Pengertian MAN, Ciri, Fungsi, Teknologi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, dan Contoh Penggunaannya
MAN atau Metropolitan Area Network merupakan jenis jaringan komputer yang jangkauannya lebih luas dan lebih canggih daripada jaringan LAN. Jaringan ini disebut dengan Metropolitan Area Network karena digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer yang ada pada satu kota ke kota lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian MAN berikut ini.

Ada banyak sekali jenis jaringan komputer, salah satunya adalah jaringan MAN atau Metropolitan Area Network. Jaringan yang satu ini biasanya dipasang di daerah perkotaan, dengan ruang lingkup jaringan yang lebih luas daripada ruang lingkup jaringan LAN. Lantas, apa itu pengertian MAN yang sebenarnya? Benarkah MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian MAN, ciri-ciri MAN, fungsi MAN, teknologi jaringan MAN, manfaat MAN, kelebihan MAN, kekurangan MAN, dan contoh penggunaan jaringan MAN berikut ini.

Pengertian MAN

Pengertian MAN, Ciri, Fungsi, Teknologi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, dan Contoh Penggunaannya
Pengertian MAN

MAN atau Metropolitan Area Network merupakan jenis jaringan komputer yang jangkauannya lebih luas dan lebih canggih daripada jaringan LAN. Jaringan ini disebut dengan Metropolitan Area Network karena digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer yang ada pada satu kota ke kota lainnya. Berikut ini adalah pengertian MAN menurut para ahli:

1. Menurut O’Brien

Pengertian MAN menurut O’Brien adalah sebuah jaringan komputer yang dioptimalkan untuk area geografis tertentu.

2. Menurut Wikipedia

Pengertian MAN menurut Wikipedia adalah jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan beberapa lokasi, seperti kampus, kantor, gedung pemerintahan, dan lain sebagainya. Jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa LAN.

3. Menurut Harte

Pengertian MAN menurut Harte adalah kelompok jaringan LAN yang saling berhubungan dalam batas geografis kota atau kota tertentu.

Ciri-Ciri MAN

Pengertian MAN, Ciri, Fungsi, Teknologi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, dan Contoh Penggunaannya
Ciri-Ciri MAN

Ciri-ciri yang dimiliki jaringan MAN antara lain:

1. Ruang lingkup jaringan MAN sekitar 5 hingga 50 km.

2. MAN biasanya tidak dimiliki oleh satu organisasi. Peralatan dan komunikasi link untuk jaringan MAN biasanya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan.

3. MAN sering berperan sebagai jaringan berkecepatan tinggi yang memungkinkan berbagi sumber daya (resource).

4. MAN memiliki ukuran yang lebih besar dan umumnya menggunakan teknologi yang sama seperti LAN.

5. Hanya mempunyai satu atau dua buah kabel dan tidak memiliki switching yang biasanya digunakan untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel.

Fungsi MAN

Fungsi dari jaringan MAN adalah untuk membangun dan mengimplementasikan sistem jaringan yang menggabungkan server dan tujuan untuk bisa memenuhi semua kebutuhan internal perusahaan dan pemerintahan dalam mengkomunikasikan sebuah jaringan yang digunakan sehingga bisa melakukan sejumlah kegiatan dengan menggunakan bandwidth lokal, seperti chatting dan lain sebagainya.

Teknologi Jaringan MAN

Pengertian MAN, Ciri, Fungsi, Teknologi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, dan Contoh Penggunaannya
Teknologi Jaringan MAN

Jaringan MAN berada di antara jaringan LAN dan jaringan WAN. Karena itulah, teknologi yang digunakan dalam jaringan MAN merupakan teknologi yang diadopsi dari jaringan LAN dan WAN. Teknologi yang paling lama yang digunakan jaringan MAN antara lain SONET berbasis TDM, ATM, FDDI, DQDB, dan SMDS. Semua teknologi ini berbasis non-IP yang berasal dari industri telekomunikasi sehingga untuk merancang teknologi MAN sesungguhnya membutuhkan biaya yang cukup besar.

Untuk mengatasinya, diciptakanlah teknologi baru untuk membangun jaringan MAN, yakni Gigabit Ethernet dan 10 Gigabit Ethernet berbasis teknologi DWDM. Adapun protokol yang banyak digunakan MAN adalah X.25, RS-232, Frame Relay, ISDN (Integrated Service Digital Network), ASDL (Asymmetrical Digital Subscriber Line), dan lain sebagainya. Protokol ini berbeda sekali dengan protokol yang digunakan pada teknologi LAN.

Manfaat MAN

Pengertian MAN, Ciri, Fungsi, Teknologi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, dan Contoh Penggunaannya
Manfaat MAN

Sampai saat ini, jaringan MAN banyak digunakan orang karena dianggap memiliki manfaat yang sangat besar. Menurut CISCO, manfaat yang dimiliki jaringan MAN adalah mampu memfasilitasi komunikasi antara pemerintah daerah, perusahaan, organisasi, lembaga pendidikan, serta warga negara dalam area fisik tertentu.

Kelebihan MAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan jaringan MAN yang perlu kamu ketahui:

1. Server yang ada di kantor pusat bisa berfungsi sebagai pusat data dari semua kantor cabang yang ada.

2. Transaksi dilakukan secara real-time, artinya data yang berada di server pusat akan diupdate pada saat itu juga.

3. Cakupan wilayah dari jaringan MAN lebih luas daripada sistem jaringan komputer lainnya sehingga proses komunikasi menjadi lebih efisien dan tentu saja mempermudah proses bisnis.

4. Komunikasi bisa dilakukan antara satu kantor dengan kantor lainnya dengan menggunakan email, chatting, dan lain sebagainya.

5. Adanya video conference (ViCon).

6. Tingkat keamanan yang dimiliki jaringan MAN jauh lebih baik daripada jaringan lainnya.

Baca Juga: Pengertian Vaksin, Fungsi, Jenis, Sistem dan Jadwal Pemberian Vaksin.

Kekurangan MAN

Pengertian MAN, Ciri, Fungsi, Teknologi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, dan Contoh Penggunaannya
Kekurangan MAN

Selain kelebihan, tentu saja jaringan MAN juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki MAN:

1. Biaya operasional untuk jaringan MAN lebih mahal daripada biaya operasional jaringan lainnya.

2. Instalasi untuk infrastruktur jaringan MAN tidak mudah untuk dilakukan.

3. Jika terjadi masalah pada jaringan MAN, seperti network trouble shooting akan sulit untuk diatasi sehingga perlu waktu yang agak lama untuk memperbaikinya.

4. Bisa menjadi target dari para cracker yang hendak mengambil keuntungan pribadi.

Contoh Penggunaan Jaringan MAN

Contoh penggunaan jaringan MAN bisa kamu temukan pada jaringan perbankan. Setiap bank pasti memiliki kantor pusat dan kantor cabang. Pada setiap kantornya, baik itu kantor pusat ataupun kantor cabang pasti memiliki jaringan LAN di dalamnya. Gabungan jaringan LAN pada setiap kantor inilah yang akhirnya membentuk jaringan MAN. Jaringan MAN bisa menunjang data baik itu data teks ataupun data suara. Bahkan jaringan MAN juga dapat berhubungan dengan gelombang radio atau jaringan televisi kabel.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian MAN, ciri-ciri MAN, fungsi MAN, teknologi jaringan MAN, manfaat MAN, kelebihan MAN, kekurangan MAN, dan contoh penggunaan jaringan MAN yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai MAN.

Baca Juga