Model Pembelajaran - Pengertian, Fungsi, Dan Ragam Menurut Para Ahli
Ulasan mengenai pengertian dari model pembelajaran, pendapat para ahli mengenai model pembelajaran, fungsi model pembelajaran dan ragam dari model pembelajaran.

Penguasaan dan pemahaman mendalam mengenai model pembelajaran perlu dilakukan oleh guru pengajar di segala tingkat pendidikan. Hal ini terkait dengan keefektikan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

Model Pembelajaran Menurut Pendapat Ahli

Model pembelajaran merupakan suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas maupun tutorial (Agus Suprijono,2010)

Model pembelajaran merupakan acuan kepada suatu pendekatan pembelajaran termasuk tujuan, sintaksnya, lingkungan dan sistem pengelolaannya (Slavin,2010)

Model pembelajaran merupakan suatu pendekatan yang luas dan menyeluruh serta dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan pembelajarannya, sintaks (pola urutannya) dan sifat lingkungan belajarnya ( Trianto,2009)

Pengertian Model Pembelajaran

Model Pembelajaran- Pengertian,Pendapat Ahli, Fungsi, Dan Ragam
Pengertian Model pembelajaran

Dengan mengacu pada tiga definisi model pembelajaran oleh para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran adalah suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran yang dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan pembelajarannya, pola urutannya dan sifat lingkungan belajarnya.

Fungsi Model Pembelajaran

Model Pembelajaran- Pengertian,Pendapat Ahli, Fungsi, Dan Ragam
Fungsi model pembelajaran

Model pembelajaran memiliki fungsi sebagai panduan dan pedoman bagi guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi dan beragam dapat mengantisipasi timbulnya kejenuhan yang dapat dialami oleh peserta didik. Jika timbulnya kejenuhan pada peserta didik tidak disadari, maka keefektifan kegiatan pembelajaran akan menurun dan menganggu pencapaian tujuan pembelajaran.Dengan demikian penggunaan model pembelajaran yang bervariasi perlu dilakukan.

Baca juga Metode Demonstrasi - Pengertian, Tujuan, karakteristik, kelebihan dan Kelemahan

Ragam Model Pembelajaran

Model Pembelajaran- Pengertian,Pendapat Ahli, Fungsi, Dan Ragam
Ragam model pembelajaran

Model pembelajaran memiliki beberapa ragam, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Model Pembelajaran Koperatif

Model Pembelajaran- Pengertian,Pendapat Ahli, Fungsi, Dan Ragam
Model pembelajaran kooperatif

Model pembelajaran ini juga dikenal dengan nama Cooperative Learning atau CL. Model pembelajaran kooperatif menyajikan materi ajar dengan cara mengelompokkan peserta didik ke dalam beberapa kelompok dengan pembagian masing - masing anggota kelompok yang heterogen dalam kemampuan, karakter dan gender, dengan tujuan pembiasaan untuk saling berbagi informasi, pengetahuan, pengalaman, tugas dan tanggung jawab.

Kegiatan pembelajaran pada model pembelajararan kooperatif, membimbing peserta didik untuk saling bekerjasama mengkonstruksikan konsep dan menyelesaikan masalah dengan hasil akhir adalah tanggung jawab pelaporan atau presentasi hasil kerja kelompok.

Pola urutan model pembelajaran kooperatif adalah penyajian informasi kepada peserta didik, pengarahan peserta didik, membentuk kelompok heterogen dengan keragaman gender, karakter dan kemampuan anggota kelompok, kerja kelompok, presentasi hasil kerja kelompok dan pelaporan hasil kerja kelompok.

Model Pembelajaran Kontekstual

Model Pembelajaran- Pengertian,Pendapat Ahli, Fungsi, Dan Ragam
Model pembelajaran kontekstual

Model pembelajaran kontekstual atau model pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL) adalah model pembelajaran yang mengaitkan materi ajar dengan konteks kehidupan sehari - hari peserta didik. Model pembelajaran ini dapat diawali dengan sajian lisan seperti tanya jawab yang terkait dengan keseharian peserta didik, sehingga terjadi kesinambungan antara materi yang diajarkan dengan kehidupan nyata. Pada prinsipnya model pembelajaran kontekstual menekankan pada aktivitas peserta didik, dimana model pembelajaran ini membimbing siswa untuk melakukan, mengalami dan mengembangkan kemampuan bersosialisasi.

Model Pembelajaran Langsung

Model Pembelajaran- Pengertian,Pendapat Ahli, Fungsi, Dan Ragam
Model pembelajaran langsung

Model pembelajaran langsung juga dikenal dengan Direct Learning atau DL. Model pembelajaran ini menyajikan pengetahuan yang menjurus pada keterampilan dasar bersifat prosedural dan informatif secara langsung kepada peserta didik. Pola urutan model pembelajaran langsung adalah menyiapkan peserta didik, sajian sajian prosedur dan informasi kepada peserta didik, latihan terbimbing oleh guru kepada peserta didik, refleksi, latihan mandiri yang dilakukan oleh peserta didik, dan evaluasi peserta didik.

Model Pembelajaran Problem Solving

Model pembelajaran problem solving juga dikenal sebagai model pembelajaran pemecahan masalah dimana model pembelajaran ini menitik beratkan pada pencarian atau menemukan cara penyelesaian masalah. Pola urutan model pembelajaran ini adalah sajian permasalahan, secara berkelompok atau secara indivisual peserta didik mengidentifikasikan aturan atau pola yang disajikan, peserta didik lalu mengeksplorasi masalah, menginvestigasi masalah, menduga masalah, dan akhirnya menemukan solusi dari masalah yang disajikan.

Baca Juga : Pengertian Kata Ganti, Jenis dan Contohnya

Model Pembelajaran Masalah Terbuka

Model Pembelajaran- Pengertian,Pendapat Ahli, Fungsi, Dan Ragam
Model pembelajaran masalah terbuka

Model pembelajaran masalah terbuka atau yang juga dikenal dengan model pembelajaran open ended adalah model pembelajaran yang menyajikan masalah dengan pemecahan masalah yang beragam.

Model pembelajaran ini melatih menumbuh kembangkan kreativitas, orisinalitas ide serta gagasan peserta didik, sikap kritis peserta didik, komunikasi interaksi antar peserta didik, keterbukaan dan kognitif tinggi peserta didik. Dalam model pembelajaran ini peserta didik dituntut untuk melakukan improvisasai dalam mengembangkan cara, pendekatan atau metode yang digunakan untuk memperoleh jawaban. Jawaban yang diberikan oleh peserta didik diharapkan beragam sesuai dengan metode, cara atau pendekatan yang dipilih oleh peserta didik.

Dalam model pembelajaran ini jawaban bukanlah hasil akhir penilaian peserta didik, namun penjelasan peserta didik atas proses pencapaian jawaban juga menjadi ranah yang masuk dalam penilaian. Dengan demikian model pembelajaran ini lebih mengutamakan proses daripada produk akhir olah pikir.

Pola urutan model pembelajaran problem terbuka adalah guru menyajikan masalah kepada peserta didik, pengorganisasian pembelajaran yang akan diterima oleh peserta didik, mencatat respon yang diberikan oleh peserta didik, bimbingan dan pengarahan pada peserta didik, dengan hasil akhir adalah membuat kesimpulan atas apa yang telah dilakukan.

Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Model Pembelajaran- Pengertian,Pendapat Ahli, Fungsi, Dan Ragam
Model pembelajaran berbasis masalah

Model pembelajaran ini juga dikenal dengan nama model pembelajaran Problem based learning ( PBL) dimana model pembelajaran ini merangsang kemampuan berpikir tinggi peserta didik dengan melatih kemampuan penyelesaian masalah yang berorientasi pada masalah kehidupan nyata peserta didik. Kondisi yang harus dipertahankan dalam penerapan model pembelajaran ini adalah suasana terbuka, nyaman,dan menyenangkan. Pemertahanan kondisi ini bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir peserta didik.

Baca Juga