Lompat Jauh - Pengertian, Sejarah, Faktor Yang Mempengaruhi, dan Tekniknya
Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang sering dilombakan dalam olimpiade. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, sejarah, faktor yang mempengaruhi dan teknik lompat jauh berikut ini.

Saat pelajaran olahraga di sekolah dulu, kita sering sekali diminta untuk melakukan lompat jauh. Padahal saat itu, kamu mungkin belum paham apa itu lompat jauh dan bagaimana cara melakukannya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, sejarah, faktor yang mempengaruhi dan teknik lompat jauh berikut ini.

Pengertian Lompat Jauh

Lompat Jauh - Pengertian, Sejarah, Faktor Yang Mempengaruhi, dan Tekniknya
Pengertian Lompat Jauh

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang sering dilombakan dalam olimpiade. Menurut Aip Syarifuddin, lompat jauh adalah salah satu gerakan melompat yang dilakukan dengan cara melakukan tolakan pada satu kaki dan mengangkat kaki lainnya ke atas agar badan bisa melayang di udara dan mencapai jarak lompatan sejauh mungkin.

Sedangkan menurut Gerry A. Carr, lompat jauh itu berbeda dengan lompat tinggi. Lompat jauh memiliki dua teknik utama, yaitu teknik menggantung dan teknik menendang.

Sejarah Lompat Jauh

Lompat Jauh - Pengertian, Sejarah, Faktor Yang Mempengaruhi, dan Tekniknya
Sejarah Lompat Jauh

Olahraga lompat jauh (long jump) sudah ada sejak 13 abad yang lalu, tepatnya sejak tahun 708 Masehi ketika diadakan Olimpiade Kuno di Yunani. Saat itu, diadakan event lompat jauh dan yang menjadi pemenangnya adalah peserta Sparta dengan rekor lompatan 7,05 meter.

Awalnya lompat jauh dilakukan guna melatih ketangkasan para prajurit saat harus melewati sejumlah rintangan yang berbeda, seperti parit, jurang, dan lainnn sebagainya. Teknik dan cara lompatnya juga berbeda sekali dengan teknik dan cara lompat jauh di zaman sekarang.

Pada zaman dahulu, pelompat harus berlari sambil membawa beban di kedua tangannya. Beban ini disebut halteres, dengan berat sekitar 1 hingga 4,5 kg. Tak hanya itu saja, lompatannya juga harus dilakukan secara berkali-kali. Barulah pada tahun 1896, lompat jauh akhirnya menjadi salah satu olahraga yang dilombakan secara resmi dalam kompetisi Olimpiade.

Faktor Yang Mempengaruhi Lompat Jauh

Lompat Jauh - Pengertian, Sejarah, Faktor Yang Mempengaruhi, dan Tekniknya
Faktor Yang Mempengaruhi Lompat Jauh

Menurut Suharto dalam buku "Kesegaran Jasmani dan Peranannya", ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi hasil lompat jauh:

1. Kecepatan (speed)

Kecepatan merupakan kemampuan untuk memindahkan sebagian atau seluruh tubuh dari tahap awalan hingga pendaratan.

2. Kekuatan (strength)

Kekuatan merupakan jumlah tenaga yang dihasilkan tubuh saat melakukan lompat jauh.

3. Daya Ledak

Daya ledak adalah kemampuan tubuh untuk melayang di udara setelah bertolak dari titik tumpu.

4. Keseimbangan

Pelompat harus memiliki kemampuan keseimbangan agar posisi tubuhnya bisa tetap bertahan dengan benar mulai dari tahap awalan hingga selesai melakukan pendaratan.

5. Keterampilan

Keterampilan di sini artinya adalah kemampuan tubuh untuk melakukan gerakan motorik seperti gerakan melompat atau gerakan melayang di udara dengan benar.

6. Koordinasi

Seorang pelompat jauh harus memiliki kemampuan koordinasi yang baik agar bisa memposisikan gerakan badannya saat diperlukan.

Baca Juga: Informasi - Pengertian, Ciri, Fungsi dan Manfaat dan Jenisnya.

Teknik Lompat Jauh

Lompat Jauh - Pengertian, Sejarah, Faktor Yang Mempengaruhi, dan Tekniknya
Teknik Lompat Jauh

Agar bisa melakukan lompatan sejauh mungkin seperti seorang atlet, kamu harus memahami dan menguasai beberapa teknik dasar lompat jauh berikut ini.

1. Teknik Awalan

Teknik awalan dilakukan dengan cara berlari dengan kecepatan maksimal sebelum melakukan lompatan di papan tolakan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan teknik awalan:

  • Letakkan kaki terkuat di bagian belakang.
  • Awali dengan lari perlahan, kemudian tambah kecepatannya semaksimal mungkin dan pertahankan hingga tiba di papan tolakan.
  • Jangan mencoba untuk mengurangi kecepatan lari ataupun mengubah langkah.
  • Usahakan pandangan tetap fokus ke depan (menuju papan lompatan).

2. Teknik Menumpu (Takeoff)

Teknik menumpu adalah teknik yang sangat penting dalam jenis olahraga lompat jauh. Semakin bagus tumpuannya, maka semakin bagus pula hasil lompatannya. Ada beberapa hal yang diperhatikan saat melakukan teknik menumpu:

  • Ketika akan melakukan tumpuan, usahakan badan sedikit condong ke belakang. Tapi ingat, jangan sampai posisi badan terlalu miring.
  • Kaki yang menjadi tumpuan sebaiknya kaki yang kuat dan cepat.
  • Pertahankan keseimbangan tubuh.
  • Cobalah untuk mengayunkan lengan. Hal ini akan membantu menambah ketinggian dan juga menjaga tubuh agar tetap seimbang.

3. Teknik Melayang di Udara

Setelah melakukan tumpuan, maka teknik berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah teknik melayang di udara. Untuk melakukan teknik ini, badanmu harus tetap seimbang. Biasanya seorang atlet akan mengayunkan kedua tangannya saat melayang di udara guna menjaga keseimbangan tubuh.

Kamu bisa melakukan teknik melayang di udara ini dengan tiga cara yaitu:

  • Melayang dengan sikap jongkok (lompat jauh gaya ortodock)
Lompat Jauh - Pengertian, Sejarah, Faktor Yang Mempengaruhi, dan Tekniknya
Melayang dengan sikap jongkok (lompat jauh gaya ortodock)

Caranya ayunkan kakimu setinggi-tingginya lalu letakkan kedua kakimu di depan sebelum mendarat.

  • Melayang dengan sikap melayang (lompat jauh gaya hang)

Cara ini lebih sulit dari cara yang sebelumnya. Usahakan tubuh tetap tegak saat melayang di udara, kemudian tekuk lutut dan dorong bagian pinggul ke depan. Jangan lupa untuk merentangkan kedua lengan di atas untuk menjaga keseimbangan.

  • Melayang dengan sikap berjalan di atas udara (walking in the air)

Saat melayang di udara, ayunkan kaki belakang ke atas sekuat-kuatnya. Lalu buat gerakan melangkah di udara dengan kaki yang sebelumnya dipakai untuk menumpu, sehingga terbentuk gerakan berjalan di atas udara.

4. Teknik Mendarat di Papan Lompatan

Teknik mendarat merupakan teknik terakhir dalam lompat jauh, di mana pelompat akan jatuh / berhenti dengan posisi kedua kaki menyentuh tanah secara bersamaan. Biasanya lutut akan sedikit ditekuk sebelum mendarat agar posisi badan tidak jatuh ke belakang. Pendaratan ini harus dilakukan dengan benar agar hasil lompatannya bisa memuaskan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan mendarat:

  • Upayakan jaga keseimbangan badan, jangan sampai jatuh ke belakang
  • Awali pendaratan dengan kedua tumit kaki secara bersamaan, baru disusul dengan tangan dan bagian tubuh lainnya.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, sejarah, faktor yang mempengaruhi dan teknik lompat jauh yang perlu kamu ketahui. Semoga menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai lompat jauh.

Baca Juga