Pengertian Intelektual, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Tingkatannya
Intelektual merupakan kemampuan seseorang untuk menyerap ilmu pengetahuan dan menerapkannya dalam lingkungan sehari-hari ketika terjadi persoalan tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian intelektual berikut ini.

Salah satu kemampuan yang dibawa oleh individu sejak lahir adalah intelektual. Ketika dilahirkan ke dunia ini, sebenarnya si anak sudah memiliki intelektual. Hanya saja ia masih bergantung pada orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian intelektual, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual, dan tingkatan intelektual berikut ini.

Pengertian Intelektual

Pengertian Intelektual, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Tingkatannya
Pengertian Intelektual

Pengertian intelektual adalah orang yang menggunakan kecerdasannya untuk belajar, bekerja, memberikan ide atau solusi untuk persoalan tertentu. Secara umum, ada tiga pengertian modern untuk istilah intelektual, yaitu orang yang terlibat dalam ide atau buku-buku; orang yang ahli dalam bidang seni dan budaya; serta orang terpelajar seperti dosen, guru, pengajar, wartawan, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah pengertian intelektual menurut para ahli:

1. Menurut Cattel

Pengertian intelektual menurut Cattel adalah kombinasi sifat manusia yang bisa memahami hubungan kompleks, memiliki pemikiran yang abstrak, serta memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah tertentu.

2. Menurut William Sterm

Pengertian intelektual menurut William Sterm adalah kemampuan manusia untuk menyesuaikan diri dengan sejumlah kebutuhan baru dengan berpikir sesuai dengan tujuannya.

3. Menurut Gunarsa

Pengertian intelektual menurut Gunarsa adalah kemampuan seseorang untuk menyerap ilmu pengetahuan dan menerapkannya dalam lingkungan sehari-hari ketika terjadi persoalan tertentu.

4. Menurut David Wechsler

Pengertian intelektual menurut David Wechsler adalah kemampuan seseorang untuk bertindak sesuai dengan tujuan tertentu, memiliki pola pikir yang rasional, dan juga mampu menghadapi lingkungan nyata secara efektif.

5. Menurut Alfred Binet

Pengertian intelektual menurut Alfred Binet adalah kemampuan yang meliputi berbagai hal seperti kemampuan menalar, kemampuan menilai, kemampuan berpikir secara spesifik, kemampuan menyesuaikan pikiran dengan pencapaian hasil akhir, serta kemampuan untuk mengkritik diri sendiri.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Intelektual

Pengertian Intelektual, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Tingkatannya
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Intelektual

Menurut Andi Mappiare, ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi perkembangan intelektual:

1. Bertambahnya informasi

Ketika manusia mendapat informasi baru, informasi tersebut akan disimpan di dalam otak sehingga tingkat kecerdasannya pun bertambah.

2. Banyaknya pengalaman atau latihan dalam memecahkan masalah

Hal ini akan melatih manusia agar dapat berpikir secara proporsional.

3. Faktor kebebasan berpikir

Pengertian Intelektual, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Tingkatannya
Faktor kebebasan berpikir

Faktor ini membuat manusia berani untuk menyusun hipotesis yang radikal, berani menjajaki masalah secara keseluruhan, berani memecahkan masalah, serta menarik kesimpulan baru dengan benar.

Sedangkan menurut Ngalim Purwanto, faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual adalah sebagai berikut:

1. Faktor pembawaan (genetik)

Faktor pembawaan ditentukan oleh sifat dan ciri yang dibawa manusia sejak lahir. Banyak penelitian yang menyebutkan kalau faktor intelegensi sangat dipengaruhi oleh gen orang tua. Namun yang mempengaruhi tinggi rendahnya kecerdasan anak sebenarnya tergantung pada gen dominan (entah gen ayah atau gen ibu).

2. Faktor lingkungan

Selain faktor pembawaan, intelektual juga dipengaruhi oleh lingkungan. Terdapat dua unsur lingkungan yang sangat mempengaruhi perkembangan intelektual, yakni keluarga dan sekolah.

  • Keluarga

Keluarga sebaiknya memberi pengalaman kepada anak dalam berbagai jenis bidang kehidupan agar anak memiliki wawasan yang luas dalam berpikir. Keluarga, khususnya orang tua, juga sebaiknya memberi anak-anak kesempatan untuk bisa merealisasikan ide-idenya, memberikan apresiasi, serta menyediakan sejumlah sarana yang bisa mengembangkan daya kreativitas anak.

  • Sekolah

Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang dipercaya untuk memberikan pendidikan kepada anak. Dalam hal ini, guru sebaiknya melakukan beberapa hal kepada peserta didik, seperti menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan kondusif, memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang ahli di bidangnya, mengajak peserta didik ke objek budaya, dan lain sebagainya.

3. Faktor gizi

Tinggi atau rendahnya tingkat intelektual ternyata juga ditentukan oleh faktor gizi. Faktor yang satu ini berguna untuk memberikan energi kepada anak-anak sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Biasanya faktor gizi menjadi faktor yang paling penting untuk diperhatikan ketika anak berada di dalam kandungan hingga usia balita.

4. Faktor pembentukan

Faktor pembentukan merupakan keadaan eksternal (keadaan di luar diri seseorang) yang bisa mempengaruhi tingkat intelektual. Pembentukan ini bisa saja terjadi di sekolah secara sengaja ataupun terjadi karena pengaruh alam sekitar. Sebagai contoh: anak yang mendapat fasilitas belajar yang lengkap dan sarana bermain yang memadai akan memiliki perkembangan intelektual yang lebih baik daripada anak seusianya.

5. Kebebasan psikologis

Agar intelektual seseorang bisa berkembang dengan baik, orang tersebut harus memiliki kebebasan psikologis. Artinya ia tidak dikekang dan diberi kesempatan untuk berpendapat tanpa harus takut atau mengalami rasa cemas karena alasan tertentu.

Baca Juga: Pengertian Rumusan Masalah, Ciri, Fungsi, Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan, Jenis, dan Contohnya.

Tingkatan Intelektual

Pengertian Intelektual, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Tingkatannya
Tingkatan Intelektual

Berikut ini adalah beberapa tingkatan intelektual yang perlu kamu ketahui:

1. Jenius

Jenius merupakan tingkat intelektual tertinggi dengan skor di atas 140. Kemampuan ini bisa dimiliki oleh setiap manusia asalkan mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan dan memanfaatkan potensi dasarnya semaksimal mungkin.

2. Normal

Normal merupakan tingkat intelektual yang biasa saja. Tapi orang yang berada di tingkat kecerdasan ini sudah mampu untuk melakukan semua kegiatan yang ia inginkan. Skornya berkisar antara 100 sampai 110.

3. Rendah

Tingkat intelektual ini berada di bawah rata-rata. Kendati demikian, bukan berarti orang yang memiliki intelektual tidak bisa menyelesaikan keinginannya sendiri. Ia hanya mengalami hambatan saat melakukan tugas tertentu. Skornya berkisar antara 70 hingga 90. Pada umumnya, ia bisa melakukan beberapa tugas. Akan tetapi gerakannya lambat. Ia juga mudah lelah dan cepat merasa jenuh.

4. Keterbelakangan

Pengertian Intelektual, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, dan Tingkatannya
Keterbelakangan

Keterbelakang merupakan tingkat intelektual yang paling rendah. Orang seperti ini akan sulit untuk melakukan tugas tertentu dan memerlukan bantuan orang lain.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian intelektual, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual, dan tingkatan intelektual yang perlu kamu ketahui. Semoga menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai pengertian intelektual.

Baca Juga