Pengertian Manajemen - Unsur, Fungsi, Prinsip, dan Jenisnya
Manajemen merupakan kebutuhan baik sebagai pribadi maupun dalam organisasi, manajemen sangat penting untuk menetapkan arah tujuan, menentukan target dan mengukur keberhasilan. Simak pembahasan pengertian manajemen, unsur, fungsi, prinsip, dan jenis manajemen berikut ini

Manusia sangat membutuhkan baik sebagai pribadi maupun kelompok. Dengan adanya pengaturan maka semua kebutuhan, pekerjaan, dan juga tujuan dapat ditetapkan dengan baik. Manusia paling tidak membutuhkan manajemen waktu untuk dapat melaksanan semua pekerjaannya dengan baik.

Pengertian manajen secara etimologi,  Manajemen berasal dari bahasa Francis kuno yaitu management yang artinya seni melaksanakan serta mengatur. Untuk pembahasan lengkap tentang manajemen silahkan simak pembahasan berikut tentang pengertian manajemen menurut para ahli, unsur-unsur manajemen, fungsi manajemen, prinsip manajemen, dan macam-macam manajemen.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen - Unsur, Fungsi, Prinsip, dan Jenisnya
Pengertian Manajemen Menurut Ahli

Berikut ini beberapa pengertian manajemen menurut para ahli.

James Arthur Finch Stoner

Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usahda dari anggota entitas/organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

George Robert Terry

Manajemen ialah wadah didalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya.

Mary Parker Follet

Manajemen adalah suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain.

Ricky W. Griffin

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan,  pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.

Lawrence A. Appley

Manajemen adalah keahlian untuk menggerakkan orang untuk melakukan sesuatu.

Baca juga: Teori Kebutuhan Maslow - Konsep dan Hirarki Kebutuhan.

Unsur Manajemen

Pengertian Manajemen - Unsur, Fungsi, Prinsip, dan Jenisnya
Unsur Manajemen

Unsur-unsur manajemen meliputi manusia, uang, material, mesin, metode, dan pasar. Berikut ini adalah pembahasannya.

Manusia

Target utama penyusunan sebuah manajemen adalah manusia. Manusia menjadi tujuan utama karena manusialah yang akan menjalankan setiap kegiatan. Tanpa adanya manusia maka tidak akan ada program manajerial yang akan berjalan.

Uang

Target manajemen selanjutnya adalah pengaturan keuangan. Uang sangat dibutuhkan dalam berbagai kebutuhan organisasi atau perusahaan seperti pembayaran gaji, pembelian bahan produksi, mesin produksi dan lain sebagainya.

Material

Material merupakan bahan yang dibutuhkan dalam proses produksi. Tanpa adanya bahan maka proses produksi tidak akan berjalan. Maka dibutuhkan pengaturan kebutuhan tentang bahan-bahan produksi.

Mesin

Mesin merupakan alat bantu dalam proses produksi dan berbagai kegiatan lain dalam menjalankan roda perusahaan. Terlebih lagi dengan kemajuan teknologi saat sekarang ini. Mesin sangat dibutuhkan untuk memudahkan kerja manusia.

Metode

Metode merupakan sarana yang digunakan untuk mencapai tujuan. Maka metode sangat dibutuhkan agar kerja manusia menjadi tepat guna dan mendatangkan hasil yang memuaskan.

Pasar

Kehebatan sebuah manajemen tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya pasar. Maka pasar menjadi sarana yang sangat penting dalam sebuah manajemen. Penentuan target pasar, memenangkan persaingan dalam pasar dan lain sebagainya.

Prinsip Manajemen

Pengertian Manajemen - Unsur, Fungsi, Prinsip, dan Jenisnya
Prinsip Manajemen

Ada 12 prinsip manajemen untuk mencapai keberhasilan. Keduabelas prinsip tersebut adalah sebagai berikut.

Pembagian Kerja

Dengan adanya manajemen maka setiap sumber daya manusia memahami pekerjaan masing-masing. Pembagian kerja yang baik akan memudahkan dalam melakukan kontrol dan mengukur tingkat keberhasilan departemen atau bidang tertentu, lebih spesifik lagi kepada masing-masing pekerja.

Wewenang dan Tanggung Jawab

Pembagian kerja diikuti dengan pembagian tanggung jawab. Artinya bahwa setiap orang memiliki tanggung jawab masing-masing dari pembagian kerja yang diberikan. Dengan adanya tanggung jawab tersebut maka diprediksikan semua bidang dapat menyelesaikan pekerjaannya masing-masing.

Disiplin

Manajemen pengatur tentang waktu jam kerja, jam istirahat dan lain sebagainya. Disiplin membentuk ketaatan pada perintah organisasi dan juga aturan yang telah dibuat sehingga tidak terjadi pelanggaran yang dapat mengakibatkan kecemburuan antara sesama pekerja.

Kesatuan Perintah

Manajemen dibuat agar adanya poros atau sumber perintah yang menjadi dasar dalam melaksanakan tugas. Hal ini berhubungan dengan tanggung jawab dan pembagian tugas sehingga terbentuk atasan dan bawahan yang memiliki tanggung jawab masing-masing.

Kesatuan Arah

Manajemen menentukan arah dari sebuah organisasi. Sehingga meskipun berbeda departemen atau bidang pekerjaan setiap pekerja punya arah tujuan yang sama. Tujuan itu ditentukan dalam visi dan misi organisasi.

Profesionalisme

Dengan adanya manajemen maka semua pekerja tahu batasan antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan organisasi. Tahu cara menempatkan dalam kedua pemenuhan tersebut.

Pemusatan

Pemusatan dimaksudkan agar pengambilan keputusan dilakukan satu keputusan. Tentunya ini sangat penting agar dari tujuan organisasi tetap terjaga dan tidak ada dua perintah dalam satu organisasi yang dapat menyebabkan perpecahan.

Hirarki

Hirarki membuat semua pekerja tahu akan tanggung jawab masing-masing. Mengetahui sumber perintah dan arah pelaporan hasil pekerjaan dan tanggung jawab. Selain itu hirarki mengatur tentang standar prioritas pekerjaan.

Keadilan dan kejujuran

Keadilan dan kejujuran didapatkan dengan pendelegasian tugas dan tanggung jawab, Penentuan standar kedisiplinan dan pelaporan hasil pekerjaan kepada atasan masing-masing.

Stabilitas

Untuk memastikan semua pekerjaan berjalan lancar maka stabilitas perlu dijaga. Stabilitas didapatkan dari disiplin kerja yang baik dan juga pemberian reward dan punishment kepada karyawan.

Inisiatif

Setiap pekerja harus mendapatkan kebebasan untuk berkreasi dalam pekerjaan. Batasan kreasi tentunya tetap berada dalam aturan organisasi secara umum. 

Semangat Kesatuan

Sebagai bagian dari organisasi setiap karyawan harus menjaga semangat kesatuan. Tentunya agar tujuan bersama bisa dicapai dengan baik.

Fungsi Manajemen

Pengertian Manajemen - Unsur, Fungsi, Prinsip, dan Jenisnya
Fungsi Manajemen

Pada dasarya fungsi manajemen terbagi menjadi lima yaitu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan dan pengawasan.

Perencanaan

Perencanaan dilakukan untuk menentukan jenis pekerjaan, target yang akan dicapai, dan melihat peluang dan hambatan yang akan dihadapi. Rencana dibuat untuk menjadi dasar dalam menjalankan pekerjaan.

Pengorganisasian

Pengorganisasian diakukan untuk membagi tugas dan tanggung jawab masing-masing pekerja. Pembagian dilakukan berdasarkan hasil perencanaan. Menentukan penanggung jawab masing-masing divisi untuk mengontrol dan memastikan keberhasilan pekerjaan.

Penyusunan Personalia

Penyusunan personalia dilakukan untuk melengkapi organisasi yang telah dibuat. Personalia dilakukan melalui tahap seleksi, pengenalan orientasi, sampai pelaksanaan tugas.

Pengarahan

Pengarahan merupakan tanggung jawab pimpinan untuk memastikan pekerjaan berjalan sesuai rencana. Pengarahan tidak sebatas hanya memberikan perintah tetapi komunikasi intensif dan pemberian motivasi, tips dan lain sebagainya.

Pengawasan

Untuk memastikan bahwa semua pekerjaan berjalan sesuai rencana maka perlu dilakuakn pengawasan terhadap pekerja. Mengawasi kedisiplinan tangung jawab dan juga peyelesaian pekerjaan.

Macam-macam Manajemen

Pengertian Manajemen - Unsur, Fungsi, Prinsip, dan Jenisnya
Macam-macam Manajemen

Pada dasarnya bahwa setiap bidang memerlukan manajemen agar berjalan sesuai dengan harapan. Berikut ini beberapa contoh macam-macam manajemen

Manajemen Produksi

Manajemen produksi bertanggung jawab atas produksi. Tanggung jawabnya memastikan ketersediaan bahan, kualitas produksi, dan penyelesaian produksi sesuai target waktu yang diberikan.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran bertanggung jawab untuk memasarkan hasil produksi ke konsumen atau melalui distributor. Memastikan semua produk bisa sampai ke tangan konsumen akhir dengan kualitas yang tetap terjaga.

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan bertanggung jawab atas pengaturan keuangan. Membuat laporan perkembangan keuangan, cashflow dan juga memastikan gaji pekerja diberikan sesuai waktu yang ditentukan.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia bertanggung jawab atas perekrutan karyawan, pelatihan, dan pengenalan orientasi tugas. Memastikan bahwa tenaga yang direkrut sesuai dengan kebutuhan perusahaan dari segi kemampuan, usia, dan lain sebagainya.

Manajemen Perkantoran

Manajemen perkantoran melakukan pengumpulan data secara umum dari proses kerja perusahaan. Memastikan bahwa semua data yang dilaporkan valid sesuai dengan kondisi perusahaan agar dapat mengukur tingkat pencapaian setiap waktu.

Demikian pembahasan tentang pengertian Manajemen - Unsur, Fungsi, Prinsip, dan macam-macamnya. Semoga bisa menjadi referensi dalam pembelajaran manajemen. 

Baca Juga