Pengertian Lingkungan Hidup, Komponen, Manfaat dan Penyebab Kerusakannya
Lingkungan hidup adalah sebuah persatuan dari sejumlah lingkup ruang, dan dalam lingkungan tersebut dihuni oleh berbagai macam makhluk hidup beserta sejumlah benda mati. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa lingkungan hidup itu tidak secara fisik saja, melainkan juga mencakup perilaku sosial, ekosistem, budaya dan adat istiadat.

Pengertian Lingkungan Hidup – Tentu kita tahu bahwa lingkungan hidup sangat begitu erat kaitannya dengan segala jenis makhluk hidup. Ya, hal ini dikarenakan setiap makhluk hidup pasti mempunyai lingkungan hidupnya sendiri. Sebelum bicara sampai jauh, ngomong-ngomong kamu udah paham belum apa itu lingkungan hidup?

Nah, buat kamu yang belum tahu apa itu lingkungan hidup, pas banget nih karena kali ini kita akan membahas tentang pengertian lingkungan hidup, komponen, manfaat dan penyebab kerusakannya.

Pengertian Lingkungan Hidup

Pada umumnya, lingkungan hidup adalah sebuah persatuan dari sejumlah lingkup ruang, dan dalam lingkungan tersebut dihuni oleh berbagai macam makhluk hidup beserta sejumlah benda mati. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa lingkungan hidup itu tidak secara fisik saja, melainkan juga mencakup perilaku sosial, ekosistem, budaya dan adat istiadat.

Sebagai makhluk yang berakal dan berbudi pekerti, maka kita sebagai seorang manusia memiliki peran yang begitu besar dalam menjaga dan merawat kestabilan lingkungan hidup pada muka bumi ini. Sehingga kita harus sadar bahwa kita seharusnya menjaga dan merawat lingkungan hidup kita, bukan malah merusaknya.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Dalam hal ini para ahli juga mengungkapkan gagasan atau pendapatnya mengenai pengertian lingkungan hidup, antara lain :

Emil Salim

Lingkungan hidup merupakan semua keadaan, benda, kondisi dan pengaruh yang terletak atau berada dalam sebuah ruang yang sama dengan kita dan hal itu mampu mempengaruhi kehidupan di sekitarnya, entah itu tumbuhan, hewan ataupun manusia.

Otto Soemarwoto

Lingkungan hidup merupakan semua keadaan, kondisi dan benda yang berada dalam sebuah ruang yang sama dengan kita, dan hal itu mampu mempengaruhi kehidupan kita.

Sambas Wirakusumah

Lingkungan hidup merupakan segala hal yang meliputi aspek eksternal biologis, dalam hal ini organisme hidup menjadikan lingkungan tersebut menjadi sebuah tempat belajar mengenai aspek lingkungan itu sendiri.

Bintaro

Lingkungan hidup merupakan segala benda yang berada dalam lingkungan kita, entah itu benda mati maupun makhluk hidup yang bisa terpengaruh dengan segala kegiatatn atau aktivitas kita.

Soedjono

Lingkungan hidup merupakan unsur jasmani atau fisik yang berada dalam bumi, meliputi hewan, tumbuhan dan manusia.

Munadjat Danu Saputra

Lingkungan hidup merupakan segala benda yang berada dalam bumi beserta dengan kondisinya, termasuk dengan manusia dan semua perilakunya.

Baca Juga : Demonstrasi - Pengertian, Penyebab, Faktor Pendukung, Cara Melakukan, Contoh dan Dampaknya

Komponen Lingkungan Hidup

Pada umunya lingkungan hidup terdiri dalam tiga jenis, yakni lingkungan hidup alami, lingkungan hidup buatan dan lingkungan sosial budaya.

Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan hidup alami adalah suatu lingkungan hidup yang terbuat atau terbentuk secara alami dan tanpa campur tangan makhluk hidup (manusia, tumbuhan, hewan) sama sekali. Biasanya lingkungan jenis ini terbentuk dari berbagai macam proses alam. Organisme yang begitu tinggi biasanya terdapat dalam lingkungan hidup jenis ini, hal ini dikarenakan lingkungan hidup tersebut terbentuk atau terbuat secara dinamis.

Lingkungan Hidup Buatan

Sedangkan lingkungan hidup buatan merupakan jenis lingkungan hidup yang terbentuk atau terbentuk dengan adanya campur tangan manusia. Selain itu, lingkungan jenis ini dibuat secara sengaja oleh manusia untuk dijadikan sebagai tempat baru yang bisa ditempati.

Lingkungan Sosial Budaya

Lingkungan sosial budaya merupakan sebuah tempat dimana sejumlah manusia bisa melakukan interaksi dengan sesama manusia lainnya. Tentunya lingkungan sosial budaya masih berhubungan erat dengan lingkungan alam itu sendiri. Berbagai macam jenis perubahan ataupun kerusakan yang terjadi dalam lingkungan alam adalah sebuah hasil dari interaksi manusia di lingkungan sosial budaya.

Manfaat Lingkungan Hidup

Manusia dapat bertahan hidup lantaran adanya sejumlah manfaat dari lingkungan hidup yang berada di sekitarnya. Manfaat lingkungan hidup sendiri dapat di bagi menjadi beberapa bagian, yakni :

1. Udara Segar

Udara segar merupakan salah satu komponen abiotik yang juga merupakan komponen penting bagi pernapasan makhluk hidup.

2. Air

Air mempunyai peranan penting dalam mencukupi dan menunjang segala kebutuhan hidup manusia, misalnya seperti minum, mandi, dan masih banyak lagi.

3. Lahan

Lahan juga memiliki peranan penting dalam memberikan sebuah tempat untuk dijadikan sebagai tempat tinggal bagi manusia, hewan dan tumbuhan.

Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

Kita tahu bahwa alam juga ikut berperan dalam pembentukan lingkungan hidup di muka bumi ini, namun hal itu tak menutup kemungkinan bagi alam untuk merusaknya. Tak hanya alam saja, namun manusia yang dikenal sebagai makhluk hidup yang berperan besar dalam menjaga kestabilan lingkungan hidup, ternyata juga menjadi sebuah penyebab kerusakan lingkungan hidup itu sendiri. Contoh kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh alam dan manusia, antara lain :

Gunung Meletus

Pengertian Lingkungan Hidup
Gunung Meletus

Lava, lahar dan sejumlah material yang dikeluarkan dari gunung berapi ketika meletus memang sangat merugikan bagi semua makhluk hidup. Lingkungan hidup sekitar pun akan hancur, seperti sungai yang tercemar, rumah yang roboh, tanaman yang mati dan lain sebagainya.

Sunami

Pengertian Lingkungan Hidup
Sunami

Sama seperti gunung meletus, sunami juga merupakan salah satu penyebab kerusakan lingkungan hidup. Kerusakaan yang ditimbulkan dari sunami sendiri seperti rumah hanyut atau tenggelam, sejumlah hewan dan tanaman mati, dan masih banyak lagi.

Tanah Longsor

Pengertian Lingkungan Hidup
Tanah Longsor

Pada umumnya tanah longsor merupakan sebuah bencana alam yang diakibatkan oleh manusia. Penebangan hutan liar memang diyakini sebagai salah satu aktivitas manusia yang menyebabkan tanah longsor, dimana tanah longsor sendiri sangat merusak lingkungan hidup, seperti rumah yang tertimbun tanah, sejumlah pohon tumbang dan lain sebagainya.

Banjir

Pengertian Lingkungan Hidup
Banjir

Sebenarnya banjir sangat mirip dengan bencana sunami, hanya saja banjir pada umumnya tidak menimbulkan kerugian sebesar sunami. Namun tetap saja banjir mampu merusak lingkungan hidup.

Pencemaran Air

Pengertian Lingkungan Hidup
Pencemaran Air

Limbah pabrik yang dibuang ke sungai, dan berbagai macam sampah yang dibuang ke sungai membuat air sungai tercemar. Dimana hal ini juga merusak lingkungan hidup, seperti sejumlah ikan dan hewan lain yang hidup di sungai tersebut akan mati, memicu timbulnya berbagai macam penyakit, sulit mendapatkan sumber air bersih, dan masih banyak lagi.

Pencemaran Udara

Pengertian Lingkungan Hidup
Pencemaran Udara

Pencemaran udara sebdiri bisa meliputi, asap pabrik, motor, pesawat terbang dan juga roket. Dimana hal tersebut mengakibatkan kadar oksigen pada udara semakin berkurang, menipisnya lapisan ozon serta terjadinya hujan asam yang mampu mengancam lingkungan hidup.

Baca Juga