Pengertian LAN, Ciri, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya
LAN atau Local Area Network merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan wilayah yang sangat kecil. Biasanya jaringan yang satu ini akan menghubungkan beberapa komputer dalam satu wilayah yang jaraknya berdekatan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian LAN berikut ini.

Jika kamu sering menggunakan komputer, kamu tentu tidak asing lagi dengan istilah LAN atau Local Area Network. Pasalnya, jaringan yang satu ini biasanya digunakan untuk menghubungkan sejumlah komputer yang berada di area tertentu. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian LAN, ciri-ciri LAN, fungsi LAN, kelebihan LAN, dan kekurangan LAN berikut ini.

Pengertian LAN

Pengertian LAN, Ciri, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya
Pengertian LAN

LAN atau Local Area Network merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan wilayah yang sangat kecil. Biasanya jaringan yang satu ini akan menghubungkan beberapa komputer dalam satu wilayah yang jaraknya berdekatan. Berikut ini adalah pengertian LAN menurut para ahli:

1. Menurut Agus J. Alam

Pengertian LAN menurut Agus J. Alam adalah jaringan yang terdiri atas satu komputer atau lebih, yang ada di dalam suatu lokasi tertentu.

2. Menurut Zuhal

Pengertian LAN menurut Zuhal adalah jaringan komputer yang seringkali ditemukan di dalam kampus, rumah, ataupun perkantoran.

3. Menurut Arief Ramadhan

Pengertian LAN menurut Arief Ramadhan adalah sebuah jaringan komputer yang mempunyai area cakupan yang terbatas pada lokasi atau area tertentu saja.

4. Menurut Teguh Wahyono

Pengertian LAN menurut Teguh Wahyono adalah sebuah jaringan komputer yang bersifat lokal, yang mempunyai ruang lingkup wilayah yang tak terlalu besar. Sebuah jaringan LAN biasanya hanya memiliki cakupan wilayah dengan radio sekitar 20 km saja.

5. Menurut Bonnie Suherman

Sedangkan pengertian LAN menurut Bonnie Suherman adalah jaringan yang terbatas pada ruangan tunggal dalam satu gedung atau menghubungkan beberapa gedung dalam satu area geografis tertutup.

Ciri-Ciri LAN

Pengertian LAN, Ciri, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya
Ciri-Ciri LAN

Jaringan LAN memiliki sejumlah karakteristik yang membedakannya dengan jaringan lain, antara lain sebagai berikut:

1. Kecepatan transfer datanya terbatas.

2. Biasanya dipasang di wilayah geografis yang sempit, seperti di dalam rumah, kantor, kampus, sekolah, dan lain sebagainya.

3. Tidak membutuhkan akses internet ataupun jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.

Fungsi LAN

Pengertian LAN, Ciri, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya
Fungsi LAN

Jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan sejumlah komputer dalam satu lokasi agar bisa terkoneksi satu sama lain sehingga lebih mudah dalam melakukan pertukaran data dan mempercepat proses kerja. Dengan adanya jaringan LAN, segala pekerjaan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah karena kita dapat mengakses data dari komputer manapun. Selain itu, jaringan LAN juga lebih menghemat biaya karena perangkat yang berada pada jaringan LAN bisa digunakan secara bersama-sama dengan menggunakan teknik sharing, contohnya seperti sharing printer, sharing file, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah fungsi yang dimiliki LAN:

1. Mempercepat proses pertukaran data dalam jaringan.

2. Memungkinkan data dan informasi tetap bersifat up to date. Jika ada pembaruan data dalam jaringan, hal tersebut bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

3. Semua perangkat yang berada pada jaringan LAN bisa digunakan secara bersama-sama, sehingga lebih hemat dan efisien.

Kelebihan LAN

Pengertian LAN, Ciri, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya
Kelebihan LAN

Berikut ini adalah sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh jaringan LAN:

1. Berbagi Resource

Dengan menggunakan jaringan LAN, kamu bisa dengan mudah berbagi resource dengan komputer lain. Hal ini sangat efisien karena dengan berbagi resource, kamu bisa menghemat biaya pengeluaran. Kamu tak perlu lagi membeli perangkat seperti printer, scanner, ataupun media penyimpanan untuk masing-masing komputer. Kamu hanya perlu membeli satu perangkat kemudian dibagi agar bisa diakses pada komputer lain.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa berbagi aplikasi software dengan perangkat lain. Hal ini sangat efektif karena mempermudah produktivitas waktu. Akan tetapi, berbagi aplikasi software tak selamanya lebih murah daripada menginstall satu per satu software pada komputer. Pasalnya, lisensi produk untuk setiap software tetap saja diperlukan pada saat proses pemasangan.

2. Data Terpusat

Dengan menggunakan file server, data yang ada pada seluruh komputer yang terhubung pada jaringan LAN akan tersimpan dalam satu tempat, yakni server. Tujuannya adalah untuk memudahkan user dalam mengakses file yang dimiliki komputer lain. Hal ini juga membantu memback-up data user sehingga user tak perlu khawatir soal data jika terjadi error atau kesalahan pada komputer user.

Jika suatu data dibagikan dalam suatu jaringan, user yang memiliki akses bisa saja melihat data tersebut di waktu yang sama. Akan tetapi, mereka tidak bisa mengeditnya di waktu bersamaan. Sebab ketika suatu file diedit oleh seorang user, maka file tersebut akan dikunci sehingga user lain tak bisa mengeditnya di waktu yang sama. Setelah user tersebut selesai mengedit dan menyimpan hasilnya, barulah file tersebut akan dibuka kembali. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi apabila beberapa orang melakukan pengeditan di waktu yang sama.

Baca Juga: Pengertian Vaksin, Fungsi, Jenis, Sistem dan Jadwal Pemberian Vaksin.

Kekurangan LAN

Pengertian LAN, Ciri, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya
Kekurangan LAN

Selain kelebihan, jaringan LAN tentu saja juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki jaringan LAN:

1. Keamanan yang Rentan

Keamanan merupakan hal yang sangat penting dalam suatu jaringan komputer, begitu juga pada jaringan LAN. Admin jaringan memiliki peran penting dalam mencegah pihak asing untuk mengakses data pada jaringan. Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi keamanan jaringan LAN adalah user. Sebab tak menutup kemungkinan kalau user tak bisa menjaga rahasia password yang ia miliki. Atau mungkin saja password yang ia miliki terlalu mudah untuk ditebak. Akibatnya, pihak asing bisa menerobos masuk ke dalam jaringan melalui user tadi.

2. Masalah pada server pusat

Masalah pada server pusat bisa berakibat fatal pada jaringan LAN karena hal ini akan mempengaruhi semua jaringan komputer sehingga komputer yang satu tidak bisa berkomunikasi dengan komputer lainnya. Biasanya masalah pada server pusat ini meliputi masalah infeksi virus.

3. Instalasi yang mahal

Pemasangan jaringan LAN bisa saja menjadi mahal tergantung pada kebutuhan dan kondisi lapangan. Untuk jaringan LAN yang menggunakan kabel, kamu harus membuat jalur kabel terlebih dahulu dengan melobangi dinding atau menaruhnya di bawah lantai, dan kemudian memasang kabel. Sedangkan untuk jaringan LAN jenis wireless, kamu tak perlu menggunakan kabel. Akan tetapi, kamu perlu alat untuk memperkuat sinyal karena area cakupan dari wireless biasanya terbatas.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian LAN, ciri-ciri LAN, fungsi LAN, kelebihan LAN, dan kekurangan LAN berikut ini.

Baca Juga