Pengertian keyboard, Fungsi, Jenis Keyboard Komputer
Keyboard adalah sebuah perangkat keras dalam komputer yang memiliki fungsi sebagai alat untuk input atau masukan data yang berupa huruf, simbol dan juga angka dan juga perangkat keras komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol.

Pengertian Keyboard Komputer

Kata.co.id – Keyboard adalah sebuah perangkat keras dalam komputer yang memiliki fungsi sebagai alat untuk input atau masukan data yang berupa huruf, simbol dan juga angka. Dalam kata lain keyboard juga bisa diartikan sebagai perangkat keras komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut memiliki fungsi berbeda yang bisa menghasilkan suatu proses yang dapat diterima oleh CPU.

Pengertian Keyboard Komputer
Pengertian Keyboard Komputer

Sebenarnya sebagian kalangan sudah tidak asing lagi dengan yang namanya keyboard tersebut, namun disisi lain masih belum mengetahui tentang apa itu keyboard. Selain untuk alat menginputkan data, keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi yang berguna bagi yang lainnya. Beberapa tombol yang ada di dalam keyboard tersebut mungkin saja bisa berguna bagi para emain game.

Fungsi Keyboard Pada Komputer

Selain itu, keyboard juga memiliki peranan penting atau fungsi pada komputer yang dimana sebagian orang pasti mengetahui fungsi tersebut, namun untuk lebih jelasnya bisa menyimak berikut ini.

Fungsi dari keyboard itu sendiri yakni sebagai alat untuk memasukan dan mengirimkan perintah dari setiap huruf, simbol dan juga angka yang diketikan dan kemudian akan disampaikan ke CPU dan kemudian perintah tersebut akan diubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga perintah tersebut dapat dimengerti oleh processor.

Papan keyboard modern ini yang digunakan pada mas kini adalah hasil dari pengembangan keyboard yang sudah dijadikan lebih baik oleh Christipher Scholes pada tahun 1868. Keyboard ini tidak hanya mengacu pada papan ketik saja melainkan kepada laptop, dan juga handphone. Dalam keyboard yang sudah tersusun huruf, serta angka atau juga simbol selalu sama dengan susunan tombol Qwerty.

Fungsi Keyboard berdasarkan Tombolnya

Fungsi utama dari keyboard adalah alat untuk memasukan dan mengirimkan perintah dari setiap huruf, simbol dan juga angka yang diketikan atau juga disebut dengan Input.

Baca Juga : Pengertian Sistem Informasi, Fungsi, Komponen dan Ciri-Ciri Sistem Informasi

Susunan Tombol keyboard

1. Main Typing Keypad

Main Typing Keypad ini merupakan papan ketik utama yang berisi huruf A – Z, tanda baca dan juga angka 0 – 9 yang digunakan untuk memasukan teks ke dalam sistem komputer tersebut.

2. Direction Keys

Direction Keys ini adalah tombol yang ditandai dengan anak panah yang mengarah ke empat sisi yakni bawah, kanan, atas dan juga kiri. Tombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor dan layar ke suatu arah tertentu.

3. Numeric

Numeric ini merupakan tombol angka dan juga tombol pemindah kursor yang biasanya terletak disisi kanan tombol Main Typing Keypad.

4. Function key

Function key ini merupakan tombol yang berada di paling atas keyboard yakni F1 – F12. Tombol ini berfungsi untuk memerintah atau menyimpan dokumen atau yang lainnya.

5. Special Key

Special Key merupakan tombol yang berada dibagian atas tombol direction key seperti tombol Home, delete, Insert, Pause Break, Print sc.

6. Modifier Keys

Merupakan tombol seperti CTRL, ALT, dan Shift, ketiga tombol tersebut akan merubah fungsi terhadap tombol yang lainnya, salah satu conto Ctrl+A, yang berfungsi untuk memblok teks yang ada di dalam ms.office word.

7. Status Light

Merupakan tombol yang sedang aktif untuk mengatur fungsi cahaya, salah satu tombol tersebut adalah Caps Lock yang dimana berfungsi untuk mengetikan huruf yang kafitas semuanya.

8. Windows key

Merupakan tombol yang berfungsi untuk memunculkan jendela windows tanpa menggunakan mouse, biasanya didalam tombol tersebut terdapat logo microsoft windows.

Itulah fungsi keyboard berdasarkan tombolnya.

Jenis-Jenis Keyboard Pada Komputer

1. Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY

Keyboard ini ditemukan pada tahun 1878, sehingga Keyboard ini menjadi alat mesin ketik yang komersial pada tahun 1905. Nama dari Keyboard tersebut diambil dari nama susunan 6 huruf pertama.

2. Keyboard Dvorak

Keyboard Dvorak
Keyboard Dvorak

Keyboard ini ditemukan pada tahun 1932, sehingga susunan dari tombol ini akan menjadikan pengguna tangan kanan akan lebih jauh bekerja dibandingkan dengan tangan kiri.

3. Keyboard Alfabetik

Keyboard Alfabetik
Keyboard Alfabetik

Keyboard ini memiliki keunikan sendiri yang dimana Keyboard tersebut hampir sama dengan Keyboard QWERTY namun yang membedakannya adalah urutan abjadnya yang selaras dengan huruf alpabet biasanya. Namun kelemahan dari tombol tersebut adalah memiliki kelemahan yang dapat memperlambat kecepatan dari menulis atau mengetik.

4. Keyboard Klockenberg

Keyboard Klockenberg
Keyboard Klockenberg

Keyboard ini dibuat dengan tujuan menyempurnakan jenis Keyboard yang telah ada dengan memisahkan kedua bagian Keyboard yakni bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri dan kanan pada Keyboard tersebut dipisahkan dengan sudut sekitar 15 derajat dan dibuat miring ke bawah dan tombol ini memiliki tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja. Namun tombol ini bukan menjadikan lebih efesien namun memberikan efek yang kurang baik bagi tangan karena selain kelelahan, bahan yang dibutuhkan untuk membuat tombol Keyboard ini akan lebih mahal.

5. Keyboard Numeric

Keyboard Numeric
Keyboard Numeric

Keyboard ini merupakan jenis Keyboard yang digunakan untuk memasukan bilangan jumlah yang sangat besar, sehingga sebagian orang lebih menyukai tombol seperti ini yang tata letaknya dapat dengan mudah dijangkau menggunakan tangan sehingga lebih nyaman digunakan oleh pemakai. Namun selain itu, pasti memiliki banyak kekurangan, namun dengan perkembangan zaman kebutuhan Keyboard tetap disesuaikan oleh kebutuhan, namun tetap hampir semua tombol tersebut lebih mengacu kepada tombol QWERTY.

Itulah penjelasan mengenai pengertian Keyboard, fungsi Keyboard, jenis-jenis Keyboard pada komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi para pembaca untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang teknologi di zaman era digital ini.  

Baca Juga