Pengertian Karbohidrat - Jenis, Sumber dan Fungsi
Karbohidrat merupakan kebutuhan dasar manusia dalam bertahan hidup dan tetap sehat. Pemenuhan kebutuhan karbohidrat dilakukan setiap hari secara teratur. Silahkan simak pembahasan lengkap tentang pengertian karbohidrat, jenis, sumber dan fungsinya!

Setiap hari manusia mengkonsumsi makanan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Karbohidrat sangat dibutuhkan sebagai zat yang akan diolah menjadi energi. Sumber karbohidrat sangat banyak dan mudah didapatkan karena berasal dari tumbuhan seperti buah-buahan, sayuran serta bijia-bijian.

Silahkan simak pembahasan lengkap tentang pengertian karbohidrat, Jenis karbohidrat, dan fungsi karbohidrat untuk tubuh.

Pengertian Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat - Jenis, Sumber dan Fungsi
Pengertian Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang paling utama bagi kehidupan manusia. Karbohidrat terdiri dari unsur karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen. Karbohidrat dikenal dengan nama lain yaitu sakarida atau hidrat arang. Dalam bahasa Yunani 'sakarida' berarti gula. Karbohidrat sangat dibutuhkan dalam tubuh karena memiliki peran penting dalam pembentukan engergi, sebagai bahan pembangun sel tubuh, dan sebagai cadangan makanan (sama halnya dengan lemak).

Baca juga: Pengertian Lemak - Jenis dan Fungsinya.

Monosakarida

Pengertian Karbohidrat - Jenis, Sumber dan Fungsi
Monosakarida

Monosakarida merupakan jenis karbohidrat dalam bentuk gula yang paling sederhana. Sebagai bentuk gula biasanya monosakarida rasanya manis. Secara umum ciri-ciri dari monosakarida adalah sebagai berikut:

  1. Larut dalam air
  2. Tidak berwarna
  3. Berbentuk kristal

Contoh monosakarida adalah glukosa, fruktosa, dan galaktosa.

1. Glukosa

Glukosa biasa disebut dengan gula darah karena merupakan bentuk gula yang sudah larut dalam darah. Glukosa merupakan bentuk gula monosakarida yang merupakan bagian yang sangat penting dalam zat pati tubuh. Glukosa bukanlah elemen gula dengan rasa manis yang tinggi tetapi merupakan elemen penting bagi pembentukan energi. Glukosa bisa didapatkan dari makanan pokok seperti nasi beras, nasi gandum, dan umbi-umbian.

2. Fruktosa

Fruktosa merupakan jenis gula yang biasa ditemukan dalam sayuran dan buah yang memiliki serat tinggi. Karena kandungan seratnya yang tinggi maka proses metabolismenya hanya bisa dilakukan di dalam organ hati dengan bantuan enzim fruktokinasi. Pada proses metabolisme fruktosa tidak mendorong terjadinya produksi insulin.

3. Galaktosa

Galaktosa merupakan monomer pembentuk laktosa dan biasanya ditemukan dalam susu. galaktosa memiliki kemampuan menyerap di dalam darah. Proses metabolisme galaktosa menggunakan enzim B-Galaktosidase.

Disakarida

Pengertian Karbohidrat - Jenis, Sumber dan Fungsi
Disakarida

Disakarida adalah merupakan jenis karbohidrat yang terbentuk dari dua monosakarida. Seperti halnya dengan monosakarida disakarida juga larut dalam air. Contoh disakarida adalah sukrosa, laktosa, dan maltosa.

1. Sukrosa

Sukrosa merupakan jenis gula yang terdiri dari gabungan antara glukosa dan fruktosa. Sukrosa ketika berada didalam tubuh akan diolah menjadi glukosa dan sukrosa. Sukrosa merupakan penyumbang gula darah karena memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi. Sumber sukrosa bisa didapatkan dari gula pasir.

2. Laktosa

Laktosa merupakan jenis gula yang terdiri dari gabungan dari galaktosa dan glukosa. Ketika berada dalam tubuh laktosa bisa dihidrolis menjadi glukosa dan galaktosa. Artinya laktosa juga bisa menjadi penyumbang gula darah karena mengandung glukosa. Sumer laktosa adalah susu yang mencapai 2-8% dari bobot susu secara keseluruhan.

3. Maltosa

Maltosa merupakan jenis gula yang terdiri dari gabungan dari glukosa dan fruktosa. Di dalam tubuh maltosa dapat dipecah menjadi glukosa dan fruktosa dengan menggunakan enzim maltaze. Maltosa juga merupakan sumber gula darah karena mengandung glukosa. Sumber maltosa bisa didapatkan dari gandum.

Polisakarida

Pengertian Karbohidrat - Jenis, Sumber dan Fungsi
Polisakarida

Polisakarida merupakan jenis karbohidrat yang terbentuk dari ratusa bahkan ribuan senyawa monosakarida dari setiap molekulnya. Polisakarida rasanya tidak terlalu manis sehingga sering dianggap sebagai senyawa yang buka gula. Polisakarida bisa berfungsi sebagai cadangan gula dan juga penyusun sel atau jaringan. Contoh polisakarida cadangan adalah pati, glikogen, dan dekstran sedangkan contoh polisakarida penyusun adalah selulosa, kitin dan pektin.

Sumber Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat - Jenis, Sumber dan Fungsi
Sumber Karbohidrat

Sumber karbohidrat ini didapatkan dari makanan pokok atau makanan yang sering dikonsumsi setiap hari. Secara umum sumber karbohidrat dibagi menjadi empat yaitu biji-bijian, umbi-umbian,buah dan sayuran.

1. Biji-bijian

Sumber pertama karbohidrat bisa didapatkan dengan memakanan makanan berupa biji-bijian. Sumber dari biji-bijian ini merupakan pokok di berbagai daerah. Sumber karbohidrat dari biji-bijian seperti biji jagung, beras, gandum dan sebagainya.

2. Buah-buahan

Sumber karbohidrat berikutnya adalah buah-buahan. Meskipun buahan-buahan bukan makanan pokok namun biasanya dikonsumsi setiap hari. Buah-buahan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi adalah buah pisang, anggur, apel dan buah lainnya.

3. Umbi-umbian

Umbi-umbian juga memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Sehingga pada beberapa daerah umbi-umbian bisa menjadi makanan pokok. Umbian-umbian sebagai sumber karbohidrat adalah kentang, uji jalar, singkong dan lainnya.

4. Daun

Sumber karbohidrat yang terakhir adalah daun-daunan. Daun-daunan sebagai bahan pembuatan sayur menjadi pelengkap dari makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Beberapa jenis daun yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi adalah daun sawi, kangkung dan lain sebagainya.

Fungsi Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat - Jenis, Sumber dan Fungsi
Fungsi Karbohidrat

Karbohidrat merupakan kebutuhan utama manusia untuk menjaga kesehatan dan bertahan hidup dan terus bertumbuh. Oleh karena itu pemenuhan karbohidrat harus dilakukan secara teratur setiap hari agar badan tetap sehat dan berenergi. Beberapa fungsi karbohidrat adalah sebagai berikut.

  1. Sumber energi. Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi terbaik selain protein dan lemak.
  2. Melindungi protein. Karbohidrat menjadi pelindung bagi protein agar tidak dibakar menjadi energi.
  3. Membantu metabolisme lemak dan protein. Karbohidrat melakukan pencegahan terjadinya ketosis dan pemecahan protein secara berlebihan.
  4. Menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Karbohidrat menjadi penyeimbang antara asam dan basah agar sistem metabolisme tubuh tetap stabil.
  5. Membantu proses pencernaan makanan. Karbohidrat sangat berguna bagi pencernaan makanan agar proses pencernaan terjadinya dengan baik.
  6. Membantu penyusunan gen. Karbohidrat berguna dalam penyusunan gen yang berada di dalam sel sebagai pewaris sifat.

Demikian pembahasan tentang pengertian karbohidrat, jenis karbohidrat, dan fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan dijadikan referensi dalam pelajaran biologi dan kesehatan

Baca Juga