Pengertian Komunikasi, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi dalam Jaringan
Komunikasi adalah cara menyampaikan dan menerima pesan yang dilakukan melalui jaringan internet, umumnya hal tersebut dapat dikatakan dengan komunikasi di dalam dunia maya. Tentunya adalah hal ini komunikasi tersebut bisa dilakukan dimana saja bahkan kapan saja.

Pengertian Komunikasi dalam Jaringan

Kata.co.id – Komunikasi merupakan suatu cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan satu orang atau lebih dengan menggunakan jaringan internet dan disanalah terjadi komunikasi antara sesama dengan jarak jauh.

Pengertian Komunikasi dalam Jaringan
Pengertian Komunikasi dalam Jaringan

Komunikasi tersebut adalah cara menyampaikan dan menerima pesan yang dilakukan melalui jaringan internet, umumnya hal tersebut dapat dikatakan dengan komunikasi di dalam dunia maya. Tentunya adalah hal ini komunikasi tersebut bisa dilakukan dimana saja bahkan kapan saja bisa dilakukan karena dengan seiring berkembangnya teknologi maka komunikasi dengan orang yang ada di luar negeri pun bisa dilakukan.

Oleh sebab itu, komunikasi dapat memberikan manfaat bagi sejumlah orang dan membantu memberikan informasi yang penting dan akurat. Bahkan tidak sedikit juga akibat dari komunikasi tersebut banyak yang berdampak negatif, hal tersebut kembali lagi pada diri masing-masing.

Komunikasi dalam internet banyak sekali dilakukan oleh semua orang bahkan anak yang di bawah umur sekalipun bisa melakukan komunikasi dengan siapa saja, dengan seiring berkembang zaman dan kemajuan teknologi komunikasi tersebut hampir tidak memiliki batasan selagi kita memiliki sambungan dengan internet.

Internet merupakan alat sambungan atau komunikasi yang banyak dilakukan oleh semua orang di dunia yang cukup efektif dan efesien serta mudah dilakukan, apalagi sekarang sudah tersedianya sarana dan layanan yang dapat dijadikan sebagai alat komunikasi. Berikut salah satu layanan atau sarana yang dapat dijadikan sebagai alat komunikasi.

Facebook, Twitter, Instagram, E-mail, dan masih banyak lagi. Sarana tersebut bisa dilakukan sebagai alat komunikasi seperti Chatting, SMS, Video Call dan lain sebagainya. Dengan kemajuan teknologi dan sarana komunikasi maka manusia akan bergantung dengan teknologi, sehingga sarana untuk mengakses internet tersebut semua orang memerlukan gadget atau smartphone.

Jenis-jenis Komunikasi dalam Jaringan

Jenis-jenis Komunikasi dalam Jaringan
Jenis-jenis Komunikasi dalam Jaringan

Ada beberapa jenis komunikasi dalam jaringan yang perlu diketahui. Berikut jenis-jenis komunikasi pada jaringan:

1. Komunikasi Sinkron

Komunikasi sinkron tersebut merupakan komunikasi yang menggunakan komputer sebagai fasilitas yang terjadi secara bersama atau serentak, real time. Contoh komunikasi sinkron antara lain :

  • Text Chat

Text chat merupakan fitur apalikasi atau program yang ada dalam jaringan internet yang berfungsi untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung dengan pengguna internet yang sedang dalam jaringan internet.

Komunikasi text chat tersebut akan  mengeirim pesan dan menerima pesan pada orang lain begitu juga sebaliknya.

  • Video Chat

Video chat tersebut merupakan salah satu komunikasi yang sangat banyak dilakukan oleh sebagai orang dengan melakukan interaksi audio dan video dengan orang lain dalam tempat yang berbeda. Video chatting tersebut bisa dilakukan di dalam komputer dan juga bisa dilakukan di smartphone anda.

2. Komunikasi Asinkron

Komunikasi asinkron tersebut merupakan komunikasi menggunakan komputer yang bisa dilakukan dengan waktu jeda atau di tunda. Contohnya adalah komunikasi menggunakan e-mail, rekaman dan lain sebagainya.

Itulah jenis-jenis komunikasi dalam jaringan

Baca Juga : Pengertian E-Commerce, Jenis, dan Komponen E-commerce

Kelebihan dan Kekurang Komunikasi dalam Jaringan

Kelebihan dan kekurangan komunikasi dalam jaringan
Kelebihan dan kekurangan komunikasi dalam jaringan

Kelebihan Komunikasi dalam Jaringan

Berikut kelebihan komunikasi dalam jaringan yang perlu diketahui oleh siapa saja.

1. Komunikasi dalam jaringan dapat dilakukan kapan saja dan waktu kapan saja yang kita mau. Hal tersebut bisa dilakukan oleh anda dengan cara terhubung dengan internet dan juga fasilitas yang disediakan juga menjamin untuk bisa berkomunikasi. Contoh “Komputer/smartphone”

2. komunikasi ini dapat menghemat waktu, karena berkomunikasi dalam jaringan internet tidak perlu pergi ke suatu tempat untuk melakukan pertemuan sehingga waktu yang dibutuhkan juga cukup lama dan akibatnya juga biaya pasti akan boros. Cukup berkomunikasi dirumah saja dengan bantuan fasilitas anda terhubung dengan internet, sehingga waktu yang akan anda gunakan cukup lama.

3. Komunikasi ini dapat menghemat biaya, karena dalam komunikasi ini tidak perlu datang ke rumah atau ke tempat orang lain cukup internet maka segala kebutuhan anda akan terpenuhi. Berbeda sekali apabila dilakukan dengan cara komunikasi konvensional yang dapat mengeluarkan biaya cukup besar. Maka dengan adanya internet biaya transportasi untuk bicara dengan lawan biacara tersebut tidak perlu datang ke rumahnya, cukup dengan internet.

4. Dapat mengirim file atau dokument, dengan adanya komunikasi jaringan maka seseorang dapat mengirim berbagai dokumen dan file yang penting tanpa harus pergi atau mengunjungi rumahnya. Dengan jarak jauh pun bisa dilakukan asal terhubung dengan jaringan internet.

5. Dapat dilakukannya diskusi, dengan adanya komunikasi yang terhubung dengan jaringan internet, maka hal yang tidak mungkin terjadi bisa terjadi salah satu contoh adalah bisa dilakukannya diskusi dengan berbagai orang tanpa harus kumpul bersama disuatu tempat yang sama. Maka dari itulah dengan adanya komunikasi yang baik dan terhbung dengan internet dan tentunya fasilitas yang mendukung diskusi dengan jarak jauh pun akan bisa dilakukan dengan baik.

6. Komunikasi ini dapat meningkatkan intensitas berkomunikasi yang dimana sebagian orang yang kurang aktif dalam dunia nyata, maka dalam suatu ketika mereka akan aktif di dalam media maya.

7. Memperkecil tingkat emosi

Dengan adanya jaringan internet dalam komunikasi jarak jauh dan memakai perantara dan juga fasilitas tanpa bertemu dengan lawan bicara, maka tingkat emosi yang dimiliki akan kecil berbeda sekali apabila bertemu langsung dengan lawan bicara.

Kekurangan Komunikasi dalam Jaringan

1. Memerlukan media atau fasilitas

Untuk terhubung dengan jaringan maka hal yang harus dilakukan adalah dengan memiliki fasilitas atau perangkat keras yang bisa terhubung dengan jaringan salah satu contoh adalah komputer.

2. tidak dapat melihatkan emosi secara langsung

Ketika dalam komunikasi terdapat hal yang kurang paham dan tidak setuju biasa wajah yang diberikan akan berpengaruh terhadap lawan bicara apabila bertemu langsung, namun berbeda dengan cara komunikasi lewat jaringan.

3. Kurang percaya diri

Dalam komunikasi yang memerlukan jaringan biasanya bicara dengan siapa saja akan berjalan dengan lancar bahkan percaya diri, namun ketika berbicara langsung dengan lawan bicara dengan cara bertatap muka, maka kesan dan percaya dirinya akan kurang.

Itulah pengertian komunikasi, jenis, kelebihan dan kekurangan komunikasi dalam jaringan.

Baca Juga