Pengertian Manajemen File, Fungsi, Manfaat, Tipe dan Cara Manajemen File Pada Sistem Operasi
Manajemen file merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penyimpanan, pengumpulan, catatan, pemeliharaan, perhitungan dan sejenisnya untuk menunjang dalam mempermudah berbisnis serta struktur data yang digunakan oleh sistem operasi pada komputer untuk mengatur dan mengorganisir file yang ada pada disk.

Pengertian Manajemen File

Pengertian Manajemen File
Pengertian Manajemen File

Manajemen file merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penyimpanan, pengumpulan, catatan, pemeliharaan, perhitungan dan sejenisnya untuk menunjang dalam mempermudah berbisnis.

Manajemen file sering juga disebut dengan file sistem merupakan sebuah metode dan struktur data yang digunakan oleh sistem operasi pada komputer untuk mengatur dan mengorganisir file yang ada pada disk ataupun memori.

Manajemen file ini sangat penting sekali apalagi bagi sebuah perusahaan karena dalam suatu waktu pasti dibutuhkan sehingga hal tersebut harus dilakukan dengan baik, supaya ketika dicari tidak hilang dan mudah ditemukan dan itulah fungsi manajemen file yang paling penting.

Fungsi Manajemen File pada sistem operasi

Fungsi Manajemen File
Fungsi Manajemen File

Ada beberapa fungsi manajemen file yang harus diketahui, diantaranya.

1. Memudahkan dalam bekerja

2. Mudah dalam menemukan file

3. Mudah dalam mengubah, mengedit dan menghapus file

4. Agar tidak berantakan dan terlihat rapi

5. Data dapat disimpan dengan aman

6. Mudah dalam melakukan recovery

Itulah fungsi manajemen file dan masih banyak lagi.

Manfaat Manajemen File

Manfaat Manajemen File
Manfaat Manajemen File

Ada beberapa manfaat manajemen file yang perlu diketahui, berikut manfaatnya.

1. Memudahkan pencarian File

Pencarian file atau data yang disimpan dalam komputer yang sudah terlihat rapi dan teratur maka hal tersebut akan mempermudah dalam pencarian file yang disimpan dalam komputer, sehingga tidak akan lama dalam proses pencarian. Maka oleh karena itu, lakukanlah penyimpanan file yang teratur dan baik dalam penyimpan file agar tidak tercecer.

2. Menjaga resiko kehilangan file/data

File yang disimpan dalam komputer bisa saja hilang atau terhapus dengan tidak disengaja, sehingga akan beresiko merugikan. Oleh karena itu, gunakan dan lakukanlah cara manajemen file dengan baik agar tidak beresiko merugikan.

3. Bisa mengetahui File yang Kadaluarsa

File yang ada dalam komputer bisa saja sudah tidak terpakai dan hanya memenuhi memori yang ada dalam komputer. Apabila file tersebut sudah tidak terpakai maka bisa saja dihapus. Maka dari hal itu, manajemen file banyak sekali manfaat yang dapat berguna bagi pengguna komputer atau perusahaan.

Tipe File pada Sistem Operasi

Ada beberapa tipe file yang ada dalam sistem operasi, diantaranya adalah.

1. Regular File

Regular file terdiri dari file teks dan file biner, file teks ini berisi teks dalm format txt. Sedangkan file biner berisi program aplikasi.

2. Special File

Special file adalah nama logik perangkat input yang dianggap sebagai file

3. Directory File

Directory file adalah sebuah file yang dimiliki oleh sistem operasi komputer. File tersebut berisi sebuah informasi terkait daftar file yang berada dalam folder atau direktori pada sebuah komputer.

Baca Juga : Pengertian Asteroid, Ciri, Jenis, Contoh, dan Cara Melihat Asteroid dari Bumi


Cara Manajemen File yang baik dan Efektif

Cara Manajemen File yang baik dan Efektif
Cara Manajemen File yang baik dan Efektif

Cara manajemen file yang baik dan efektif tersebut sebenarnya harus diketahui dengan benar jangan sampai salah dalam perihal penamaan dan penyimpanan file yang ada dalam sistem operasi pada komputer.

1. Simpan data di lokasi yang sama

Manajemen file merupakan hal yang paling penting dalam melakukan penyimpanan data atau file yang ada dalam sistem operasi pada komputer. Maka dari itu dalam menyimpan file harus disimpan dalam lokasi atau folder yang sama dengan tujuan agar file tersebut tersimpan sama dan tidak tercampur dengan file yang lainnya.

2. Pisahkan dalam penyimpanan berbagai jenis file

Dalam memanajemen file penyimpan file juga harus yang sesuai jangan sampai file audio dengan surat di satu lokasikan sehingga membuat seseorang menjadi pusing, maka dari itu pisahkan dengan baik file yang memiliki format yang berbeda.

3. Gunakan file Konversi

Dengan pertumbuhan dan perkembangan bisnis dalam era digital tersebut, file yang disimpan yang sudah memiliki kapasitas yang besar dan tentunya harus menggunakan teknik konversi file yang tepat menggunakan berbagai batch document conversion products.

4. Jangan menggunakan converter gratis

Dalam memanajemen file ketika anda menggunakan converter gratisan, maka hal tersebut belum tentu memiliki keamanan yang terjamin, maka dari itu jangan gunakan converter yang gratisan karena akan memiliki keterbatasan dalam memanajemen file.

5. Gunakan Shortcuts

Hal yang ada dalam sistem operasi adalah dengan memanfaatkan sistem shortcuts, dengan menggunakan shortcuts akan membantu dalam proses pencarian dan membuka file dengan cepat ketimbang harus membuat folder yang banyak sehingga akan merepotkan pengguna dalam membuka file yang ada dalam sistem operasi.

Dengan menggunakan shortcuts anda akan mengurangi resiko hilangnya file dan duplikasi file dan tentunya akan akan mempercepat dalam membuka file yang sering dikunjungi dalam sistem operasi pada komputer. Maka dari itulah gunakan shortcuts dengan baik karena memiliki manfaat untuk pengguna.

6. Shared Document

Shared document akan membantu para pengguna dalam memanajemen file supaya tidak hilang dan tercecer. Salah satu yang paling banyak digunakan yakni google drive, one drive yang dapat memudahkan siapapun untuk menyimpan dan mengupdate file dimanapun, karena dengan yang namanya menyimpan file di internet akan merasa mudah sekali dalam merubah file kapanpun tanpa harus pergi ke kantor atau perusahaan.

Itulah cara yang efektif dalam manajemen file agar file yang disimpan dengan baik supaya dalam penyimpanan file tersebut tidak tercecer dan hilang atau terhapus tanpa sengaja. Maka dari itulah gunakanlah cara yang paling efektif dalam menyimpan file yang paling penting untuk mengurangi resiko hilang dan rusaknya file.

Itulah pengertian Manajemen File, Fungsi, Manfaat, Tipe dan Cara Manajemen File Pada Sistem Operasi yang harus diketahui, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.  

Baca Juga