Pengertian Intranet, Manfaat, Perbedaan Intranet dan Internet, Kelebihan, Serta Kekurangannya
Intranet merupakan jaringan tertutup (privat) yang dihubungkan dengan menggunakan protokol TCP/IP dan umumnya digunakan dalam lingkungan organisasi atau perusahaan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian intranet berikut ini.

Selain internet, ternyata ada juga jaringan yang bernama intranet. Meski sama-sama memiliki peran penting dalam dunia komputer, keduanya sebenarnya memiliki pengertian yang berbeda. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian intranet, manfaat intranet, perbedaan intranet dan internet, kelebihan intranet, serta kekurangan intranet berikut ini.

Pengertian Intranet

Pengertian Intranet, Manfaat, Perbedaan Intranet dan Internet, Kelebihan, Serta Kekurangannya
Pengertian Intranet

Apa yang dimaksud dengan pengertian intranet? Intranet merupakan jaringan tertutup (privat) yang dihubungkan dengan menggunakan protokol TCP/IP dan umumnya digunakan dalam lingkungan organisasi atau perusahaan. Dengan kata lain, intranet merupakan jaringan internet versi pribadi yang memiliki skala terbatas. 

Manfaat Intranet

Pengertian Intranet, Manfaat, Perbedaan Intranet dan Internet, Kelebihan, Serta Kekurangannya
Manfaat Intranet

Saat ini, intranet tak kalah populer dari internet. Pasalnya, tak hanya organisasi atau perusahaan saja, tapi juga ada instansi lain seperti sekolah yang mulai menggunakan jaringan intranet. Cara penggunaan dan perawatannya yang tergolong mudah menjadi faktor utama yang mengakibatkan jaringan intranet digemari di kalangan masyarakat. Selain itu, harganya juga relatif lebih murah. Terlebih lagi, sekarang ada banyak vendor-vendor baru yang bergabung dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas dari suatu jaringan intranet, salah satunya adalah Cisco Inc.

Adapun manfaat dari jaringan intranet adalah sebagai penghubung antara beberapa komputer yang terdiri dari server dan host. Selain itu, dalam jaringan intranet juga melibatkan beberapa komponen penting, seperti hub, switch, kabel UTP, dan lain sebagainya. Dengan adanya rangkaian dari beberapa komputer yang disertai dengan pengaturan yang tepat, maka jaringan intranet akan siap digunakan untuk berbagi data (transfer data).

Di lingkungan perusahaan, jaringan intranet sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan mempermudah pertukaran data. Daripada harus menggunakan flash disk untuk berbagi data, akan lebih efektif dan efisien jika perusahaan memanfaatkan jaringan intranet dengan mengatur jaringan lokal. Nantinya masing-masing pengguna (user) akan saling terkoneksi sehingga lebih mudah dalam bekerja. Kerja sama antar karyawan juga akan meningkat, serta menghemat biaya dan waktu yang diperlukan untuk berbagi data.

Perbedaan Intranet dan Internet

Pengertian Intranet, Manfaat, Perbedaan Intranet dan Internet, Kelebihan, Serta Kekurangannya
Perbedaan Intranet dan Internet

Intranet dan internet memiliki fungsi yang hampir mirip. Akan tetapi, sebenarnya keduanya mempunyai cara kerja yang saling bertolak belakang. Dari segi pengertian dan fungsi, intranet dan internet sama-sama merupakan suatu jaringan pada beberapa komputer dan biasanya digunakan untuk tukar-menukar informasi atau data. Sedangkan perbedaan mendasar antara intranet dan internet adalah sebagai berikut:

Intranet:

1. Sifatnya tertutup, masing-masing pengguna komputer bisa mengatur siapa saja pihak yang bisa melihat atau melakukan pertukaran data. Bisa dikatakan kalau keamanan datanya lebih terjaga.

2. Jangkauan jaringannya cukup luas, namun terbatas hanya pada satu lingkup saja, misalnya hanya untuk satu perusahaan, satu organisasi, dan lain sebagainya.

3. Karena jangkauannya hanya terbatas dalam satu lingkup saja, maka kinerja komputer server tidak terlalu berat. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau akan terjadi overload apabila pertukaran data dilakukan secara bersamaan.

Internet:

1. Sifatnya terbuka. Selama pengguna mempunyai koneksi internet, maka prosesnya bisa dilakukan di manapun dan kapanpun tanpa harus mendapatkan izin dari server.

2. Jangkauan jaringan internet sangat luas, bahkan bisa dibilang tak terbatas. Jaringan ini bisa diakses oleh semua komputer dari berbagai negara, bahkan seluruh dunia.

3. Karena mempunyai jangkauan jaringan yang tak terbatas, maka secara otomatis komputer server yang digunakan lebih dari satu karena harus menampung jutaan pengguna dalam waktu bersamaan.

Baca Juga: Pengertian Gotong Royong, Faktor, Jenis, Manfaat dan Tujuan, Nilai-Nilai, Serta Contohnya.

Kelebihan Intranet

Pengertian Intranet, Manfaat, Perbedaan Intranet dan Internet, Kelebihan, Serta Kekurangannya
Kelebihan Intranet

Berikut ini adalah kelebihan jaringan intranet yang perlu kamu ketahui:

1. Mempermudah melakukan pekerjaan di dalam lingkungan kampus, sekolah, ataupun perusahaan.

2. Memudahkan kerja sama yang baik di antara pegawai, khususnya dalam segi komunikasi.

3. Membantu mengidentifikasi yang diperlukan.

4. Bisa digunakan banyak orang secara bersamaan.

Kekurangan Intranet

Pengertian Intranet, Manfaat, Perbedaan Intranet dan Internet, Kelebihan, Serta Kekurangannya
Kekurangan Intranet

Selain kelebihan, tentu saja jaringan intranet juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki jaringan intranet, yaitu:

1. Tingkat keamanan jaringan intranet masih lemah.

2. Jika digunakan banyak orang secara bersamaan, bisa saja terjadi error.

3. Hanya bisa digunakan dalam lingkup area tertentu karena jangkauan jaringannya yang terbatas.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian intranet, manfaat intranet, perbedaan intranet dan internet, kelebihan intranet, serta kekurangan intranet yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai intranet.

Loading...

Baca Juga