Model Pembelajaran PBL - Pengertian, Tujuan,Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Ulasan mengenai pengertian model pembelajaran problem based learning, tujuan penggunaan model pembelajaran problem based learning,karateristik, kelebihan dan kelemahan model pembelajaran problem based learning

Model Pembelajaran Problem Based Learning atau yang lebih dikenal dengan model pembelajaran PBL ini memang masih terdengar asing ditelinga, namun jika diterapkan dengan benar maka hasil yang didapatkan juga setimpal. Tak berbeda jauh dengan model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran problem based learning ini juga menuntut pengelompokkan pada peserta didik. Namun dalam model pembelajaran PBL, pokok utama yang menjadi permasalahan adalah masalah yang dihadapi oleh peserta didik.

Model Pembelajaran Problem Based Learning Menurut Pendapat Ahli

Model Pembelajaran PBL- Pengertian, Tujuan,Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Model Pembelajaran Problem Based Learning Menurut Pendapat Ahli

Problem Based Learning (PBL) adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki ketrampilan untuk memecahkan masalah (Kamdi, 2007: 77)

Problem Based Learning adalah model pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah, dan memperoleh pengetahuan (Duch, 1995).

Pengertian Model Pembelajaran Problem Based Learning

Model Pembelajaran PBL- Pengertian, Tujuan,Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Pengertian Model Pembelajaran Problem Based Learning

Dengan mengacu pada dua pendapat ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajartan problem based learning adalah model pembelajaran yang memiliki fokus pada pemecahan masalah nyata sehari - hari peserta didik dimana peserta didiklah yang aktif menemukan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapinya dengan guru yang memposisikan diri sebagai pembimbing dan fasilitator dalam proses pembelajaran.

Tujuan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Model Pembelajaran PBL- Pengertian, Tujuan,Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Tujuan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Tujuan penggunaan model pembelajaran problem based learning pada proses pembelajaran adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan permasalahan yang peserta didik alami, meningkatkan keterampilan sosial peserta didik yang didapatkan dari interaksi antar anggota kelompok, memperluas pemahamam kosep belajar pada diri mereka masing - masing, memupuk proses pembelajaran sepanjang hayat dimana masing masing peserta didik akan terus melakukan pemecahan masalah dan menemukan solusi dari masalah yang mereka hadapi sepanjang hayat.

Baca Juga : Model Pembelajaran STAD – Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan

Karakteriatik Model pembelajaran Problem Based Learning

Model Pembelajaran PBL- Pengertian, Tujuan,Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Karakteriatik Model pembelajaran Problem Based Learning

Model pembelajaran problem based learning memiliki karakteristik tersendiri yang tidak nampak pada model pembelajaran lainnya, yakni masalah yang diangkat adalah masalah dalam kehidupan peserta didik dimana guru akan membimbing peserta didik untuk menyelesaikan permasalahannya tersebut. Selain itu model pembelajaran ini juga memupuk kemampuan berpikir secara kritis pada peserta didik. Dalam model pembelajaran ini juga akan dapat ditemukan pengelompokan peserta didik dalam kelompok kelompok kecil dengan anggota kelompok yang terdiri dari beragam karakter, kemampuan dan gender.

Langkah Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Model Pembelajaran PBL- Pengertian, Tujuan,Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Langkah Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Diawal proses pembelajaran, guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan mereka jalani. Hal ini dilakukan untuk tetap mengarahkan fokus peserta didik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Guru dapat melakukan pengelompokan pada peserta didik dengan pembagian anggota kelompok berdasarkan keragaman gender, kemampuan dan karakter.

Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan pengajuan masalah berdasar pada tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan agar pembahasan masalah masih sesuai dengan materi ajar yang akan disajikan. Guru membimbing serta mendorong peserta didik untuk aktif mencari solusi pemecahan masalah yang sedang dihadapi.

Pengajuan masalah dapat diakukan oleh perwakilan kelompok, lalu guru membimbing masing - masing kelompok untuk mencari solusi permasalahan yang sedang dihadapi bersama - sama. Selama kerja kelompok untuk mencari solusi permasalahan akan terjadi interaksi positif antar peserta didik dalam satu kelompok dimana mereka akan saling membantu untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Masing masing kelompok diminta untuk membuat satu hasil kerja kelompok yang nantinya akan di presentasikan.

Pada akhir proses pembelajaran, masing masing kelompok melakukan presentasi hasil kerja kelompok. Hal ini dilakukan sebagai bentuk evaluasi dan pengukuran keterserapan materi ajar.

Kelebihan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Model Pembelajaran PBL- Pengertian, Tujuan,Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Penggunaan model pembelajaran problem based learning pada proses pembelajaran memiliki kelebihan diantara model pembelajaran lainnya, dimana kelebihan itu muncul pada pengaplikasian konsep yang sudah peserta didik pahami sebelumnya. Pengaplikasian konsep ini diterapkan pada saat pencarian solusi dari masalah yang sedang dihadapi oleh peserta didik, sehingga peserta didik dapat memahami secara langsung baagaimana menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Penerapan dan penggunaan model pembelajaran problem based learning yang baik akan memunculkan sikap kritis pada peserta didik saat mencari penyelesaian masalah, sikap kritis ini baik dipupuk sejak dini pada diri peserta didik untuk mempersiapkan mereka ketika kembali ke masyarakat.

Kelemahan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Model Pembelajaran PBL- Pengertian, Tujuan,Karakteristik, Kelebihan dan Kelemahan
Kelemahan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Penggunaan model pembelajaran problem based learning pada proses pembelajaran memiliki kelemahan yang dapat terlihat jika anggota kelompok tidak dapat melakukan kerjasama atau terjadi interaksi negatif antar peserta didik di dalam kelompok, hal ini biasanya terkait dengan pembagian beban kerja pada kelompok yang dianggap tidak adil. Jika tidak segera diatasi atau luput dari pengawasan maka dapat memunculkan potensi kegaduhan yang dapat menghambat proses pembelajaran.

Selain itu guru juga dituntut untuk mampu menguasai dan memahami model pembelajaran ini sebelum menerapkannya pada proses pembelajaran, hal ini dilakukan untuk memastikan guru dapat membawa, membimbing dan mengarahkan proses pembelajaran sebagaimana mestinya. Dikhawatirkan jika guru tidak mampu menguasai model pembelajaran ini maka proses pembelajaran akan menjadi bias dan tidak terarah serta akan membuat peserta didik melakukan interaksi negatif satu sama lain seperti membuat kegaduhan.

Demikian ulasan mengenai pengertian model pembelajaran problem based learning, tujuan penggunaan model pembelajaran problem based learning,karateristik model pembelajaran problem based learning, kelebihan dan kelemahan model pembelajaran problem based learning. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga