungsi lain. Simak beberapa fungsi musik modern yang ada di bawah ini.

1. Sebagai media hiburan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, musik modern memiliki fungsi utama untuk menghibur para pendengar.

2. Sebagai media promosi

Musik modern juga banyak digunakan untuk mempromosikan sesuatu. Biasanya hal ini terlihat dari isi lirik lagu, atau menggunakan musik yang temanya disesuaikan dengan objek tertentu yang hendak dipromosikan si pemusik.

3. Sebagai media pertunjukan

Musik modern juga bisa digunakan sebagai media pertunjukan. Contohnya saja konser musik. Pertunjukan seperti ini biasanya menarik minat masyarakat sehingga dihadiri oleh banyak penonton.

4. Sebagai sarana ekonomi

Selain menghibur orang, musik modern juga bisa digunakan sebagai sarana ekonomi. Artinya, si pemusik bisa saja mengkomersialisasi musik tersebut, dengan cara menjual rekaman atau mengelar pertunjukan musik dengan menentukan harga tiket masuk.

5. Sebagai media pendidikan

Selain empat fungsi di atas, musik modern juga bisa digunakan sebagai media pendidikan. Sebab, suatu ilmu pengetahuan bisa lebih mudah tersalurkan jika menggunakan musik modern sebagai medianya.

Baca Juga: Pengertian Pegunungan, Proses Terjadinya, Jenis, dan Contohnya.

Jenis-Jenis Musik Modern

Pengertian Musik Modern, Ciri, Fungsi, dan Jenisnya
Jenis-Jenis Musik Modern

Berikut ini adalah jenis-jenis musik modern yang perlu kamu ketahui:

1. Musik pop

Musik pop adalah jenis musik modern yang populer dan banyak dinyanyikan di kalangan masyarakat. Kata 'pop' merupakan singkatan dari kata populer. Karena itulah, musik pop sebenarnya sama dengan musik populer. Adapun contoh penyanyi pop antara lain Michael Jackson, Madonna, Britney Spears, Adele, David Bowie, dan lain sebagainya.

2. Musik Rock

Musik rock mulai dikenal publik sejak pertengahan tahun 50-an. Jenis musik ini dipengaruhi oleh musik R&B, musik country, dan sejumlah pengaruh lain. Adapun contoh penyanyi rock antara lain The Beatles, The Rolling Stone, Led Zeppelin, AC / DC, dan lain-lain.

3. Musik Jazz

Musik jazz berkembang sejak akhir abad ke 19. Genre musik ini berasal dari warga Afrika-Amerika, serta berkembang dari genre musik blues dan ragtime. Adapun contoh penyanyi jazz antara lain Miles Davis, Louis Armstrong, Duke Ellington, Charlie Parker, dan lain sebagainya.

4. Musik Hip Hop

Musik hip hop memiliki ciri khusus yaitu menggunakan teknik rap atau teknik menyanyi secara cepat. Musik ini kemudian menjadi sebuah budaya yang di dalamnya meliputi musik rap, beatbox, musik DJ, tari breakdance, hingga tulisan grafiti. Adapun contoh penyanyi hip hop adalah Jay-Z, Dr. Dre, Eminem, Kanye West, dan lain-lain.

5. Musik R&B

Musik R&B merupakan kombinasi dari genre musik jazz, gospel, dan blues. Jenis musik ini awalnya dikenalkan oleh pemusik asal Afrika-Amerika. Adapun contoh penyanyi musik R&B adalah Usher, Beyonce, Whitney Houston, Mariah Carey, dan masih banyak lagi.

6. Musik Country

Musik country merupakan jenis musik yang berasal dari Amerika Serikat bagian selatan dan daerah Pegunungan Appalachia. Jenis musik ini muncul dan berkembang akibat pengaruh musik gospel dan musik lagu rakyat Amerika.

7. Musik Blues

Pengertian Musik Modern, Ciri, Fungsi, dan Jenisnya
Musik Blues

Musik blues sudah ada sejak akhir abad 19. Musik ini berasal dari Amerika Serikat, dan merupakan hasil pengembangan genre musik folk dan musik tradisional Afrika. Adapun contoh penyanyi musik blues adalah Robert Johnson, Muddy Waters, B.B. King, dan lain-lain.

8. Musik Reggae

Musik reggae merupakan jenis musik modern yang berasal dari Jamaika. Musik ini muncul pada akhir tahun 60-an dan kemudian berkembang di era 70-an. Adapun contoh penyanyi reggae adalah Bob Marley, Jimmy Cliff, Toots Hibbert, Peter Tosh, dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, fungsi, dan jenis-jenis musik modern yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya tentang musik modern.

Baca Juga