Pengertian Masalah Sosial, Ciri, Faktor Penyebab, Contoh, dan Cara Mengatasinya
Masalah sosial merupakan kondisi masyarakat yang tidak ideal karena terdapat ketidaksesuaian unsur-unsur masyarakat yang bisa membahayakan kehidupan kelompok sosial. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, faktor penyebab, contoh, dan cara mengatasi masalah sosial berikut ini.

Saat ini, ada banyak sekali masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan kita. Contohnya seperti pengangguran, kemiskinan, dan lain sebagainya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, faktor penyebab, contoh, dan cara mengatasi masalah sosial berikut ini.

Pengertian Masalah Sosial

Pengertian Masalah Sosial, Ciri, Faktor Penyebab, Contoh, dan Cara Mengatasinya
Pengertian Masalah Sosial

Masalah sosial merupakan kondisi masyarakat yang tidak ideal karena terdapat ketidaksesuaian unsur-unsur masyarakat yang bisa membahayakan kehidupan kelompok sosial. Masalah sosial akan selalu ada dalam kehidupan masyarakat jika kebutuhan masyarakat tidak terpenuhi secara merata.

Berikut ini adalah pengertian masalah sosial menurut para ahli:

1. Menurut Jenssen (1992)

Masalah sosial merupakan perbedaan antara apa yang diharapkan dengan apa yang terjadi di dunia nyata. Masalah sosial juga bisa diartikan sebagai adanya kesenjangan antara kondisi yang ada dengan kondisi yang seharusnya terjadi.

2. Menurut Arnold Rose

Masalah sosial dapat diartikan sebagai kondisi yang telah mempengaruhi sebagian besar masyarakat sehingga mereka merasa kalau kondisi tersebut adalah sebab dari kesulitan mereka. Padahal, kondisi tersebut bisa diubah.

3. Menurut Raab dan Selznick

Menurut mereka, masalah sosial merupakan masalah yang menghambat kepuasan banyak orang (umum).

Ciri Masalah Sosial

Pengertian Masalah Sosial, Ciri, Faktor Penyebab, Contoh, dan Cara Mengatasinya
Ciri Masalah Sosial

Berikut ini adalah beberapa ciri dari masalah sosial:

1. Masalah yang terjadi berkaitan erat dengan kesadaran moral yang dimiliki anggota masyarakat.

2. Menimbulkan keresahan umum. Masyarakat memiliki kesamaan persepsi terhadap dampak negatif yang ditimbulkan dari suatu masalah sosial.

3. Masalah tersebut tidak bisa diatasi sendiri, masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Masalah tersebut dirasakan oleh banyak orang (umum).

5. Masalah tersebut dinilai negatif (tidak menyenangkan).

6. Masalah tersebut bisa menimbulkan perpecahan di kalangan masyarakat.

Faktor Penyebab Masalah Sosial

Pengertian Masalah Sosial, Ciri, Faktor Penyebab, Contoh, dan Cara Mengatasinya
Faktor Penyebab Masalah Sosial

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya masalah sosial, antara lain sebagai berikut:

1. Faktor ekonomi

Masalah dalam bidang ekonomi biasanya meliputi masalah pengangguran, kemiskinan, dan lain sebagainya. Untuk masalah seperti ini, pihak yang harus bertanggung jawab adalah pemerintah. Sebab pemerintah tidak menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup bagi masyarakat.

Jika masyarakat mengalami masalah sosial seperti ini, mereka bisa saja melakukan tindakan kriminal, dan faktor ekonomi akan dijadikan alasan atau motif dalam melakukan tindakan tersebut. Tak hanya mempengaruhi masalah sosial pada beberapa aspek kehidupan masyarakat, faktor ekonomi juga bisa dijadikan sebagai acuan apakah suatu negara tergolong sebagai negara maju atau tidak.

2. Faktor Budaya

Faktor budaya artinya perkembangan kebudayaan dalam suatu masyarakat memiliki peran yang bisa memicu terjadinya masalah sosial. Contohnya seperti pernikahan saat usia dini, fenomena kawin-cerai, kenakalan remaja, terpengaruh budaya asing, dan lain sebagainya.

Faktor budaya sebaiknya mendapat perhatian secara serius karena kebudayaan yang ada pada suatu negara bisa mencerminkan kebiasaan masyarakatnya. Dengan mempelajari pendidikan agama, hal ini mungkin bisa mencegah atau menyaring kebudayaan asing yang masuk ke masyarakat.

3. Faktor biologis

Faktor biologis bisa menyebabkan terjadinya masalah sosial, misalnya seperti penyakit menular, kurang gizi, dan lain sebagainya. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti kurangnya fasilitas kesehatan yang layak, faktor ekonomi, ataupun faktor pendidikan masyarakat yang rendah. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah perlu meningkatkan jumlah fasilitas kesehatan yang layak, serta memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat dan cara melakukannya.

4. Faktor psikologis

Selain tiga faktor di atas, juga ada faktor psikologis. Jika kondisi psikologis suatu masyarakat lemah, hal ini bisa menyebabkan timbulnya masalah sosial. Biasanya faktor psikologis muncul karena beban hidup yang sangat berat, yang dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Contohnya seperti pekerjaan yang menumpuk akan menimbulkan stress dan juga luapan emosi. Jika luapan emosi ini tidak segera dikendalikan, hal ini bisa memicu terjadinya konflik dengan anggota masyarakat lain.

Contoh Masalah Sosial

Pengertian Masalah Sosial, Ciri, Faktor Penyebab, Contoh, dan Cara Mengatasinya
Contoh Masalah Sosial

Berikut ini adalah beberapa contoh masalah sosial yang perlu kamu ketahui:

1. Kemiskinan

Kemiskinan adalah kondisi di mana seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar dalam hidup ini, seperti kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Masalah kemiskinan ini tak hanya terjadi di daerah pelosok saja, tapi bisa juga terjadi di area perkotaan.

2. Pengangguran

Pengangguran termasuk salah satu contoh masalah sosial. Saat ini, jumlah pengangguran semakin meningkat. Hal ini biasanya disebabkan oleh jumlah penduduk yang semakin banyak namun jumlah lapangan kerja malah sedikit atau terbatas. Masalah seperti ini harus segera diatasi oleh pemerintah. Pemerintah harus berusaha menyediakan lapangan kerja yang banyak dan bervariasi agar jumlah pengangguran bisa berkurang.

3. Masalah pada pendidikan

Kurangnya pendidikan juga menjadi salah satu permasalahan sosial. Banyak anak-anak yang berkeliaran di jalan atau di tempat umum demi membantu orang tuanya mencari nafkah. Hal ini terjadi karena orang tua mereka tidak mampu membiayai mereka sekolah.

Baca Juga: Pengertian Dividen, Tujuan Pembayaran, Jenis, dan Prosedur Pembayarannya.

Cara Mengatasi Masalah Sosial

Pengertian Masalah Sosial, Ciri, Faktor Penyebab, Contoh, dan Cara Mengatasinya
Cara Mengatasi Masalah Sosial

Mengatasi masalah sosial bukanlah hal yang mudah. Namun bukan berarti itu hal yang mustahil. Berikut ini adalah beberapa cara yang dipercaya bisa mengatasi masalah sosial, antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan mutu dan melakukan pemerataan pendidikan.

2. Melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran sosial di kalangan masyarakat.

3. Menyediakan lapangan pekerjaan yang banyak dan bervariasi.

4. Meningkatkan atau melakukan pemerataan pembangunan fasilitas publik, seperti fasilitas kesehatan yang layak, dan lain sebagainya.

5. Mensosialisasikan norma dan nilai-nilai sosial.

6. Memberikan sanksi sosial yang tegas bagi anggota masyarakat yang melanggar.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, faktor penyebab, contoh, dan cara mengatasi masalah sosial yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai masalah sosial.

Baca Juga