Metode Demonstrasi - Pengertian, Tujuan, karakteristik, kelebihan dan Kelemahan
Penguasaan berbagai jenis metode pembelajaran menjadi hal yang harus dilakukan oleh guru. Selain itu variasi dalam menggunakan metode juga perlu dilakukan agar kegiatan mengajar di dalam kelas tidak monoton. Salah satunya dengan melakukan variasi menggunakan metode demonstrasi.

Ada begitu banyak metode dalam mengajar, namun tidak semua metode dapat diterapkan pada materi ajar yang ada. Penguasaan berbagai jenis metode pembelajaran menjadi hal yang harus dilakukan oleh guru. Selain itu variasi dalam menggunakan metode juga perlu dilakukan agar kegiatan mengajar di dalam kelas tidak monoton.

Salah satunya adalah dengan menerapkan metode ajar berikut ini. Metode ini memiliki peran penting dalam menguatkan konsep abstrak yang sebelumnya hanya dipahami peserta didik dalam bentuk teori menjadi sesuatu yang konkret dan dapat mereka amati secara langsung di depan mata. Metode ini dapat memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik.

Pengertian Metode Demonstrasi

Metode Demonstrasi- Pengertian, Tujuan, karakteristik,Prosedur, kelebihan dan Kelemahan
Pengertian Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi adalah metode pembelajaran yang menggunakan bantuan alat peraga dan peragaan untuk menjelaskan materi ajar. Metode demonstrasi ini kerap dilakukan untuk materi ajar yang membutuhkan peragaan atau percobaan seperti materi ajar ipa. Dalam metode ini guru dituntut menguasai materi ajar dan mampu mengorganisasikan kelas.

Metode Demonstrasi Menurut Ahli

Menurut Suaedy (2011) metode demonstrasi adalah suatu cara penyampaian materi dengan memperagakan suatu proses atau kegiatan. Metode ini sangat efektif diterapkan untuk menunjukkan proses suatu kegiatan. Metode ini bisanya digabungkan dengan metodeh ceramah dan tanya.

Menurut Darajat (1995: 296) metode demonstrasi adalah metode mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada anak didik.

Dari dua pendapat ahli di atas dapat disimpulkan metode demonstrasi adalah cara menyajikan materi dengan memperagakan proses atau kegiatan untuk memperjelas suatu pengertian.

Tujuan Metode Demonstrasi

Metode Demonstrasi- Pengertian, Tujuan, karakteristik,Prosedur, kelebihan dan Kelemahan
Tujuan Metode Demonstrasi

Tujuan metode demonstrasi dalam proses belajar mengajar adalah untuk memperjelas pengertian konsep dan memperlihatkan cara melakukan sesuatu atau proses terjadinya sesuatu (Syah, 2000: 208).

Menurut Sudjana (2004: 217) tujuan dari metode demonstrasi adalah untuk memperagakan atau mempertunjukkan suatu keterampilan yang akan dipelajari siswa. Pendapat tersebut sejalan dengan Roestiyah yang menyebutkan bahwa tujuan metode demonstrasi adalah untuk memperlihatkan terhadap anak didik bagaimana sesuatu harus terjadi dengan cara yang paling baik.

Dengan demikian tujuan dari penggunaan metode demonstrasi adalah untuk memperjelas konsep dengan memperlihatkan atau mempertunjukan keterampilan yang akan di pelajari oleh peserta didik.

Karakteristik Metode Demonstrasi

Metode Demonstrasi- Pengertian, Tujuan, karakteristik,Prosedur, kelebihan dan Kelemahan

karakteristik metode demontrasi dapat terlihat dari kegiatan proses belajar mengajar yang meliputi adanya alat bantu/peraga yang digunakan, mempertunjukan objek yang sebenarnya, terjadinya proses pengamatan dan penganalisaan kegiatan secara proses oleh peserta didik, serta terjadinya proses peniruan oleh peserta didik .

Prosedur Metode Demonstrasi

Metode Demonstrasi- Pengertian, Tujuan, karakteristik,Prosedur, kelebihan dan Kelemahan
Prosedur Metode Demonstrasi

Prosedur dalam menerapkan metode demonstrasi adalah sebagai berikut.

Mempersiapkan alat bantu peraga yang akan digunakan untuk melakukan demonstrasi. Lamanya persiapan alat dan bahan tergantung pada tingkat kesulitan materi ajar yang akan didemontrasikan. Terutama jika guru pengajar tidak berada di lingkungan yang mendukung untuk mendapatkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Memberikan penjelasan mengenai tujuan pembelajaran. Penyamaian tuuan pembelajraran erat kaitannya dengan tujuan dan fokus peserta didik saat mengamati proses demonstrasi yang sedang dilakukan. Tanpa aanya penyampaian tujuan pembelajaran, maka peserta didik akan megalami bias atau , karena peserta didik tidak mengetahui tujuan mereka saat mengikuti kegiatanbelajar mengajar

Penguatan melalui diskusi atau tanya jawab terhadap hasil demonstrasi. Penguatan ini dilakukan untuk mengkonfirmasi apa saja yang didapat dan tertinggal dari metode demonstrasi yang sudah dilakukan. Daya serap tiap peserta didik tidaklah sama, sehingga perlu dikuatkan kembali melalui diskusi atau tanya jawab.

Prosedur terakhir adalah kesimpulan. Penyimpulan hasil dan proses demontrasi dilakukan untuk mempertegas dan menguatkan kembali apa yang telah peserta didik dapatkan dari kegiatan yang sudah didemontrasikan.

Kelebihan Metode Demonstrasi

Metode Demonstrasi- Pengertian, Tujuan, karakteristik,Prosedur, kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan Metode Demonstrasi

Penggunaan metode demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran memiliki kelebihan dalam menghidupkan suasana pelajaran karena peserta didik tidak hanya mendengar namun juga melihat dan mengamati. Metode demonstrasi dapat digunakan untuk menguatkan konsep yang sudah di terima peserta didik dengan melakukan pembuktian melalui demonstrasi.

Dapat merangsang minat peserta didik, dengan memberikan demonstrasi yang jarang mereka temui di kehidupan sehari hari ,atau memberikan materi demonstrasi yang biasa mereka temui dalam kehidupan sehari - hari namun belum dapat mereka jelaskan dengan ilmiah.

Perhatian peserta didik terpusat ke guru yang sedang melakukan demonstrasi, hal ini memudahkan guru untuk mengarahkan, membimbing peserta didik dan mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapan sebelumnya.

Baca Juga : Psikologi Keluarga - Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup, dan Manfaat

Kelemahan Metode Demonstrasi

Metode Demonstrasi- Pengertian, Tujuan, karakteristik,Prosedur, kelebihan dan Kelemahan
Kelemahan Metode Demonstrasi

Kelas dengan jumlah siswa yang terlalu akan membuat metode demonstrasi hanya dapat dinikmati oleh peserta didik yang dekat dengan lokasi peragaan. Peserta didik yang tidak mendapatkan tempat untuk mengamati tentu akan kesulitan dalam mencerna materi ajar yang sedang diperagakan. Hal ini erat kaitannya dengan ruang belajar kelas yang kurang memadai untuk melakukan demonstrasi.

Tujuan pembelajaran tidak akan tercapai jika guru tidak meguasai materi, sehingga demonstrasi yang sejatinya untuk menjelaskan materi malah berbalik menjadi media pengabur materi ajar. Demonstrasi yang gagal akan membuat tingkat kepercayaan peserta didik turun sehingga matode ini tidak akan menarik lagi dikemudian hari.

Dalam pelaksanaannya, metode demontrasi memerlukan persiapan dan waktu yang matang, sehingga cukup menguras waktu dan tenaga.

Metode demonstrasi menjadi tidak efektif jika peserta didik tidak turut aktif mengamati proses demonstrasi yang sedang dilakukan. Ketidak aktifan peserta didik saat berlangsungnya proses demonstrasi berpotensi menimbulkan kegaduhan yang dapat menghambat jalannya proses peragaan yang sedang dilakukan. Kepiawaian mengorganisasikan kelas adalah hal yang harus dikuasai oleh guru.

Demikianlah ulasan mengenai  pengertian, tujuan, karakteristik, kelebihan dan Kelemahan metode demonstrasi

Baca Juga