Pengertian Ketahanan Nasional, Ciri, Fungsi, Tujuan, Sifat, dan Asasnya
Ketahanan nasional adalah kondisi dinamis bangsa yang mencakup berbagai aspek kehidupan nasional yang terintegrasi dengan baik. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian ketahanan nasional berikut ini.

Jika kamu pernah belajar pendidikan kewarganegaraan (PPKN), kamu tentu tidak asing lagi dengan istilah ketahanan nasional. Istilah yang satu ini biasanya digunakan untuk menggambarkan kondisi pertahanan yang dimiliki oleh suatu negara. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian ketahanan nasional, ciri ketahanan nasional, fungsi ketahanan nasional, tujuan ketahanan nasional, sifat ketahanan nasional, dan asas ketahanan nasional berikut ini.

Pengertian Ketahanan Nasional

Pengertian Ketahanan Nasional, Ciri, Fungsi, Tujuan, Sifat, dan Asasnya
Pengertian Ketahanan Nasional

Apa itu pengertian ketahanan nasional? Ketahanan nasional terdiri atas dua kata, yaitu "ketahanan" dan "nasional". Ketahanan merupakan kemampuan seseorang dalam mengatasi rasa lelah setelah melakukan aktivitas tertentu. Sedangkan nasional merupakan sesuatu yang bersifat kebangsaan, berkaitan atau berasal dari bangsa itu sendiri.

Adapun pengertian ketahanan nasional secara umum adalah kondisi dinamis suatu bangsa yang meliputi seluruh kehidupan nasional yang terintegrasi dan mampu mengembangkan kekuatan nasional, sehingga bisa menghadapi segala hambatan atau ancaman yang datang dari dalam maupun luar, serta meraih tujuan nasional. Sedangkan pengertian ketahanan nasional menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Menurut Sumarno

Pengertian ketahanan nasional menurut Sumarno adalah kondisi dinamis bangsa yang mencakup berbagai aspek kehidupan nasional yang terintegrasi dengan baik.

2. Menurut Harjomataram

Pengertian ketahanan nasional menurut Harjomataram adalah keuletan dan kemampuan yang dimiliki suatu bangsa dalam mengatasi tantangan atau ancaman yang berasal dari dalam dan luar negeri, yang sifatnya bisa membahayakan kehidupan nasional.

3. Menurut Wikipedia

Pengertian ketahanan nasional menurut Wikipedia adalah segala upaya yang dilakukan demi mempertahankan keamanan dan kedaulatan negara.

Ciri-Ciri Ketahanan Nasional

Pengertian Ketahanan Nasional, Ciri, Fungsi, Tujuan, Sifat, dan Asasnya
Ciri-Ciri Ketahanan Nasional

Berikut ini adalah ciri-ciri ketahanan nasional yang perlu kamu ketahui:

1. Jika dilihat berdasarkan metode astagrata, aspek kehidupan nasional tercermin dalam sistematika astagrata. Sistematika ini terdiri dari tiga aspek alamiah (aspek geografi, kekayaan alam, kependudukan) dan lima aspek sosial (ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan).

2. Berpedoman pada wawasan kebangsaan.

3. Menjadi syarat utama bagi negara berkembang.

4. Ketahanan nasional dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan mengembangkan hidup ke arah yang lebih baik lagi.

5. Sebagai pertahanan yang dilakukan negara dengan tujuan untuk memelihara keamanan dan meningkatkan kesejahteraan.

6. Lebih mengutamakan pendekatan persuasif.

7. Diharapkan bisa menghadapi tantangan, ancaman, hambatan, maupun gangguan yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Fungsi Ketahanan Nasional

Pengertian Ketahanan Nasional, Ciri, Fungsi, Tujuan, Sifat, dan Asasnya
Fungsi Ketahanan Nasional

Adapun fungsi dari ketahanan nasional bagi suatu negara adalah sebagai berikut:

1. Sebagai doktrin untuk menjamin terjadinya pola perilaku yang menyatukan langkah bangsa, entah itu sifatnya inter regional, inter sektoral, ataupun multi disiplin.

2. Sebagai pola dasar dalam melakukan pembangunan nasional. Dengan kata lain, ketahanan nasional adalah arah dan pedoman pembangunan nasional yang berlaku di segala bidang dan sektor pembangunan, yang dilakukan secara terpadu sesuai rancangan program.

3. Sebagai metode pembinaan kehidupan nasional. Maksudnya adalah ketahanan nasional menjadi metode integral yang meliputi semua aspek dalam kehidupan negara, yang terdiri atas aspek alamiah (geografi, kekayaan alam, kependudukan) dan aspek sosial budaya (ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan).

Tujuan Ketahanan Nasional

Pengertian Ketahanan Nasional, Ciri, Fungsi, Tujuan, Sifat, dan Asasnya
Tujuan Ketahanan Nasional

Tujuan ketahanan nasional Indonesia bisa kamu temukan dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke 4, bunyinya yaitu "Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial."

Sifat Ketahanan Nasional

Adapun sifat ketahanan nasional adalah sebagai berikut:

1. Mandiri

Mandiri artinya percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri, serta pantang menyerah demi meraih tujuan nasional.

2. Dinamis

Dinamis artinya tidak tetap. Ada naik turunnya, tergantung pada situasi dan kondisi bangsa dan negara, serta lingkungan strategisnya.

3. Wibawa

Wibawa artinya semakin tinggi tingkat ketahanan nasional, maka semakin tinggi juga wibawa negara dan pemerintah sebagai pihak yang menyelenggarakan kehidupan nasional.

4. Konsultasi dan Kerja Sama

Konsultasi dan kerja sama artinya ada sikap saling menghargai yang dilakukan dengan cara mengandalkan kekuatan moral dan kepribadian bangsa.

Baca Juga: Pengertian Sinopsis, Ciri, Fungsi, Tujuan, Strategi Membuat, Cara Membuat, dan Contohnya.

Asas Ketahanan Nasional

Pengertian Ketahanan Nasional, Ciri, Fungsi, Tujuan, Sifat, dan Asasnya
Asas Ketahanan Nasional

Asas ketahanan nasional merupakan tata perilaku yang didasari oleh nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, dan wawasan nusantara. Asas ketahanan nasional terdiri dari beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Asas kesejahteraan dan keamanan

Asas kesejahteraan dan keamanan merupakan kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi oleh sejumlah pihak, mulai dari individu, kelompok, hingga masyarakat. Asas ini menjadi tolak ukur baik buruknya tingkat ketahanan nasional di suatu negara.

2. Asas komperherensif integral / menyeluruh terpadu

Asas komperherensif integral merupakan aspek-aspek kehidupan nasional yang berhubungan dengan bentuk kesatuan dan perpaduan yang serasi, selaras, dan seimbang.

3. Asas mawas ke dalam dan mawas keluar

Asas mawas ke dalam memiliki tujuan untuk menumbuhkan sifat dan kondisi kehidupan nasional berdasarkan nilai-nilai kemandirian, serta meningkatkan mutu kemandirian bangsa. Sedangkan asas mawas keluar bertujuan untuk mengantisipasi, menghadapi, dan mengatasi hambatan berupa dampak lingkungan strategis luar negeri.

4. Asas kekeluargaan

Asas kekeluargaan merupakan asas kehidupan yang meliputi nilai keadilan, tanggung jawab, kebersamaan, gotong-royong, dan tenggang rasa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Asas yang satu ini mengakui adanya perbedaan dan berusaha mencegah terjadinya konflik yang bisa merusak ketahanan nasional.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian ketahanan nasional, ciri, fungsi, tujuan, sifat, dan asas ketahanan nasional yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai ketahanan nasional.

Baca Juga