Pengertian Mind Mapping, Manfaat, Cara Membuat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Mind mapping adalah metode yang digunakan untuk memaksimalkan potensi otak manusia dengan cara memakai otak kanan dan otak kiri secara simultan. Untuk lebih jelasnya, simak pengertian mind mapping berikut ini.

Istilah mind mapping mungkin masih terdengar asing bagi sejumlah orang. Kendati demikian, metode yang satu ini sering sekali digunakan untuk memaksimalkan potensi otak manusia. Penasaran? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian mind mapping, manfaat mind mapping, cara membuat mind mapping, jenis-jenis mind mapping, kelebihan mind mapping, dan kekurangan mind mapping berikut ini.

Pengertian Mind Mapping

Pengertian Mind Mapping, Manfaat, Cara Membuat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Pengertian Mind Mapping

Pengertian mind mapping adalah metode yang digunakan untuk memaksimalkan potensi otak manusia dengan cara memakai otak kanan dan otak kiri secara simultan. Metode yang satu ini awalnya diperkenalkan pada tahun 1974 oleh Tony Buzan, seorang pakar pengembangan potensi manusia yang berasal dari negara Inggris. Mind mapping juga bisa diartikan sebagai proses pemetaan pikiran untuk menghubungkan konsep permasalahan tertentu dari cabang sel saraf menuju suatu pemahaman. Hasilnya akan dituangkan di atas kertas secara langsung dalam bentuk animasi atau tulisan yang mudah dimengerti oleh si pembuatnya.

Berikut ini adalah pengertian mind mapping menurut para ahli:

1. Menurut Tony Buzan

Pengertian mind mapping menurut Tony Buzan adalah cara mengembangkan pikiran ke berbagai arah, serta menangkap pikiran dalam berbagai sudut. Mind mapping menggunakan cara berpikir yang divergen dan kreatif.

2. Menurut Caroline Edward

Pengertian mind mapping menurut Caroline Edward adalah cara yang paling efektif dan efisien untuk memasukkan, menyimpan, dan mengeluarkan data dari dalam otak. Sistem yang satu ini bekerja sesuai dengan cara kerja otak manusia, sehingga diharapkan bisa mengoptimalkan potensi otak kita.

3. Menurut Melvin L. Silberman

Pengertian mind mapping menurut Melvin L. Siberman adalah cara kreatif untuk peserta didik agar mereka bisa menemukan ide atau merencanakan penelitian baru.

4. Menurut Bobby De Porter

Pengertian mind mapping menurut Bobby De Porter adalah pemanfaatan seluruh bagian otak dengan menggunakan citra visual dan jenis grafis lain dalam membentuk kesan antara otak kiri dan otak kanan sehingga memudahkan proses masuknya suatu informasi ke dalam otak.

Manfaat Mind Mapping

Pengertian Mind Mapping, Manfaat, Cara Membuat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Manfaat Mind Mapping

Tahukah kamu, mind mapping sebenarnya mempercepat kita dalam mempelajari suatu informasi. Hal ini terjadi karena metode mind mapping bisa memberi gambaran tentang suatu hal secara keseluruhan dalam periode waktu yang singkat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan metode mind mapping:

1. Tema utama dari suatu informasi digambarkan dengan sangat jelas karena posisinya yang berada di tengah.

2. Hubungan tiap-tiap informasi bisa dikenali dengan mudah. Selain itu, level kepentingan informasi diidentifikasi dengan sangat baik.

3. Informasi baru bisa digabungkan tanpa harus mengubah struktur mind mapping. Hal ini akan membantu manusia dalam mengingat informasi baru.

4. Setiap mind mapping memiliki sifat yang unik sehingga membantu manusia dalam mengingat informasi baru

5. Mempercepat dalam proses pengingatan karena hanya menggunakan kata kunci.

Cara Membuat Mind Mapping

Pengertian Mind Mapping, Manfaat, Cara Membuat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Cara Membuat Mind Mapping

Mind mapping termasuk alat untuk berpikir kreatif yang cara kerjanya disesuaikan dengan cara kerja otak secara alami. Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana cara membuat mind mapping. Sebenarnya membuat mind mapping itu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut ini adalah cara membuat mind mapping yang perlu kamu ketahui:

1. Siapkan selembar kertas kosong untuk membuat mind mapping.

2. Buat dan pastikan informasi terpenting (tema utama) berada di tengah-tengah.

3. Selain tema utama, buatlah tema turunan atau informasi tambahan yang masih ada hububngannya dengan tema utama.

4. Cari hubungan antar tema dan berikan tanda berupa garis, warna, atau simbol tertentu.

5. Jangan lupa untuk menggunakan huruf besar.

6. Sisakan ruang untuk penambahan tema.

Jenis-Jenis Mind Mapping

Pengertian Mind Mapping, Manfaat, Cara Membuat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Jenis-Jenis Mind Mapping

Berikut ini adalah beberapa jenis mind mapping yang perlu kamu ketahui:

1. Mind map silabus

Mind map silabus merupakan mind mapping yang membantu memberi gambaran kepada manusia tentang objek yang dipelajari. Biasanya mind mapping ini dibuat dalam ukuran besar dan ditempelkan di dinding. Mind map silabus disebut juga dengan istilah mind map makro.

2. Mind map bab

Mind map bab merupakan mind mapping yang dibuat berdasarkan tiap bab yang telah dipelajari. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu meringkas poin-poin atau garis besarnya saja.

3. Mind map paragraf

Mind map paragraf akan memberikan informasi secara lengkap karena di dalamnya berisi ringkasan tiap bab dan juga ringkasan penjelasan. Kamu bisa dengan mudah membuat mind map paragraf dalam buku teks berukuran kecil.

Baca Juga: Pengertian SOP, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Jenisnya.

Kelebihan Mind Mapping

Adapun kelebihan dari mind mapping adalah sebagai berikut:

1. Mempermudah manusia dalam melihat gambaran keseluruhan.

2. Membantu kerja otak dalam mengatur, mengingat, melakukan perbandingan, dan membuat hubungan (koneksi).

3. Mempermudah otak dalam menambahkan informasi baru.

4. Proses pengkajian ulang bisa dilakukan dengan lebih cepat.

5. Masing-masing mind mapping mempunyai sifat yang unik.

Kekurangan Mind Mapping

Pengertian Mind Mapping, Manfaat, Cara Membuat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Kekurangan Mind Mapping

Selain memiliki kelebihan, mind mapping tentu saja juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan mind mapping adalah sebagai berikut:

1. Sebagian waktu terbuang saat melakukan pencarian kata kunci pengingat. Sebab, kata kunci pengingat dipisahkan oleh jarak.

2. Sebagian waktu terbuang saat menulis sejumlah kata yang sebenarnya tidak ada kaitannya dengan ingatan.

3. Sebagian waktu terbuang saat membaca kembali sejumlah kata yang tidak penting (tidak ada manfaatnya).

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, manfaat, cara membuat, jenis, kelebihan, dan kekurangan mind mapping yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai pengertian mind mapping.

Baca Juga