Pengertian Integritas - Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Integritas
Integritas adalah suatu usaha yang lengkap dan utuh yang tentu saja diimbangi dengan kualitas, kejujuran dan konsistensi karakter seseorang. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian integritas, fungsi integritas, tujuan integritas, manfaat dan ciri-ciri orang yang memiliki integritas berikut ini.

Kata integritas sering sekali dikait-kaitkan dengan masalah kepemimpinan. Sebab, ada banyak ahli manajemen yang menyebutkan bahwa pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang memiliki integritas yang tinggi. Tanpa adanya integritas yang tinggi, kepemimpinan sehebat apapun tidak akan berjalan dengan baik. 

Lantas, apa itu integritas yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian integritas, fungsi integritas, tujuan integritas, manfaat dan ciri-ciri orang yang memiliki integritas berikut ini.

Pengertian Integritas

Pengertian Integritas - Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Integritas
Pengertian Integritas

Pada dasarnya, kata integritas berasal dari bahasa Latin, yaitu kata "Integer" yang berarti lengkap atau utuh. Sehingga kata integritas bisa diartikan sebagai suatu usaha yang lengkap dan utuh yang tentu saja diimbangi dengan kualitas, kejujuran dan konsistensi karakter seseorang.

Berikut ini adalah beberapa pengertian integritas menurut para ahli:

1. Pengertian integritas menurut Henry Cloud

Menurut Henry Cloud, integritas merupakan usaha untuk menjadi orang yang utuh dan terpadu. Artinya orang tersebut akan berusaha untuk bekerja dan melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan apa yang telah ia rencanakan sebelumnya. Kata integritas juga sangat berhubungan dengan keutuhan dan seberapa efektifnya seorang manusia.

2. Pengertian integritas menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, integritas adalah mutu, sifat dan keadaan yang menjadi satu kesatuan yang utuh, sehingga berpotensi menciptakan rasa kewibawaan dan juga kejujuran.

3. Pengertian integritas menurut Ippho Santoso

Integritas merupakan kesatuan antara pikiran, perkataan dan perbuatan yang melahirkan kepercayaan dan tingkat reputasi yang tinggi. Jika dilihat dari asal katanya, integritas juga bisa diartikan berbicara secara utuh dan juga lengkap.

4. Pengertian integritas menurut Andreas Harefa

Menurut Andreas Harefa, integritas menunjukkan tiga buah kunci yang bisa diamati oleh orang lain: menunjukkan kejujuran, komitmen, serta mengerjakan segala sesuatu secara konsisten.

Fungsi Integritas

Pengertian Integritas - Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Integritas
Fungsi Integritas

Menurut Hamdi Muluk, integritas memiliki dua buah fungsi:

1. Cognitive functions of integrity, yang meliputi kecerdasan moral dan self insight

Artinya integritas berfungsi untuk memelihara moral seseorang, yang kemudian mendorongnya untuk memiliki ilmu pengetahuan yang luas. Orang yang memiliki integritas yang tinggi juga biasanya akan ringan tangan. Ia akan terdorong untuk membantu orang lain secara langsung, misalnya dengan turun ke lapangan menjadi sukarelawan, dan lain sebagainya.

2. Affective functions of integrity, yang meliputi conscience dan self regard

Integritas juga berfungsi untuk memelihara hati nurani seseorang agar tetap rendah hati dan mau menghargai orang lain yang ada di sekitarnya.

Tujuan Integritas

Pengertian Integritas - Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Integritas
Tujuan Integritas

Menurut Ashford, integritas memiliki beberapa tujuan positif:

1. Integritas merupakan salah satu kunci untuk memperoleh keberhasilan (kesuksesan)

Jika seseorang memiliki rasa integritas yang tinggi, ia akan selalu konsisten dan memegang teguh nilai-nilai yang menjadi prinsipnya. Nah, hal ini akan sangat membantu dalam meraih kesuksesan. Terlebih dalam dunia kerja sekarang ini, integritas adalah hal yang sangat dibutuhkan. Tak heran bila lembaga seperti KPK hanya mempekerjakan pegawai yang memiliki tingkat integritas dan profesionalisme yang tinggi.

2. Integritas membuat manusia bisa memimpin dan dipimpin

Dalam kehidupan ini, tentu saja ada orang yang menjadi pemimpin dan ada orang yang dipimpin. Bagi yang dipimpin, jika dikaitkan dengan integritas maka artinya kemampuan untuk setia pada orang yang memimpinnya. Sedangkan bagi orang yang menjadi pimpinan, integritas berarti bertanggung jawab, mau menghargai bawahan dan mampu bekerjasama dengan orang lain yang ada di sekitarnya.

3. Integritas melahirkan tingkat kepercayaan

Pemimpin atau orang yang memiliki tingkat integritas yang tinggi akan lebih dipercaya oleh orang-orang di sekitarnya, karena ia dipandang sudah terbiasa melakukan kejujuran.

4. Integritas dapat melahirkan reputasi

Adanya integritas yang tinggi membuat seseorang akan memiliki citra dan reputasi yang baik di mata orang lain. Karena orang yang memiliki integritas yang tinggi akan selalu menyesuaikan perkataan dengan perbuatan yang dilakukannya. Pada akhirnya hal ini akan menghasilkan perkataan, tindakan dan juga reputasi yang baik di mata orang lain.

Manfaat Integritas

Pengertian Integritas - Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Integritas
Manfaat Integritas

Adapun beberapa manfaat dari integritas adalah sebagai berikut:

1. Manfaat secara fisik

Memiliki rasa integritas secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Ia akan merasa fit dan selalu siap untuk melakukan tugas / pekerjaan yang ia miliki.

2. Manfaat secara intelektual

Integritas juga membuat seorang manusia mengoptimalkan kemampuan otaknya dalam bekerja.

3. Manfaat secara emosional

Tak hanya itu, integritas menjadikan seseorang memiliki motivasi tinggi dalam bekerja, lebih simpati pada sesama, serta memiliki rasa solidaritas yang tinggi.

4. Manfaat secara spiritual

Integritas membuat seseorang lebih bijak dalam menghadapi sesuatu, entah itu pengalaman hidup ataupun masalah-masalah yang tidak menyenangkan.

5. Manfaat secara sosial

Dengan adanya integritas, seseorang jadi terdorong untuk bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan tugas. Pada akhirnya, ini akan bermanfaat dalam menjaga hubungan baik dengan orang lain yang ada di lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: Pengertian HAM - Sejarah, Ciri, Tujuan, Jenis dan Contoh Pelanggaran HAM.

Ciri-Ciri Orang Yang Memiliki Integritas

Pengertian Integritas - Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Integritas
Ciri-Ciri Orang Yang Memiliki Integritas

Kamu tentu ingin tahu seperti apa orang yang memiliki integritas. Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari orang yang memiliki rasa integritas yang tinggi:

  • Selalu menepati janji yang dibuatnya,
  • Tidak plin-plan saat memutuskan / berbuat sesuatu,
  • Memegang komitmen dan bertanggung jawab penuh atas apa yang diperbuatnya,
  • Satu kata, satu perbuatan,
  • Jujur dan terbuka,
  • Menghargai waktu dengan baik,
  • Memegang teguh prinsip dan nilai-nilai yang diyakini.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian integritas, fungsi integritas, tujuan integritas, manfaat dan ciri-ciri orang yang memiliki integritas yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai integritas.

Baca Juga