Metode Diskusi - Pengertian, Karakteristik, Langkah, Tujuan, Kelemahan dan Kelebihan
Ulasan mengenai pengertian metode diskusi, metode diskusi menurut pendapat ahli, langkah penerapan metode diskusi, karateristik metode diskusi, tujuan penggunaan metode diskusi, kelemahan dan kelebihan metode diskusi.

Metode pembelajaran diskusi adalah salah satu metode pembelajaran yang sering ditemukan dalam proses pembelajaran di semua tingkat pendidikan. Namun terkadang metode diskusi tidak berjalan efektif karena kurang piawainya guru dalam menerapkan metode ini.

Metode Diskusi Menurut Pendapat Ahli

Metode Diskusi- Pengertian, Karakteristik, Langkah, Tujuan, Kelemahan dan Kelebihan
Metode diskusi menurut ahli

Metode diskusi merupakan suatu metode pengajaran yang mana guru memberikan suatu persoalan kepada murid, dan para murid diberi kesempatan secara bersama-sama untuk memecahkan masalah itu dengan teman-temannya (Soetomo, 1993: 153)

Diskusi kelompok adalah proses yang teratur yang melibatkan sekelompok orang di wajah informal untuk menghadapi interaksi dengan berbagai pengalaman atau informasi,kesimpulan atau sousi untuk masalah (Moh, Uzer Usman, 2005:94)

Pengertian Metode diskusi

Metode Diskusi- Pengertian, Karakteristik, Langkah, Tujuan, Kelemahan dan Kelebihan
Pengertian Metode Diskusi

Dengan mengacu pada dua pendapat ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode diskusi adalah metode pembelajaran dimana guru menyajikan materi ajar berupa masalah yang harus di carikan solusi permasalahan oleh peserta didik.

Karakteristik Metode Diskusi

Metode Diskusi- Pengertian, Karakteristik, Langkah, Tujuan, Kelemahan dan Kelebihan
Karakteristik metode diskusi

Metode diskusi memiliki karakterisik yang khas jika dibandingkan dengan metode pembelajaran lainnya.

Adanya Permasalahan Yang Diselesaikan Bersama - Sama

karakteristik yang paling menonjol dalam metode diskusi adalah adanya permasalahan yang disajikan oleh guru dan dipecahkan bersama sama oleh peserta didik dalam bentuk diskusi.

Terjadinya Interaksi Lisan Terarah Antar Peserta Didik

Di dalam metode diskusi akan muncul interaksi lisan terarah antar peserta didik yang dilakukan dengan tujuan pencarian penyelesaian masalah yang sedang dihadapi.

Terjadinya Tukar Menukar Informasi

Ketika proses diskusi berlansung maka akan muncul interaksi antar peserta didik, dalam interaksi tersebot akan terjadi tukar menukar informasi satu sama lain untuk dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Tujuan Penggunaan Metode Diskusi

Metode Diskusi- Pengertian, Karakteristik, Langkah, Tujuan, Kelemahan dan Kelebihan
Tujuan Penggunaan Metode Diskusi

Penggunaan metode diskusi dalam kegiatan pembelajaran dimaksudkan untuk mengembangkan keberanian peserta didik dalam mengemukakan pendapatnya sendiri dan mencari pemecahan solusi masalah dengan pertimbangan dari pendapat orang lain. Metode diskusi perlu diterapkan dalam proses pembelajaran untuk menyiapkan peserta didik agar tidak canggung ketika kembali ke masyarakat dimana dibutuhkan keahlian dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah bersama – sama.

Langkah Penggunaan Metode Diskusi

Metode Diskusi- Pengertian, Karakteristik, Langkah, Tujuan, Kelemahan dan Kelebihan
Langkah Penggunaan Metode diskusi

Pada awal proses pembelajaran guru menyajikan materi ajar dalam bentuk permasalahan yang harus dicarikan penyelesaian masalah oleh peserta didik melalu mekanisme diskusi. Guru memberikan arahan mengenai cara atau tahap – tahap untuk menemukan penyelesaian masalah yang dihadapi. Peserta didik membentuk kelompok kecil dan mengatur posisi duduk sesuai yang dibutuhkan.

Selama peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok, guru melakukan pengawasan berkeliling dari satu kelompok diskusi ke kelompok diskusi lainnya, hal ini dilakukan untuk menjaga , mendorong dan memotivasi peserta didik untuk tetap melakukan kegiatan terarah dalam diskusi.

Diakhir waktu yang sudah ditetapkan, setiap kelompok melakukan presentasi hasil kerja diskusi yang sudah dilakukan. hasil diskusi setiap kelompok ditanggapi oleh seluruh peserta didik. Guru melakukan pelurusan, penyimpulan hasil kerja tiap kelompok dan koreksi bila ditemukan hal hal yang dianggap melenceng atau membutuhkan penjelasan lebih.

Baca Juga : Metode Demonstrasi - Pengertian, Tujuan, karakteristik, kelebihan dan Kelemahan

Jenis-Jenis Metode Diskusi

Metode Diskusi- Pengertian, Karakteristik, Langkah, Tujuan, Kelemahan dan Kelebihan
Jenis Jenis metode diskusi

Metode diskusi terdiri dari berbagai macam bentuk, yang paling populer dan sering ditemukan dalam proses pembelajaran antara lain :

Diskusi Panel

Diskusi panel adalah diskusi yang dilakukan oleh kelompok kecil dengan anggota antara 3 sampai 6 orang mendiskusikan subjek tertentu dengan posisi duduk dalam susunan setengah melingkar. Diskusi panel dipimpin oleh seorang moderator dengan peserta panel menghadap penonton. Dalam proses pembelajaran didalam kelas, penonton adalah peserta didik lainnya yang belum mendapatkan kesempatan untuk tampil melakukan diskusi panel.

Whole Group

Whole group adalah jenis diskusi menyeluruh yang melibatkan satu kelas. Jenis metode ini hanya ideal dilakukan bila jumlah peserta didik tidak lebih dari 10 atau 15 orang. Semakin banyak peserta didik yang ada dalam satu kelas maka semakin tidak efektif metode ini digunakan.

Buzz Group

Buzz Group adalah jenis diskusi dimana peserta didik dibagi kedalam kelompok kecil dengan 5-6 anggoita kelompok dengan pola duduk saling berhadapan. Penyesuaian pola duduk berhadapan ini dilakukan untuk mempermudah angggota kelompok diskusi saling bertukar pikiran.

Debat Informal

Jenis diskusi ini mengharuskan kelas di bagi menjadi dua kelompok besar dimana masing masing kelompok memberikan argumentasi yang dapat mendukung pilihannya, permasalah yang disajikan berupa masalah yang hanya memerlukan jawaban mendukung atau tidak mendukung.

Syndicate Group

Jenis diskusi ini mengharuskan kelas di bagi menjadi kelompok – kelompok kecil dengan anggota 3-6 peserta didik dalam setiap kelompok, dengan setiap kelompok menyelesaikan dan mencari solusi permasalah yang berbeda dengan kelompik lain. Guru memberikan satu permasalahan luas dimana terdapat beberapa aspek yang perlu dicarikan penyelesaian masalah. Dan tiap kelompok kecil ini hanya akan menyelesaikan satu aspek permasalahan.

Kelebihan Metode Diskusi

Metode Diskusi- Pengertian, Karakteristik, Langkah, Tujuan, Kelemahan dan Kelebihan
Kelebihan metode diskusi

Penggunaan metode diskusi dalam proses pembelajaran di dalam kelas dapat merangsang dan memicul munculnya kreativitas peserta didik dalam bentuk ide, terobosan dan gagasan untuk dapat menyelesaikan masalah serta memupuk kebiasaan bermusyawarah untuk memperkuat pencarian solusi dalam pemecahan masalah.

Kelemahan Metode Diskusi

Metode Diskusi- Pengertian, Karakteristik, Langkah, Tujuan, Kelemahan dan Kelebihan
Kelemahan metode diskusi

Dilihat dari sisi lain metode diskusi memiliki beberapa kelemahan, di antaranya, metode ini tidak dapat digunakan pada kelompok belajar yang besar, hal ini terkait dengan waktu penyelenggaraan proses pembelajaran yang terbatas sehingga semakin banyak peserta didik maka semakin banyak pula waktu yang digunakan untuk menyelesaikan proses diskusi.

Metode pembelajaran ini mengharuskan guru untuk selalu mengingatkan, mengarahkan, mengkoreksi dan meluruskan hal yang menyimpang dari pembahasan agar diskusi tetap berjalan dengan efektif dan tidak keluar dari batasan atau ruang lingkup yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Metode diskusi tidak akan berjalan efektif jika seluruh anggota kelompok dalam satu kelompok diskusi diisi oleh peserta didik yang pendiam, untuk mengantisipasi hal ini kemampuan guru dalam mengalisa dan mengamati peserta didik diperlukan saat melakukan pembagian kelompok diskusi. heterogenitas dalam kelompok diskusi harus dijaga dengan melakukan pemilihan anggota berdasarkan keragaman gender, kemampuan dan karakter.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian metode diskusi, metode diskusi menurut pendapat ahli, langkah penerapan metode diskusi, karateristik metode diskusi, tujuan penggunaan metode diskusi, kelemahan dan kelebihan metode diskusi.

Baca Juga