Pengertian Migrasi - Penyebab dan jenisnya
Migrasi terjadi setiap waktu bahkan bisa dikatakan terjadi setiap hari. Perpindahan penduduk ke berbagai daerah dan negara dengan berbagai tujuan. Berikut ini pembahasan lengkap tentang migrasi, penyebab dan jenisnya!

Migrasi merupakan salah satu solusi yang dipilih ketika tempat tinggal tidak lagi menjadi nyaman. Rasa nyaman untuk bekerja, bersosialisai, menjalankan ritual keagamaan dan lain sebagainya. Pilihan untuk berpindah ke daerah terntu bisa di daerah dalam negeri sendiri atau daerah di luar negeri. Perpindahan dilakukan baik dengan inisiatif sendiri maupun dengan adanya campur tangan dari pemerintah.

Untuk memahami migrasi secara lengkap, silahkan simak pembahasan tentang pengertian migrasi, penyebab dan jenisnya berikut ini!

Pengertian Migrasi

Pengertian Migrasi - Penyebab dan jenisnya
Pengertian Migrasi

Migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lainnya dengan tujuan menetap baik atas inisiatif sendiri maupun dengan program pemerintah. Untuk melakukan migrasi maka segala surat-surat untuk keperluan administratif wajib dilengkapi agar menjadi penduduk yang sah di daerah tempat tujuan.

Migrasi dilakukan dengan berbagai alasan dan tujuan tersendiri, sebagian besar karena alasan sosial dan ekonomi. Baik itu karena alasan pribadi dan keinginan pribadi untuk pindah maupun karena inisiatif pemerintah untuk tujuan tertentu. Berikut ini beberapa alasan atau penyebab terjadinya migrasi penduduk.

Lapangan Pekerjaan

Pengertian Migrasi - Penyebab dan jenisnyaPengertian Migrasi - Penyebab dan jenisnya
Mencari Pekerjaan

Lapangan pekerjaan biasanya menjadi alasan yang paling sering menjadi penyebab migrasi. Kurangnya lapangan pekerjaan di daerah asal membuat seseorang memilih untuk mencari pekerjaan di daerah lain. Baik itu di daerah yang masih berada dalam satu wilayah provinsi, negara, sampai yang berbeda negara. Tujuan berpindah dengan alasan mencari pekerjaan tentunya ingin meningkatkan taraf hidup dari segi sosial dan juga ekonomi.

Sumber Daya Alam

Pengertian Migrasi - Penyebab dan jenisnya
Sumber Daya Alam

Alasan berikutnya adalah karena berkurangnya sumber daya alam di daerah yang ditinggali saat ini. Alasan ini biasanya menyebabkan perpindahan penduduk secara besar-besaran untuk mencari daerah atau tempat baru yang memiliki sumber daya alam yang masih banyak dan belum dikelola. Perpindahan juga bisa terjadi karena rusaknya sumber daya alam karena adanya bencana alam sehingga sumber daya alam di daerah tersebut tidak dapat dimanfaatkan.

Pendidikan

Pengertian Migrasi - Penyebab dan jenisnya
Melanjutkan Pendidikan

Alasan terjadinya perpindahan penduduk berikutnya adalah alasan pendidikan. Keinginan seseorang untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah atau universitas yang lebih baik. Mendapatkan fasilitas pendidikan dan tenaga pengejar dengan kompetensi yang lebih baik. Tentunya adalah tujuannya untuk mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan meningkatkan keterampilan lebih baik lagi.

Pandangan Politik

Pengertian Migrasi - Penyebab dan jenisnya
Pandangan Politik

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab perpindahan penduduk adalah adanya perbedaan pandangan politik. Perbedaan ini bisa memberikan tekanan tersendiri apalagi jika menjadi kaum minoritas. Jika tidak tahan dengan adanya perbedaan ini maka solusi yang dipilih adalah berpindah ke tempat yang memiliki pandangan politik yang sama atau paling tidak bisa menerima perbedaan tanpa memberikan tekanan.

Perbedaan Agama

Pengertian Migrasi - Penyebab dan jenisnya
Perbedaan Agama

Sama halnya dengan politik, perbedaan agama juga bisa menjadi alasan seseorang melakukan perpindahan. Ketika merasa agamanya tidak dihargai atau terganggu dalam menjalankan ritual keagamaan. Maka pilihannya adalah berpindah ke tempat yang mayoritas adalah orang-orang yang memeluk agama yang sama.

Hubungan Sosial

Pengertian Migrasi - Penyebab dan jenisnya
Hubungan Sosial

Sebagai makhluk sosial manusia tentunya berharap bisa membangun hubungan sosial yang baik dengan orang lain disekitar. Memilki tetangga yang baik dan peduli, saling tolong menolong dan sebagainya. Namun jika hubungan sosial tidak baik dengan masyarakat sekitar maka bisa menjadi alasan kuat untuk berpindah ke daerah lain.

Kondisi Geografis

Pengertian Migrasi - Penyebab dan jenisnya
Kondisi Geografis

Kondisi geografis suatu daerah juga bisa menjadi alasan seseorang untuk meninggalkannya. Mungkin karena cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas. Ancaman bencana alam yang sering terjadi dan lain sebagainya. Seseorang tentu butuh tempat yang aman dan nyaman sehingga bisa hidup dengan tenang.

Program pemerintah

Pengertian Migrasi - Penyebab dan jenisnya
Program Pemerintah

Perpindahan penduduk juga bisa terjadi karena adanya program dari pemerintah. Program pemerintah biasanya dilakukan karena melihat suatu daerah terlalu padat pendudukunya dengan tingkat kehidupan sosial ekonomi yang sangat rendah. Maka perpindahan penduduk dilakukan sebagai upaya untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat dan melakukan pemerataan penduduk.

Jenis Migrasi

Pengertian Migrasi - Penyebab dan jenisnya
Jenis Migrasi

Migrasi terbagi menjadi dua jenis yaitu migrasi dalam negeri dan migrasi antar negara. Masing-masing jenis migrasi tersebut masih terbagi lagi berdasarkan tujuan dan faktor-faktor dari migrasi tersebut.

Migrasi Dalam Negeri

Migrasi dalam negeri merupakan perpidahan penduduk yang dilakukan dari satu daerah ke daerah lainnya yang masih berada dalam negeri sendiri. Misalnya perpindahan antar kabupaten atau provinsi. Perpindahan juga bisa terjadi dari desa ke kota dengan tujuan tertentu. jenis migrasi dalam negeri terbagi menjadi dua yaitu:

  • Transmigrasi

Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduk ke daerah yang masih kurang penduduknya.

Baca Selengkapnya: Pengertian Transmigrasi - Syarat, Jenis dan Dampaknya.

  • Urbanisasi

Urbanisasi adalah perpidahan penduduk dari desa ke kota.

Baca Selengkapya: Pengertian Urbanisasi - Faktor dan Dampaknya.

Migrasi Antar Negara

Migrasi antar negara merupakan perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lain. Perpindahan bisa terjadi dari negara tempat lahir menuju negara lain. Atau dari negara lain kembali ke negara sendiri. jenis migrasi antar negara adalah sebagai berikut:

  • Imigrasi

Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain dimana orang tersebut bukan warna negara. Jadi tujuan perpindahan tersebut bukan untuk menetap sebagai warga negara bisa jadi karena alasan pendidikan atau pekerjaan.

  • Emigrasi

Emigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain dengan tujuan menetap atau menjadi warna negara. Jadi perpindahan penduduk ini benar-benar meninggalkan negara asal atau kelahiranna dan berganti kewarganegaraan.

  • Remigrasi

Remigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara kembali ke negara asalnya. Perpindahan ini dilakukan oleh orang yang telah melakukan imigrasi atau emigrasi sebelumnya dan ingin kembali ke negara asalnya.

Demikian pembahasan tentang pengertian migrasi, Penyebab migrasi, dan jenis migrasi. Semoga bisa menjadi tamabahan wawasan dan pengetahuan khususnya dalam bidang sosial dan ekonomi.

Baca Juga