Pengertian Kekuatan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jenis-Jenis, dan Bentuk-Bentuk Latihan Kekuatan
Kekuatan merupakan besarnya tenaga kontraksi otot yang bisa dicapai dalam satu kali usaha maksimal. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian kekuatan berikut ini.

Kekuatan termasuk komponen yang sangat penting dalam kegiatan sehari-hari ataupun aktivitas olahraga karena kekuatan merupakan daya penggerak dan pencegah cedera. Tak hanya itu saja, kekuatan juga memainkan peran penting dalam komponen dan kemampuan fisik lain seperti kelincahan, kecepatan, dan lain sebagainya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian kekuatan, faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan, jenis-jenis kekuatan, dan bentuk-bentuk latihan kekuatan berikut ini.

Pengertian Kekuatan

Pengertian Kekuatan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jenis-Jenis, dan Bentuk-Bentuk Latihan Kekuatan
Pengertian Kekuatan

Secara sederhana, kekuatan diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menggunakan gaya untuk mengangkat atau menahan suatu beban. Kekuatan juga bisa diartikan sebagai besarnya tenaga kontraksi otot yang bisa dicapai dalam satu kali usaha maksimal. Berikut ini adalah pengertian kekuatan menurut para ahli:

1. Menurut Bompa

Pengertian kekuatan menurut Bompa adalah kemampuan otot dan saraf tubuh untuk mengatasi beban internal dan beban eksternal.

2. Menurut Friedrich

Pengertian kekuatan menurut Friedrich adalah kemampuan yang dimiliki otot untk bekerja menahan beban secara maksimal.

3. Menurut Mochamad Sajoto

Pengertian kekuatan menurut Mochamad Sajoto adalah komponen kondisi fisik seseorang tentang kemampuannya dalam menggunakan otot untuk menerima beban saat bekerja.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kekuatan

Pengertian Kekuatan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jenis-Jenis, dan Bentuk-Bentuk Latihan Kekuatan
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kekuatan

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kekuatan seseorang:

1. Koordinasi intermuskuler

Koordinasi intermuskuler merupakan interaksi yang dilakukan oleh sejumlah kelompok otot pada saat melakukan kegiatan, khususnya aktivitas jasmani yang memerlukan kekuatan.

2. Koordinasi intramuskuler

Kekuatan juga bisa dipengaruhi oleh koordinasi intramuskuler, atau dengan kata lain tergantung pada fungsi saraf otot yang terlibat dalam pelaksanaan tugas aktivitas fisik.

3. Reaksi otot terhadap rangsangan saraf

Menurut Kuznetsuv, otot akan memberikan reaksi terhadap rangsangan saraf sebesar 30% dari total potensi yang dimiliki oleh otot yang bersangkutan.

4. Sudut sendi

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kekuatan maksimum akan tercapai jika sendi yang terlibat dalam kegiatan tersebut berada pada kondisi yang benar-benar lurus atau mendekati lurus.

Jenis-Jenis Kekuatan

Pengertian Kekuatan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jenis-Jenis, dan Bentuk-Bentuk Latihan Kekuatan
Jenis-Jenis Kekuatan

Berdasarkan bentuk dan waktu pelaksanaannya, kekuatan dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Kekuatan Umum (General Strength)

Kekuatan umum adalah kekuatan dari sistem otot secara menyeluruh.

2. Kekuatan Khusus (Specific Strength)

Kekuatan khusus merupakan kekuatan yang terdapat pada otot-otot tertentu yang terlibat secara khusus pada gerakan atau cabang tertentu (dianggap sebagai penggerak utama).

3. Kekuatan Maksimal (Maximum Strength)

Kekuatan maksimal merupakan kekuatan paling besar yang bisa dikeluarkan oleh sistem saraf otot saat tubuh melakukan kontraksi maksimum.

4. Kekuatan Mutlak

Kekuatan mutlak adalah kemampuan atlet dalam mengarahkan tenaganya secara maksimal tanpa mempertimbangkan faktor berat badannya.

5. Kekuatan Nisbi

Kekuatan nisbi merupakan rasio antara kekuatan mutlak dengan berat badan yang dimiliki seseorang.

6. Kekuatan Kecepatan (Daya Ledak)

Kekuatan kecepatan merupakan hasil dari dua kemampuan, yakni kekuatan dan juga kecepatan.

7. Kekuatan Daya Tahan (Daya Tahan Otot)

Kekuatan daya tahan merupakan kemampuan otot dalam melakukan kegiatan yang relatif berat dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Pengertian Obligasi, Keuntungan, Pihak yang Menerbitkan, dan Jenis-Jenisnya.

Bentuk-Bentuk Latihan Kekuatan

Pengertian Kekuatan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jenis-Jenis, dan Bentuk-Bentuk Latihan Kekuatan
Bentuk-Bentuk Latihan Kekuatan

Ingin melatih kekuatan tubuh? Ada beberapa bentuk latihan kekuatan yang bisa kamu lakukan, antara lain sebagai berikut:

1. Latihan Push-Up

Latihan push dilakukan dengan tujuan untuk melatih kekuatan pada bagian otot lengan dan bahu. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

a. Awali dengan sikap tidur telungkup, kedua kaki dirapatkan lurus ke belakang dengan ujung kaki ditempelkan ke lantai (untuk pria) atau kedua lutut ditempelkan ke lantai (untuk wanita).

b. Kedua telapak tangan menumpu pada lantai di samping dada, jari-jari tangan menunjuk ke bagian depan dan kedua siku jangan lupa ditekuk.

c. Angkat kedua tangan ke atas hingga kedua siku menjadi lurus. Badan dan kaki merupakan satu garis lurus.

d. Kemudian turunkan badan dengan cara membengkokkan kedua siku. Badan dan kedua kaki tetap lurus dan diusahakan tidak menyentuh lantai.

e. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang.

2. Latihan Sit-Up

Latihan sit-up dilakukan dengan tujuan untuk melatih kekuatan otot perut. Caranya antara lain sebagai berikut:

a. Awali dengan sikap tidur telentang, tekuk kedua lutut, serta kedua siku ditekuk dan diletakkan di belakang kepala.

b. Angkat badan dalam posisi duduk, posisi kedua lengan tetap berada di belakang kepala.

c. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang.

3. Latihan Back Lift

Latihan back lift dilakukan untuk melatih kekuatan otot punggung. Cara melakukannya antara lain sebagai berikut:

a. Awali dengan sikap tidur telungkup, rapatkan kedua kaki, serta letakkan kedua tangan di belakang kepala.

b. Angkat badan hingga bagian dada tak menyentuh lantai, sedangkan posisi kaki tetap pada posisi semula.

c. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang.

4. Weight Training

Pengertian Kekuatan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jenis-Jenis, dan Bentuk-Bentuk Latihan Kekuatan
Weight Training

Weight training merupakan latihan dengan menggunakan beban luar, seperti barbel yang terbuat dari besi baja ataupun beton dengan berat yang bervariasi sesuai dengan kemampuan seseorang. Bentuk dari latihan weight training antara lain sebagai berikut:

a. Shoulder Press

Shoulder press dilakukan untuk melatih kekuatan otot lengan dan bahu. Caranya, siapkan barbel dengan berat yang sesuai dengan kemampuan. Lalu angkat barbel dengan posisi kedua tangan ke atas sampai dengan kedua lengan lurus. Kemudian, turunkan barbel sampai di depan dada. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang.

b. Leg Squat

Leg squat dilakukan untuk melatih otot tungkai. Caranya, siapkan barbel dengan berat sesuai kemampuan. Lalu angkat barbel dengan kedua tangan dan letakkan di punggung di bawah leher. Tekuk lutut setengah jongkok. Kemudian luruskan lutut. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian kekuatan, faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan, jenis-jenis kekuatan, dan bentuk-bentuk latihan kekuatan yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai kekuatan.

Baca Juga