Pengertian Modal - Jenis, Sumber, dan Manfaat
Modal bukan hanya sekedar uang, modal bisa berwujud dalam berbagai bentuk. Modal berperan penting dalam mendukung kelancaran proses produksi. Silahkan simak pembahasan lengkap tentang pengertian modal, jenis, sumber dan manfaat modal berikut ini!

Modal merupakan kebutuhan dasar dan awal dalam menjalankan sebuah usaha. Tanpa adanya modal awal maka tidak mungkin sebuah perusahaan bisa melakukan aktivitas produksi. Modal ini bisa berupa tempat, alat, uang dan lain sebagainya yang dibutuhkan dalam melakukan aktivitas usaha. Kebutuhan akan modal bisa didapatkan dari berbagai sumber baik milik pribadi maupun berupa pinjaman dari orang lain atau badan usaha permodalan tertentu.

Silahkan simak pembahasan lengkap tentang pengertian modal, jenis modal, sumber modal, dan manfaat modal berikut ini.

Pengertian Modal

Pengertian Modal - Jenis, Sumber, dan Manfaat
Pengertian Modal

Untuk memahami pengertian modal, silahkan simak pembahasan pengertian modal menurut para ahli berikut ini.

Bambang Riyanto

Menurut Bambang Riyanto modal adalah hasil dari sebuah proses produksi yang dapat digunakan kembali sehingga proses produksi dapat berjalan kembali.

Munawir

Menurut Munawir modal adalah kekayaan sebuah perusahaan. Kekayaan ini, menurutnya, dibagi menjadi kekayaan yang berasal dari luar perusahaan ataupun disetor dan kekayaan hasil aktifitas produksi yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri.

Bakker

Menurut Prof. Bakker modal adalah barang – barang konkret yang masih ada dalam rumah tangga perusahaan yang ada dalam neraca bagian debit, maupun berupa daya beli atau pun nilai tukar barang – barang yang tercatat di neraca bagian kredit.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia modal adalah barang yang biasa digunakan sebagai sebuah dasaran atau bahan sebuah pekerjaan.

Dari pengertian di atas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa modal adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk melakukan proses produksi baik itu berasal dari dalam ataupun dari luar perusahaan.

Jenis Modal

Pengertian Modal - Jenis, Sumber, dan Manfaat
Jenis Modal

Jenis modal dibedakan menjadi dua yaitu modal perorangan dan modal sosial. Pembagian keuntungan didasarkan berdasarkan jenis modal tersebut. Pembahasannya adalah sebagai berikut.

1. Modal Perorangan

Modal perorangan adalah modal yang dimiliki oleh orang-orang tertentu yang digunakan dalam membiayai segala aktivitas perusahaan. Keuntungan dari modal perorangan ada tidak ada bagi hasil dengan pihak lain atas keuntungan yang didapatkan aktivitas perusahaan. Contoh modal perorangan adalah saham, deposito, rumah pribadi dan lain sebagainya yang sifatnya milik pribadi dari pemilik bisnis.

2. Modal Sosial

Modal sosial adalah modal yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat untuk memudahkan proses produksi. Modal sosial ini berupa infrastruktur yang dapat digunakan masyarakat secara umum untuk melakukan proses produksi. Pengelolaan dan pemanfaatan modal sosial ini ditarik dari pajak masyarakat kemudian digunakan untuk pembangunan infrastruktur seperti pasar, pelabulan, jalan raya dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Pajak - Jenis, Fungsi dan Manfaat.

Sumber Modal

Pengertian Modal - Jenis, Sumber, dan Manfaat
Sumber Modal

Sumber modal untuk menjalankan sebuah usaha dapat berasal dari pemilik modal atau perusahaan itu sendiri dan bisa berasal dari luar perusahaan. Pembahasan tentang sumber modal adalah sebagai berikut.

1. Modal Internal

Modal internal adalah modal yang berasal dari dalam perusahaan sendiri. Modal internal memiliki jumlah yang terbatas karena dihitung berdasarkan ketersediaan modal awal pemilik perusahaan dan keuntungan hasil produksi. Menggunakan modal internal dalam menjalankan bisnis biasanya akan sangat lambat berkembang karena mengikuti perputaran uang dari hasil produksi setiap periode tertentu.

2. Modal Eksternal

Modal eksternal adalah modal yang berasal dari luar perusahaan. Modal eksternal ini memungkinkan sebuah perusahaan dapat berkembang dengan cepat karena modal yang didapatkan bisa tidak terbatas. Hanya saja untuk mendapatkan modal eksternal ini dibutuhkan reputasi perusahaan yang baik karena sifatnya adalah pinjaman. Bahkan pemilik modal membutuhkan jaminan tertentu untuk memberikan pinjaman modal.

Bentuk Modal

Pengertian Modal - Jenis, Sumber, dan Manfaat
Bentuk Modal

Bentuk modal dapat dibedakan berdasarkan peran modal tersebut dalam proses produksi. Berdasarkan bentuknya modal terbagi menjadi dua yaitu modal aktif dan modal pasif. Baik modal aktif dan modal pasif dapat dijual kepada pihak lain.

1. Modal Aktif

Modal aktif adalah semua kebutuhan produksi yang dapat dilihat secara kasat mata atau berbentuk benda. Modal aktif ini dibutuhkan secara langsung dalam proses produksi yaitu berupa bahan produksi dan alat-alat produksi. 

2. Modal Pasif

Modal pasif adalah modal yang tidak terlihat secara langsung namun memiliki peran penting dalam produksi, pemasaran dan segala bentuk aktivitas perusahaan. Contoh modal pasif adalah hak cipta dan hak pendirian perusahaan.

Manfaat Modal

Pengertian Modal - Jenis, Sumber, dan Manfaat
Manfaat Modal

Modal sepenuhnya dimanfaatkan untuk memastikan sebuah proses produksi dari sebuah bisnisberjalan lancar. Berikut ini adalah pembahasan tentang manfaat modal berdasarkan peruntukan atau kegunaan modal tersebut.

1. Penyewaan/ Pembelian Tempat

Modal berupa uang dapat digunakan untuk membeli modal baru berupa tempat untuk melakukan proses produksi, penyimpanan dan pemasaran. Tempat produksi sangat penting sesuai dengan jenis produk yang akan dibuat atau jenis usaha yang dijalankan.

2. Pembelian Bahan Produksi

Modal digunakan untuk membeli kebutuhan bahan-bahan produksi. Bahan produksi bisa berupa bahan baku yang akan diolah menjadi sebuah produk ataupun alat yang digunakan untuk mengolah bahan baku. Ketersediaan bahan baku dan alat produksi menjamin produksi akan berjalan lancar sesuai dengan target yang ditentukan.

3. Pembayaran Gaji Karyawan

Modal digunakan untuk melakukan pembayaran gaji karyawan. Modal ini sangat penting karena karyawan adalah tulang punggung dari proses produksi yang jasanya harus dibayarkan tepat waktu berdasarkan perjanjian yang disepakati.

4. Simpanan Untuk Biaya Tidak Terduga

Modal juga dibutuhkan sebagai simpanan untuk mengantisipasi adanya biaya tak terduga. Biaya tak terduga misalnya perbaikan alat, pembayaran atas kenaikan harga bahan baku dan lain sebagainya. Simpanan sangat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan proses produksi dan pemasaran produk.

Baca juga: Pengertian Produksi - Faktor, Fungsi, Tujuan, dan Jenisnya.

Demikian pembahasan tentang pengertian modal, jenis modal, dan manfaat modal. Semoga dapat menjadi referensi dan tambahan pengetahuan terutama dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Baca Juga