Pengertian Lemak -  Jenis dan Fungsinya
Lemak bagi sebagian orang merupakan momok menakutkan. Lemak diidentikkan dengan sebagai penyebab kegemukan atau obesitas. Untuk pembahasan lengkap tentang lemak silahkan simak pembahasan tentang pengertian lemak, jenis dan fungsinya!

Sebagian orang berpikir bahwa lemak itu jahat dan merupakan sumber penyakit. Tentunya pendapat tersebut tidaklah salah. Namun tidak juga dibenarkan sepenuhnya, karena sesungguhnya tidak semua lemak jahat. Bahkan lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi terbaik. Namun kelebihan lemak bisa bermasalah pada kesehatan bahkan beberapa orang melakukan upaya sedot lemak agar mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Agar tidak salah paham dengan lemak silahkan simak pembahasan lengkap tentang pengertianlemak, jenis lemak dan fungsi lemak berikut ini!

Pengertian Lemak

Pengertian Lemak -  Jenis dan Fungsinya
Pengertian Lemak

Lemak merupakan senyawa kimia yang tidak larut dalam air yang tersusun dari tiga unsur yaitu karbon (C), hidrogen (H), dan Oksigen (O). Karena lemak tidak larut dalam air maka untuk melarutkan lemak dibutuhkan pelarut khusus yaitu eter, klorofom dan benzen. Lemak merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh sama halnya dengan karbohidrat dan protein. Sehingga pemenuhan kebutuhan akan lemak wajib diperhatikan agar tubuh tetap sehat.

Jenis Lemak Berdasarkan Ikatan Kimianya

Pengertian Lemak -  Jenis dan Fungsinya
Jenis Lemak Berdasarkan Ikatan Kimianya

Jenis lemak dapat dibedakan berdasarkan ikatan kimianya. Dari pembagian ini dapat diketahui bahaya dari lemak tersebut apabila dikonsumsi secara berlebihan. Pembagian jenis lemak berdasarkan ikatan kimia terdiri dari lemak jenuh dan lemak tak jenuh.

1. Lemak Jenuh

Lemak jenuh adalah lemak dengan struktur ikatan tunggal. Lemak jenuh juga biasa dikenal dengan istilah lemak jahat, karena lemak ini bisa menjadi sumber dari berbagai macam penyakit. Lemak jenuh menggumpal dan mengganggu sistem peredaran darah sehingga bisa menyebabkan penyakit kolestrol dan stroke. Sumber lemak jenuh biasanya berasal dari lemak hewani. Contohnya adalah daging, susu murni, minyak hewan dan lain-lain.

2. Lemak Tak Jenuh

Lemak tak jenuh adalah lemak dengan struktur ikatan ganda. Lemak tak jenuh ini juga dikenal dengan lemak baik. Lemak tak jenuh bisa didapatkan dari makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Contohnya adalah kacang kedelai, buah alpukat, dan lainnya.

Catatan: Tidak semua lemak yang berasal dari hewan adalah lemak jenuh karena ada juga lemak yang berasal dari hewan yang merupakan lemak tak jenuh seperti lemak dari ikan salmon.

Jenis Lemak Berdasarkan Struktur Kimianya

Pengertian Lemak -  Jenis dan Fungsinya
Jenis Lemak Berdasarkan Struktur Kimianya

Berdasarkan struktur kimianya lemak dapat dibagi menjadi tiga yaitu lemak sederhana, lemak campuran, dan lemak derivat. Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga jenis lemak tersebut.

1. Lemak Sederhana

Lemak sederhana terdiri dari gliserol dan tiga asam lemak. Lemak ini bisa ditemukan pada lemak daging hewan. Lemak sederhana dapat berupa lemak jenuh dan lemak tak jenuh.

Gliserol merupakan komponen yang menyusun berbagai macam lipid, termasuk trigliserida. (Sumber: wikipedia)

2. Lemak Campuran

Lemak campuran terdiri dari Fosfolipid dan lipoprotein. Jenis ini sangat dibutuhkan dalam tubuh karena kandungan lemak yaitu Fosfolifid dibutuhkan untuk membangun dinding sel tubuh. Adanya Fosfolifid dalam dinding sel menyebabkan penguapan air dalam sel tersebut menjadi berkurang.

Fosfolipid merupakan golongan senyawa lipid dan merupakan bagian dari membran sel makhluk hidup (Sumber: wikipedia).
Lipoprotein adalah stukrur biokimia yang berisi protein dan lemak, yang terikat pada protein, yang memungkinkan lemak untuk bergerak melalui air pada bagian dalam dan di luar sel. (Sumber: wikipedia)

3. Lemak Derivat

Lemak derivat terdiri dari asam lemak, sterol, gliserol, dan kolestrol. Lemak ini jika berlebihan di dalam tubuh terutama kolestrol maka akan dapat menyebabkan penyakit yang berujung pada kematian.

Sterol, dikenal juga sebagai steroid alkohol, adalah sub kelompok steroid dan merupakan kelompok penting molekul organik. (Sumber: wikipedia)
Kolesterol adalah komponen vital untuk struktur membran sel hewan dan berfungsi sebagai prekursor untuk vitamin yang larut dalam lemak dan hormon steroid. (Sumber: wikipedia)

Sumber Lemak

Pengertian Lemak -  Jenis dan Fungsinya
Sumber Lemak

Lemak berasal dari makanan yang dikonsumsi. Sumber lemak berasal dari hewan yang disebut lemak hewani dan lemak dari tumbuhan yang disebut lemak nabati. Penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Hewan (Lemak Hewani)

Sumber lemak yang berasal dari hewan bsia didapatkan dari daging hewan, susu murni dan minyak hewan. Lemak ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah normal. Lemak ini dibutuhkan dalam pembentukan energi tubuh dan fungsi lemak lainnya. Sedangkan dalam jumlah tinggi terutama daging hewan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

2. Tumbuhan (Lemak nabati)

Sumber lemak yang berasal dari tumbuhan di dapatkan dari tumbuh-tumbuhan yang mengandung lemak seperti kacang-kacangan. Kandungan lemak dari tumbuhan biasanya merupakan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh. Beberapa kacang-kacangan yang juga mengandung lemak bahkan masuk dalam salah satu kategori makanan diet yang baik.

Fungsi Lemak

Pengertian Lemak -  Jenis dan Fungsinya
Fungsi Lemak

Lemak merupakan kebutuhan tubuh manusia yang sangat penting. Namun pemenuhan kebutuhan lemak harus dilakukan dalam batas normal. Secara normal fungsi lemak bagi tubuh adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai sumber energi. Energi yang dihasilkan dari lemak lebih tinggi daripada karbohidrat.
  2. Sebagai pelarut berbagai macam vitamin seperti Vitamin A, D, E dan K. Selain itu lemak juga berfungsi melarutkan zat-zat lain dalam tubuh selain vitamin.
  3. Membangun membran sel.
  4. Sebagai pelindung organ bagian dalam tubuh seperti jantung dan lambung.
  5. Melindungi tubuh dari perubahan suhu yang terjadi pada lingkungan.
  6. Sebagai bahan penyusu empedu dan asam folat.
  7. Mengoptimalkan fungsi pencernaan makanan, lemak berfungsi untuk memperlambat sistem pencernaan makanan sehingga tidak mudah merasakan lapar.

Baca juga: 9 Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan.

Demikian pembahasan tentang pengertian lemak, sumber lemak, dan fungsi lemak. Semoga dapat dijadikan referensi dan tambawan wawasan.

Baca Juga