Komputer - Pengertian, Kegunaan, dan Komponen Komponen Beserta Fungsinya
Pengertian daripada komputer, kegunaannya, beserta komponen komponen yang saling berhubungan dan sangat bergantung kepada komponen lainnya, sehingga jika satu komponen komputer tidak ada, maka tidak akan bisa digunakan dengan baik.

Pengertian Komputer

pengertian komputer secara umum adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasarkan urutan istruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada

Fungsi komputer

sedangkan untuk fungsi komputer itu sendiri saya mengambil contoh secara umum &  juga dirasakan saya pribadi yaitu sebagai sarana komunikasi, sarana untuk mempermudah pekerjaan, sebagai alat hiburan, sarana usaha, sebagai sarana pendidikan, sarana pengendali (controling), sarana informasi dan masih banyak fungsi2 yang tidak tersebutkan. 

maka dari itu jika dalam hal pekerjaan dijaman seperti sekarang seseorang tidak dapat menggunakan komputer dan mengetahui beragam fungsi komputer untuk mempercepat kinerjanya akan sangat menghambat dalam pekerjaan. karena hampir seluruh bidang pekerjaan kebanyakan menggunakan bantuan sistem komputerisasi.

Komponen Komponen Pada Komputer Beserta Fungsinya

berikut adalah komponen komponen pada komputer yang memiliki peran penting beserta fungsinya

1. Motherboard

Motherboard
motherboard

Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

2. Processor

Processor
processor

Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau lain sebagainya.

3. RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory)
random access memory

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, atau lain sebagainya. Karena di 2017 ini RAM terbaru sudah support DDR 5


4. Video Card

Video card
video card

Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.

5. Sound Card

Sound card
sound card

Sound card adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara dan menyediakan port-port inputan dan outputan. Sound card biasanya telah disediakan secara onboard di motherboard-motherboard baru yang ada di pasaran saat ini, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli sebuah sound card. tetapii, Jika sound onboard kalian tidak berfungsi alias rusak, maka kalian harus mengoceh katong celana kalian untuk membeli sound card.


6. Harddisk

Harddisk
harddisk

Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.

7. Optical Disc Drive

Optical Disc Drive
optical disc drive

Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya. Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu interface apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau lain sebagainya.


8. Monitor

Monitor
monitor

Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik.


9. Keyboard

Keyboard
keyboard

Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya. 

10. Mouse

Mouse
mouse

Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

11. Casing

Casing komputer
casing komputer

Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.


12. Power Supply

Power Supply
power supply

Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.


13. Heatsink

Heatsink
heatsink

Nahhh, jadii setelah adanya penjelasan mengenai processor, maka dibutuhkan juga yang namanya heatsink, karena processor tidak akan berfungsi jika tidak ditempelkan pada bagian bawah heatsink ini, karena processor akan cepat panas dan membutuhkan heatsink untuk meredakan panasnya. Fungsi utamanya adalah meredakan panas untuk processor dan komponen lainnya

14. Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card (NIC)
network interface card

Komponen komputer selanjutnya adalah network interface card yang disingkat NIC, atau bahasa asing yang digunakan masyarakat adalah LAN CARD, komponen ini digunakan jika LAN bawaan motherboard atau onboard tidak berfungsi dengan baik. Karena motherboard pada umumnya sudah dilengkapi dengan colokan LAN, jadii tidak perlu merogoh kantong untuk membeli LAN CARD ini. 

15. Baterai CMOS

Baterai CMOS
baterai CMOS

nahh, Semua komponen umum sudah dijelaskan, tetapi kita melupakan peran dari Baterai CMOS ini. padahal fungsinya sangatlah penting yakni berfungsi agar BIOS tetap aktif meski tanpa aliran listrik. Jika kalian pernah mengalami jam ngaco dan tidak bisa internetan, itu dikarenakan masa penggunaan baterai CMOS sudah habis atau harus diganti dengan yang baru.

Nahhh, Jadii Itulah komponen komponen didalam komputer yang sangat penting peranannya, jika teman teman ingin mendalami mengenai jaringan, dan bahasa pemrograman, silakan boleh juga dibaca baca : 

Komputer dan Jaringan dasar - Pengertian, Tujuan, Manfaat, Macam Jaringan, dan Sejarah Jaringan Komputer

Pemrograman Dasar Algoritma - Konsep, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Dan Struktur Penulisan Algoritma

Baca Juga